Media Smart Card: Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v8i1.21494Kata Kunci:
Early Literacy, Smart CardAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi karena masih rendahnya kemampuan keaksaraan awal anak kelompok B di RA Ar-Ridho. Rata-rata anak belum mampu mengenal dan membedakan huruf. Maka dari itu, media smart card sangat tepat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal sehingga, peneliti menyediakan media sebagai solusi tujuan penelitian dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan awal melalui media smart card yang menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B berjumlah 15 anak, 10 laki-laki dan 5 perempuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan media smart card untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak berhasil meningkat pada pertemuan ke-4. Dalam penelitian ini dilakukan selama 4 kali pertemuan dan sekitar 2 anak yang masih belum berkembang (BB) dalam menyebutkan simbol-simbol huruf, 3 anak yang mulai berkembang (MB) dalam Menyebutkan Kelompok gambar yang memiliki bunyi atau huruf awal yang sama, adapun 2 anak bisa berkembang sangat baik (BSB) dalam menyebut namanya sendiri, dan 8 anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) dengan mampu membaca kata dengan lengkap. Hal ini menunjukan bahwa dengan menggunakan media smart card dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan awal pada Anak Usia 5-6 tahun.
Referensi
Amelia, M. N., & Nuraeni, L. (2021). Penerapan metode proyek berbasis steam untuk mengembangkan kemampuan mengenal huruf anak usia dini kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(2), 151-159. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i2.p%25p
Aprianti, E., Nafiqoh, H., & Rohaeti, E. E. (2020). Metode pembelajaran bermain kartu kata dalam meningkatkan kecerdasan kognitif di TK Tridaya Cimahi. Tunas Sili-wangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1), 16-23. https://doi.org/10.22460/ts.v6i1p%25p.1478
Astutik, P., & Subrata, H. (2017). Pengaruh penggunaan media kartu pintar terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas iv SDN Kauman II Bojonegoro. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (3), 414-424. https://www.neliti.com/publications/254430/pengaruh-penggunaan-media-kartu-pintar-terhadap-keterampilan-menulis-narasi-sisw
Danikawati, I., Darmiyanti, A., & Riana, N. (2021). Implementasi metode bermain kotak kata dalam pengenalan keaksaraan anak usia 5-6 tahun. Jurnal Golden Age, 5(02), 387-392. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3920
Hakim, P. R. (2020). Upaya meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada anak usia dini melalui media kartu kata bergambar. ABNA: Journal of Islamic Early Child-hood Education, 1(2). 51-61. https://doi.org/10.22515/abna.v1i2.3443
Lestari, Y.P., & Mas’udah. M, (2019). Meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun melalui media kartu huruf di TK Kusuma Putra Subaya: Jurnal Paud Tera-tai, 8 (2), 1-7, https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/30082
Listiani, L., Musi, M. A., & Alriani, I. (2022). Meningkatkan kemampuan mengenal keaksaraan awal melalui media stiker dots. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidi-kan Dan Pembelajaran, 1(2), 56-62. https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i2.26760
Lusiana, M., & Aprianti, E. (2021). Pembelajaran daring untuk meningkatkan perkembangan bahasa melalui kegiatan bermain dadu huruf pada kelompok b di tk ikhsan muslimin bandung. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(6), 706-713. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i6.p%25p
Permatasari, T. R., Febriani, A. R., Purnamasari, A. D., Kusuma, I. J., & Festiawan, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran smart card perwasitan bola bas-ket. Physical Activity Journal (PAJU), 2(1), 26-41. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.2691
Permendikbud no. 137 tahun 2014 Tentang STTPA
Permendikbud no. 146 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD
Pratiwi, A.W., & Mas’udah, (2019). Pengaruh media kartu pintar terhadap kemampuan keaksaraan anak usia 4-5 tahun kelompok A Di TK Kenanga Lumbangsari Bulula-wang Malang: Jurnal Paud Teratai, 8 (2). 1-6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/30464
Solihah, T. H., Mugara, R., & Aprianti, E. (2021). Meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui pengenalan bentuk geometri berbantuan media geoboard pada kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(4), 394-399. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i4.p%25p
Sumini, N., & Yulianti, Y. (2018). Meningkatkan kemampuan pra keaksaraan anak usia dini kelompok b melalui metode bernyanyi di TK Kartika XIX-I. CERIA (Cerdas En-ergik Responsif Inovatif Adaptif), 1(2), 1-6. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i2.p1-6
Taqiyah, D. B., & Mumpuniarti, M. (2022). Intervensi dini bahasa dan bicara anak speech delay. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3992-4002. 10.31004/obsesi.v6i5.2494