Wordwall: Permainan Edukatif dalam Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Dian Astuti Kelompok Bermain (Kober) Binakarya, Bandung Barat
  • Rohmalina Rohmalina Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Keywords:

Mathematical Logic, Wordwall

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya media pembelajaran dalam upaya meningkatkan kecerdasan logika matematika anak. Kecerdasan logika matematika sendiri merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dikuasai untuk memudahkan anak melakukan problem solvingdi kehidupannya sehari-hari. Pada saat anak tidak mendapatkan stimulus yang maksimal tentu hal ini menimbulkan permasalahan begitu rendahnya angka pencapaian keberhasilan anak dalam mengembangkan kecerdasan logika matematika, sehingga peneliti memberikan solusi untuk memperkenalkan permainan edukasi wordawall kepada anak dan guru sebagai referensi media pembelajaran yang dapat dipergunakan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika melalui permainan edukasi wordwall yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas pada anak usia 5-6 tahun di Kober Binakarya. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif yang mana data yang diperoleh akan diolah menggunakan teknik persentase. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan peneliti selama penelitian berlangsung. Subjek penelitian ini terdiri dari enam anak perempuan dan empat anak laki-laki. Hasil penelitian memperoleh data pada siklus II dengan nilai rata-rata kelas sebesar 79,5 dan persentase keberhasilan anak sebesar 80% yang mana hasil ini menunjukkan bahwa penelitian mengenai permainan edukasi wordwall mampu meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun.   This research is motivated by the lack of learning media to improve children's mathematical logic and intelligence. Mathematical logic intelligence itself is one of the most important skills to be mastered to make it easier for children to solve problems in their daily lives. When children do not get the maximum stimulus, of course, this causes problems, such as the low achievement rate of children's success in developing mathematical logic intelligence. Therefore, researchers provide solutions to introduce word wall educational games to children and teachers as a reference for learning media that can be used. The purpose of this study is to improve mathematical logic intelligence through fun wordwall educational games. This study uses the Classroom Action Research method for children aged 5–6 years in Kober Binakarya. This study uses quantitative data analysis, in which the data obtained will be processed using the percentage technique. Data collection techniques include interviews, observations, and documentation conducted by researchers during the research. The subjects of this study consisted of six girls and four boys. The results of the study obtained data in the second cycle with an average class value of 79.5 and a percentage of children's success of 80%. These results indicate that research on wordwall educational games can improve the mathematical logic intelligence of children aged 5–6 years.

References

Farhaniah, S., Jailani, S., & Fatmawati, K. (2021). Penerapan media berbasis wordwall untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas v sekolah dasar negeri 127 kota jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi). http://digilib.uinkhas.ac.id/9879/1/IVANDA%20RAHMI%20FAUQANNURI_T20181265.pdf

Lestariningrum, A., & Handini, M. C. (2017). Analisis pengembangan kecerdasan logis matematis anak usia 5-6 tahun menggunakan permainan tradisional. Jurnal pendidi-kan usia dini, 11(2), 215-225. https://doi.org/10.21009/JPUD.112.02

Maziyyah, H. T., Mutmainah, H. H., Nafiqoh, H., & Rohmalina, R. (2020). Meningkat-kan Kecerdasan Logika Matematika Aud Dengan Menggunakan Permainan Memanc-ing Angka Pada Kelompok A. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(1), 46-51. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i1.p%25p

Tasliyah, L., Nurhayati, S., & Nurunnisa, R. (2020). Mengembangkan kecerdasan logika matematika anak usia dini melalui ape kids ‘n kit. Jurnal CERIA (Cerda Energik Re-sponsif Inovatif Adaptif), 3(4), 307-314. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i4.p%25p

Purnama, S., Pratiwi, H., & Rohmadheny, P, S., (2020). Penelitian tindakan kelas untuk pendidikan anak usia dini. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Putri, F.M. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi wordwall dalam pembelajaran daeing (online) matematika pada materi bilangan cacah kelas 1 di MIN 2 kota tangerang selatan. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54622

Rohmalina, R., Wulansuci, G., Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2020). Gambaran paternal accesibility dalam pendidikan anak usia dini dilihat dari persepsi guru. Tunas Sili-wangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Ban-dung, 6(1), 24-30. https://doi.org/10.22460/ts.v6i1p%25p.1477

Rosdiani, L., Munawar, B., & Dewi, R. (2021). Pelatihan membuat game edukasi wordwall untuk guru di kelurahan karaton. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 2(2), 247-255. https://doi.org/10.46306/jabb.v2i2.138

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi quizizz dan wordwall pada pembelajaran ipa bagi guru-guru SDIT al-kahfi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195-199. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 8 Tentang Pendidikan Anak Usia Dini.

Published

2024-02-01