Media Smart Card: Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini

Authors

  • Reska Fuadah Raudhatul Athfal (RA) Ar-Ridho, Kab. Bandung Barat
  • Ema Aprianti Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v8i1.21494

Keywords:

Early Literacy, Smart Card

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih rendahnya kemampuan keaksaraan awal anak kelompok B di RA Ar-Ridho. Rata-rata anak belum mampu mengenal dan membedakan huruf. Media smart card sangat tepat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal. Peneliti menyediakan media sebagai solusi tujuan penelitian dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan awal melalui media smart card yang menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B berjumlah 15 anak, 10 laki-laki dan lima perempuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan media smart card untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak berhasil meningkat pada pertemuan ke-4. Dalam penelitian ini dilakukan selama empat kali pertemuan dan sekitar dua anak yang masih belum berkembang (BB) dalam menyebutkan simbol-simbol huruf, tiga anak yang mulai berkembang (MB) dalam menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi atau huruf awal yang sama, adapun dua anak bisa berkembang sangat baik (BSB) dalam menyebut namanya sendiri, dan delapan anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) dengan mampu membaca kata dengan lengkap. Hal ini menunjukan bahwa dengan menggunakan media smart card dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan awal pada Anak Usia 5-6 tahun.   This research was motivated by the low initial literacy skills of group B children at RA Ar-Ridho. The average child is not yet able to recognize and differentiate letters. Smart card media is very appropriate for improving early literacy skills. Researchers provide media as a solution to research objectives in improving early literacy skills through fun smart card media. The research method used in this research is a descriptive method with a qualitative approach. The subjects of this research were 15 group B children, 10 boys and five girls. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. The data analysis used is qualitative, namely data reduction, data presentation, and conclusion. Based on the results of observations, it shows that smart card media to improve children's early literacy skills was successful in improving at the 4th meeting. This research was carried out over four meetings, and around two children were still not yet developed in naming letter symbols; three children were starting to develop in naming groups of pictures that had the same initial sound or letter, for two children, they can develop very well in saying their name, and eight children are developing according to expectations by being able to read words completely. This shows that using smart card media can improve early literacy skills in children aged 5-6 years.

References

Amelia, M. N., & Nuraeni, L. (2021). Penerapan metode proyek berbasis steam untuk mengembangkan kemampuan mengenal huruf anak usia dini kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(2), 151-159. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i2.p%25p

Aprianti, E., Nafiqoh, H., & Rohaeti, E. E. (2020). Metode pembelajaran bermain kartu kata dalam meningkatkan kecerdasan kognitif di TK Tridaya Cimahi. Tunas Sili-wangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1), 16-23. https://doi.org/10.22460/ts.v6i1p%25p.1478

Astutik, P., & Subrata, H. (2017). Pengaruh penggunaan media kartu pintar terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas iv SDN Kauman II Bojonegoro. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (3), 414-424. https://www.neliti.com/publications/254430/pengaruh-penggunaan-media-kartu-pintar-terhadap-keterampilan-menulis-narasi-sisw

Danikawati, I., Darmiyanti, A., & Riana, N. (2021). Implementasi metode bermain kotak kata dalam pengenalan keaksaraan anak usia 5-6 tahun. Jurnal Golden Age, 5(02), 387-392. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3920

Hakim, P. R. (2020). Upaya meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada anak usia dini melalui media kartu kata bergambar. ABNA: Journal of Islamic Early Child-hood Education, 1(2). 51-61. https://doi.org/10.22515/abna.v1i2.3443

Lestari, Y.P., & Mas’udah. M, (2019). Meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun melalui media kartu huruf di TK Kusuma Putra Subaya: Jurnal Paud Tera-tai, 8 (2), 1-7, https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/30082

Listiani, L., Musi, M. A., & Alriani, I. (2022). Meningkatkan kemampuan mengenal keaksaraan awal melalui media stiker dots. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidi-kan Dan Pembelajaran, 1(2), 56-62. https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i2.26760

Lusiana, M., & Aprianti, E. (2021). Pembelajaran daring untuk meningkatkan perkembangan bahasa melalui kegiatan bermain dadu huruf pada kelompok b di tk ikhsan muslimin bandung. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(6), 706-713. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i6.p%25p

Permatasari, T. R., Febriani, A. R., Purnamasari, A. D., Kusuma, I. J., & Festiawan, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran smart card perwasitan bola bas-ket. Physical Activity Journal (PAJU), 2(1), 26-41. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.2691

Permendikbud no. 137 tahun 2014 Tentang STTPA

Permendikbud no. 146 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD

Pratiwi, A.W., & Mas’udah, (2019). Pengaruh media kartu pintar terhadap kemampuan keaksaraan anak usia 4-5 tahun kelompok A Di TK Kenanga Lumbangsari Bulula-wang Malang: Jurnal Paud Teratai, 8 (2). 1-6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/30464

Solihah, T. H., Mugara, R., & Aprianti, E. (2021). Meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui pengenalan bentuk geometri berbantuan media geoboard pada kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(4), 394-399. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i4.p%25p

Sumini, N., & Yulianti, Y. (2018). Meningkatkan kemampuan pra keaksaraan anak usia dini kelompok b melalui metode bernyanyi di TK Kartika XIX-I. CERIA (Cerdas En-ergik Responsif Inovatif Adaptif), 1(2), 1-6. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i2.p1-6

Taqiyah, D. B., & Mumpuniarti, M. (2022). Intervensi dini bahasa dan bicara anak speech delay. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3992-4002. 10.31004/obsesi.v6i5.2494

Published

2025-01-31