Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Mengelola Emosi Anak Usia Dini
PERAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM MENGELOLA EMOSI ANAK USIA DINI
Keywords:
Teacher Role, Emotions, Young ChildrenAbstract
References
Age, J. G., & Hamzanwadi, U. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233
Astinah, A., Wahyuningsih, H., & Syifa’a Rachmahana, R. (2019). Pelatihan Emotion Coaching Untuk Meningkatkan Ketrampilan Guru Merespon Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 11(2), 67–78. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol11.iss2.art1
Azizah, U., Hermawan, A. H., & Erihadiana, M. (2021). Implementasi Teori Belajar Sosial Albert Bandura Pada Kurikulum Darurat Covid-19. Forum Paedagogik, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v13i1.3498
Khulusinniyah, & Farhatin Masruroh. (2019). Optimalisasi Pengelolaan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Edupedia, 4(1), 59–66. https://doi.org/10.35316/edupedia.v4i1.526
Lesilolo, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67
Muthmainah. (2022a). Peran Guru Dalam Melatih Anak Mengelola Emosi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 63–76. https://doi.org/10.24853/yby.6.1.63-76
Muthmainah, M. (2022b). Persepsi Guru tentang Keterampilan Koping untuk Mengelola Emosi Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2304–2315. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1968
Ovirianingsih, T., Kurnia, R., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Riau, U., Peran, B., Hewan, P., & Dini, A. U. (2021). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Melalui Metode Bermain Peran Penokohan Hewan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 2531–2539. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1242
Putri, I. B., & Muhid, A. (2021). The Metode Pendidikan Keteladanan Relevansi antara Qasidah Burdah dengan Teori Belajar Sosial Albert Bandura. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 164. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i2.1111
Rahmawati, A.Y. (2020). The development ability to manage children’s emotions through the storytelling method at tk it baitusshalihin ulee kareng. 6(July), 1–23.
Sariri, N. (2015). Pengaruh Pelatihan Stimulasi Kecerdasan Emosi Terhadap Pengetahuan dan Ketrampilan Guru TK Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak Didik. Jurnal PG, 2(1), 40–49. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i1.1818
Sukatin, Qomariyyah, Horin, Y., Afrilianti, A., Alivia, & Bella, R. (2019). EMOSIONAL ANAK USIA DINI Berdasrkan Undang-Undang Nomor. Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini, VI(2), 156–171. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7311
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi pedagogik guru paud dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
Syafrina, R., & Rudi, R. (2021). Regulasi Emosi Guru PAUD Selama Proses Mengajar Saat Pandemi Covid-19. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 4(2), 51–58. https://doi.org/10.31537/jecie.v4i2.496
Wahyuni, I. W., Raihana, R., Utami, D. T., Lubis, A. N., & Anriani, E. (2021). Kecerdasan Emosi dan Kompetensi Sosial Guru PAUD. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 172–178. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.105
Wahyuni, N., & Fitriani, W. (2022). Relevansi Teori Belajar Sosial Albert Bandura dan Metode Pendidikan Keluarga dalam Islam. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2), 60–66. https://doi.org/10.33506/jq.v11i2.2060
Wahyuningsih, N., Hafidah, R., & Pudyaningstyas, A. R. (2020). Metode hypnoteaching untuk meningkatkan kemampuan mengelola emosi pada anak usia 5-6 tahun. 8(1).11-22. https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/32156/26944
Yeni, I., Yulsyofriend, Y., Desyandri, & Anggraini, V. (2018). Stimulation of Children’S Emotion Through Activities of Singing for Paud Teachers in Ampek Angkek and Canduang, District Agam. Jurnal Ilmiah Pesona, 5(2), 145–160. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/index