Media Smart Card: Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v8i1.21494Keywords:
Early Literacy, Smart CardAbstract
References
Amelia, M. N., & Nuraeni, L. (2021). Penerapan metode proyek berbasis steam untuk mengembangkan kemampuan mengenal huruf anak usia dini kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(2), 151-159. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i2.p%25p
Aprianti, E., Nafiqoh, H., & Rohaeti, E. E. (2020). Metode pembelajaran bermain kartu kata dalam meningkatkan kecerdasan kognitif di TK Tridaya Cimahi. Tunas Sili-wangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1), 16-23. https://doi.org/10.22460/ts.v6i1p%25p.1478
Astutik, P., & Subrata, H. (2017). Pengaruh penggunaan media kartu pintar terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas iv SDN Kauman II Bojonegoro. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (3), 414-424. https://www.neliti.com/publications/254430/pengaruh-penggunaan-media-kartu-pintar-terhadap-keterampilan-menulis-narasi-sisw
Danikawati, I., Darmiyanti, A., & Riana, N. (2021). Implementasi metode bermain kotak kata dalam pengenalan keaksaraan anak usia 5-6 tahun. Jurnal Golden Age, 5(02), 387-392. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3920
Hakim, P. R. (2020). Upaya meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada anak usia dini melalui media kartu kata bergambar. ABNA: Journal of Islamic Early Child-hood Education, 1(2). 51-61. https://doi.org/10.22515/abna.v1i2.3443
Lestari, Y.P., & Mas’udah. M, (2019). Meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun melalui media kartu huruf di TK Kusuma Putra Subaya: Jurnal Paud Tera-tai, 8 (2), 1-7, https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/30082
Listiani, L., Musi, M. A., & Alriani, I. (2022). Meningkatkan kemampuan mengenal keaksaraan awal melalui media stiker dots. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidi-kan Dan Pembelajaran, 1(2), 56-62. https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i2.26760
Lusiana, M., & Aprianti, E. (2021). Pembelajaran daring untuk meningkatkan perkembangan bahasa melalui kegiatan bermain dadu huruf pada kelompok b di tk ikhsan muslimin bandung. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(6), 706-713. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i6.p%25p
Permatasari, T. R., Febriani, A. R., Purnamasari, A. D., Kusuma, I. J., & Festiawan, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran smart card perwasitan bola bas-ket. Physical Activity Journal (PAJU), 2(1), 26-41. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.2691
Permendikbud no. 137 tahun 2014 Tentang STTPA
Permendikbud no. 146 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD
Pratiwi, A.W., & Mas’udah, (2019). Pengaruh media kartu pintar terhadap kemampuan keaksaraan anak usia 4-5 tahun kelompok A Di TK Kenanga Lumbangsari Bulula-wang Malang: Jurnal Paud Teratai, 8 (2). 1-6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/30464
Solihah, T. H., Mugara, R., & Aprianti, E. (2021). Meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui pengenalan bentuk geometri berbantuan media geoboard pada kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(4), 394-399. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i4.p%25p
Sumini, N., & Yulianti, Y. (2018). Meningkatkan kemampuan pra keaksaraan anak usia dini kelompok b melalui metode bernyanyi di TK Kartika XIX-I. CERIA (Cerdas En-ergik Responsif Inovatif Adaptif), 1(2), 1-6. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i2.p1-6
Taqiyah, D. B., & Mumpuniarti, M. (2022). Intervensi dini bahasa dan bicara anak speech delay. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3992-4002. 10.31004/obsesi.v6i5.2494