Meningkatkan Kemampuan Jasmani Anak Usia Dini melalui Permainan Lompat Tali

Authors

  • Komariah Komariah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Anggrek Mekar, Kab. Bandung Barat
  • Dedah Jumiatin Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Keywords:

Physical Skill, Jump Rope

Abstract

Berdasarkan observasi awal, kemampuan gerakan fisik yang berkaitan dengan kemampuan jasmani anak masih belum berkembang karena guru kurang memberikan ruang bagi anak dalam melakukan  aktivitas fisik khususnya diluar ruangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan jasmani anak melalui kegiatan lompat tali yang akan melatih kelenturan gerak tubuh dan kaki, serta meningkatkan rasa percaya diri. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan suatu fenomena yang ada. Subjek penelitian 10 peserta didik usia 4-5 tahun di PAUD Anggrek Mekar Lembang. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, model analisis data melalui akumulasi data, reduksi data, pengajuan data dan penetapan kesimpulan. Bagian yang diamati yaitu kekuatan dan kelenturan anggota tubuh dengan langkah kegiatan berupa pemanasan dan olah gerak tubuh anak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada kelenturan otot dan gerak anak saat beraktivitas di luar kelas pada kemampuan jasmani anak. Sebanyak 8 orang anak dari 10 anak sudah berkembang sangat baik dalam kegiatan melompat dari ketinggian 50 cm. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan kegiatan lompat tali dapat meningkatkan kinerja fisik pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Anggrek Mekar Lembang.

According to early observations, the physical motion ability relating to the physical ability of the child has not developed because the teacher has not given the child much space to engage in physical activity, especially outdoors. The purpose of this study is to improve children's physical abilities through jumping rope activities that will train flexibility in the body and foot and boost confidence. This method of research is a qualitative description that aims to explain an existing phenomenon. The subject of a study of 10 4-year-old protectors at the connections of the blooming orchid. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation, while data study models involve data accumulation, reduction, filing, and deduction. The observed areas are the strength and flexibility of the limbs with the activity steps of warming and exercise of the child. As a result of this study, there has been increased muscle flexibility and mobility in children's activities outside the classroom. In children's physical abilities, as many as 8 children out of 10 have developed extremely well in jumping from 50 cm (20 in.). Based on these results, it would be concluded that jumping rope would enhance performance in a 4-year-old child at the length of the blossoming orchid.

References

Andayani, S. (2021). Bermain sebagai sarana pengembangan kreativitas anak usia dini. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 7(01), 230-238. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/87

Febriani, E. (2016). Upaya meningkatkan pengembangan motorik kasar (melompat) anak melalui permainan lompat tali pada kelompok B TK Al-Hidayah Palaosan Tahun Pelajaran 2015-2016. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2). https://media.neliti.com/media/publications/171940-ID-upaya-meningkatkan-pengembangan-motorik.pdf

Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106–117. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/395

Rohmah, N. (2016). Bermain dan pemanfaatannya dalam perkembangan anak usia dini. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2). 27-35. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v13i2.590

Siswati, S. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui lompat tali pada kelompok B di TK. ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Jour-nal), 2(3). 196-199. https://doi.org/10.31934/eceij.v2i3.1001

Sopiyati, S. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan me-lompat dengan menggunakan media tali karet gelang pada kelompak A di TK Perti-wi Dahlia Desa Sambirejo Kecamatan Gabus Kabupaten Pati semester I tahun pela-jaran 2019/2020. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 73-80. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.230

Sutini, A. (2013). Meningkatkan keterampilan motorik anak usia dini melalui permainan tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). 67-77. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386

Reswari, A. (2021). Efektivitas permainan bola basket modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 17-29. 10.31004/obsesi.v6i1.1182

Rindawati, R., Ertanti, D. W., & Anggraheni, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Motor-ik Kasar Anak Usia Dini Kelompok B Melalui Permainan Tradisional Lompat Ta-li. Jurnal Dewantara, 4(2), 131-139. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jd/article/view/17070

Wicaksono, L. (2017). Pelaksanaan Pendidikan Jasmani dan Olahraga Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2). https://core.ac.uk/download/pdf/294953011.pdf

Published

2024-05-12