Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Mengelola Emosi Anak Usia Dini

PERAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM MENGELOLA EMOSI ANAK USIA DINI

Authors

Keywords:

Teacher Role, Emotions, Young Children

Abstract

Peran guru dalam mengelola emosi anak telah menjadi hal yang penting dalam pendidikan saat ini. Dalam era pendidikan saat ini, pengelolaan emosi anak menjadi perhatian utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penting guru PAUD dalam mengelola emosi anak. Metode penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review untuk merangkum literatur yang berkaitan dengan peran guru PAUD dalam mengelola emosi anak usia dini. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan mencari artikel dari database melalui Google Schoolar melalui pencarian terstruktur dan komprehensif pada sumber informasi yang dapat dipercaya. Artikel yang telah dipilih dengan proses peninjauan kemudian dianalisis  secara mendalam. Analisis data memiliki peran penting dalam tahapan ini dan data dipilih terkait peran guru dalam mengelola emosi anak usia dini. Sebanyak 10 artikel dipilih sebagai fokus utama dalam penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah data tematik. Proses seleksi dilakukan dengan baik dan mempertimbangkan kualitas literatur serta isi artikel untuk memberikan wawasan yang mendalam tentang topik tersebut, kemudian hasil yang didapatkan akan dibuat kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini memperjelas bahwa peran guru tidak hanya sebatas menyampaikan materi pendidikan, tetapi juga sebagai agen kunci dalam membentuk fondasi emosional anak.   The role of teachers in managing children's emotions has become important in education today. In the current era of education, managing children's emotions is a major concern. This research aims to determine the important role of ECE teachers in managing children's emotions. This research method uses a systematic literature review to summarise literature related to the role of ECE teachers in managing the emotions of early childhood. The data collection technique was obtained by searching for articles from the database via Google Scholar through a structured and comprehensive search of reliable information sources. Articles that have been selected through a review process are then analysed in depth. Data analysis has an important role in this stage, and the data selected related to the role of teachers in managing the emotions of early childhood. A total of 10 articles were selected as the main focus of the research. The analysis technique used is thematic data. If the selection process is carried out well and considers the quality of the literature and the content of the articles to provide in-depth insight into the topic, then a conclusion will be drawn from the results obtained. The conclusions of this research make it clear that the teacher's role is not only limited to delivering educational material but also to being a key agent in forming children's emotional foundations.

References

Age, J. G., & Hamzanwadi, U. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233

Astinah, A., Wahyuningsih, H., & Syifa’a Rachmahana, R. (2019). Pelatihan Emotion Coaching Untuk Meningkatkan Ketrampilan Guru Merespon Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 11(2), 67–78. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol11.iss2.art1

Azizah, U., Hermawan, A. H., & Erihadiana, M. (2021). Implementasi Teori Belajar Sosial Albert Bandura Pada Kurikulum Darurat Covid-19. Forum Paedagogik, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v13i1.3498

Khulusinniyah, & Farhatin Masruroh. (2019). Optimalisasi Pengelolaan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Edupedia, 4(1), 59–66. https://doi.org/10.35316/edupedia.v4i1.526

Lesilolo, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67

Muthmainah. (2022a). Peran Guru Dalam Melatih Anak Mengelola Emosi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 63–76. https://doi.org/10.24853/yby.6.1.63-76

Muthmainah, M. (2022b). Persepsi Guru tentang Keterampilan Koping untuk Mengelola Emosi Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2304–2315. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1968

Ovirianingsih, T., Kurnia, R., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Riau, U., Peran, B., Hewan, P., & Dini, A. U. (2021). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Melalui Metode Bermain Peran Penokohan Hewan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 2531–2539. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1242

Putri, I. B., & Muhid, A. (2021). The Metode Pendidikan Keteladanan Relevansi antara Qasidah Burdah dengan Teori Belajar Sosial Albert Bandura. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 164. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i2.1111

Rahmawati, A.Y. (2020). The development ability to manage children’s emotions through the storytelling method at tk it baitusshalihin ulee kareng. 6(July), 1–23.

Sariri, N. (2015). Pengaruh Pelatihan Stimulasi Kecerdasan Emosi Terhadap Pengetahuan dan Ketrampilan Guru TK Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak Didik. Jurnal PG, 2(1), 40–49. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i1.1818

Sukatin, Qomariyyah, Horin, Y., Afrilianti, A., Alivia, & Bella, R. (2019). EMOSIONAL ANAK USIA DINI Berdasrkan Undang-Undang Nomor. Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini, VI(2), 156–171. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7311

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi pedagogik guru paud dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Syafrina, R., & Rudi, R. (2021). Regulasi Emosi Guru PAUD Selama Proses Mengajar Saat Pandemi Covid-19. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 4(2), 51–58. https://doi.org/10.31537/jecie.v4i2.496

Wahyuni, I. W., Raihana, R., Utami, D. T., Lubis, A. N., & Anriani, E. (2021). Kecerdasan Emosi dan Kompetensi Sosial Guru PAUD. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 172–178. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.105

Wahyuni, N., & Fitriani, W. (2022). Relevansi Teori Belajar Sosial Albert Bandura dan Metode Pendidikan Keluarga dalam Islam. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2), 60–66. https://doi.org/10.33506/jq.v11i2.2060

Wahyuningsih, N., Hafidah, R., & Pudyaningstyas, A. R. (2020). Metode hypnoteaching untuk meningkatkan kemampuan mengelola emosi pada anak usia 5-6 tahun. 8(1).11-22. https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/32156/26944

Yeni, I., Yulsyofriend, Y., Desyandri, & Anggraini, V. (2018). Stimulation of Children’S Emotion Through Activities of Singing for Paud Teachers in Ampek Angkek and Canduang, District Agam. Jurnal Ilmiah Pesona, 5(2), 145–160. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/index

Published

2024-01-28