Pengembangan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-6 Anak Usia Dini

Authors

  • Divia Zeniva Azzahra Taman Kanak-kanak (TK) Al Akmal, Bandung Barat
  • Heni Nafiqoh Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi
  • Anita Rakhman Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Keywords:

Snakes and Ladders, The Concept of Numbers.

Abstract

Perkembangan kognitif anak usia, dini dibagi menjadi tiga tahap perkembangan, yaitu pengetahuan umum dan ilmiah, konsep bentuk, ukuran dan pola, konsep angka, simbol angka dan huruf. Dengan demikian, pemahaman konsep bilangan merupakan landasan yang kokoh bagi anak dalam pengembangan kemampuan matematika kompleks pada tahap selanjutnya. Salah satu media yang dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan adalah media ular tangga. Media ular tangga ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan, selain itu dapat juga dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang menarik bagi anak. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media ular tangga untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-6 kelompok A. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan statistika deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan memperoleh hasil penilaian sebesar 97% termasuk kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase 85% dari kelayakan media mendapatkan persentase 95%. Sedangkan hasil validasi praktisi mendapatkan persentase 92,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk hasil pengembangan berupa media ular tangga untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-6 layak digunakan.   Early childhood cognitive development is divided into three stages of development, namely general knowledge and science, the concept of shape, size, and pattern, and the concept of numbers, symbols of numbers, and letters. So understanding the concept of numbers is a strong foundation for children to develop complex mathematical abilities at a later stage. One of the media that can improve the ability to recognize the concept of numbers is the snake and ladder media. This snake and ladder medium can be used to improve the ability to recognize the concept of numbers; besides that, it can also be used as an interesting learning medium for children. For this reason, the purpose of this research is to produce a product in the form of snakes and ladders to improve the ability to recognize the concept of numbers 1-6 in group A. The type of research used is research and development (R&D). Data was collected using observation, interviews, and documentation. The analysis technique uses descriptive statistics. Based on the results of research conducted on the development of snakes and ladders media for the ability to recognize the concept of numbers 1-6, which obtained an assessment result of 97%, including the category of developing as expected (BSH), The results of material expert validation get a percentage of 85% of the media's eligibility to get a percentage of 95%. While the results of practitioner validation get a percentage of 92.6%, Thus, it can be concluded that the product developed in the form of snakes and ladders to improve the ability to recognize the concept of numbers 1-6 is feasible to use.

References

Amelia, L. (2017). Pengaruh modifikasi permainan ular naga dalam meningkatkan ke-mampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok b2 di paud save the kids banda aceh. Jurnal Buah Hati, 4(1), 10-30.https://doi.org/10.46244/buahhati.v4i1.552.

Arsyad, M.A. (2009). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Haryono. (2013). Pembelajaran ipa yang menarik dan mengasyikkan: teori dan aplikasi paikem. Yogyakarta: Kapel Press.

Istiqomah, S. (2018). Penerapan metode bermain melalui permainan ular tangga dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di paud sriwijaya lampung timur. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. 2018). http://repository.radenintan.ac.id/5119/1/Skripsi%20Full.pdf

Musfiqon. (2012). Pengembangan media dan sumber pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Nurlaela, N. (2018) Pengembangan Media Pembeljaran Busy Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini di Play Group Islam Bina Balita Way Halim Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018 (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. 2018). http://repository.radenintan.ac.id/5720/

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Ten-tang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Rahayu, L. S., Windayana, H., & Herawati, N. I. (2016). Meningkatkan Kemampuan Konsep Dan Lambang Bilangan Anak Usia Dini Melalui Modifikasi Permainan Ular Tangga. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). 67-74. https://doi.org/10.17509/cd.v7i1.10542.

Raysia. T (2016). Penggunaan media permainan ular tangga dalam meningkatkan kemam-puan berhitung pada anak usia 5 – 6 tahun di tk tunas melati bandar lampung. (Skripsi, Universitas Lampung. 2016). https://digilib.unila.ac.id/21681/

Rifa’i, A., & Sudjana, N. (2009). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono, S. (2015). Penelitian kuantitatif, kualitatif, r&d. Bandung: Rineka Cipta.

Published

2024-01-28