Upaya Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Belajar Pada Anak Usia Dini melalui Permainan Pancing Ikan

Authors

Keywords:

Fishing Game, Concentration, Early Childhood

Abstract

Sebagian besar anak kelompok B di Kober Griya Alam Cimahi masih mengalami masalah konsentrasi seperti kurang fokus, mudah teralihkan perhatiannya sehingga ketika pembelajaran anak belum bisa menyelesaikan tugas yang diberikan guru dengan baik karena tidak fokus memperhatikan. Konsentrasi dalam proses belajar tentunya sangat diperlukan karena konsentrasi merupakan aspek yang penting dalam kegiatan belajar. Maka peniliti menggunakan media pancing ikan karena permainan ini dapat mengajarkan kepada anak untuk melatih konsentrasi juga kesabaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah melalui permainan pancing ikan dapat meningkatkan konsentrasi belajar pada anak usia dini di Kober Griya Alam. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dianalisis dengan menggunakan nilai rata-rata dalam bentuk penyajian persentase. Subjek penelitian adalah peserta didik kelompok B2 yang berusia 5-6 tahun berjumlah 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi melalui permainan pancing ikan. Konsentrasi pada siklus I mencapai 53%, siklus II meningkat mencapai 61 %, dan meningkat lebih baik lagi pada siklus III mencapai 81%. Dapat disimpulkan permainan pancing ikan dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak kelompok B2 di Kober Griya Alam.   Most of the group B children at Kober Griya Alam Cimahi still experience concentration problems such as lack of focus and being easily distracted, so when learning, children cannot complete the tasks the teacher gives well because they are not focused on paying attention. Concentration in the learning process is, of course, very necessary because concentration is an important aspect of learning activities. So researchers use fishing as a medium because this game can teach children to practice concentration and patience. This research aims to find out whether fishing games can increase learning concentration in young children at Kober Griya Alam. This research method is classroom action research, which is carried out in three cycles. The research procedure consists of four stages: planning, action, observation, and reflection. Data collection techniques using observation were analyzed using average values in the form of a percentage presentation. The research subjects were 16 B2 students aged 5–6 years. The results of the study showed an increase in concentration through fishing games. Concentration in cycle I reached 53%, in cycle II it increased to 61%, and it increased even better in cycle III, reaching 81%. It can be concluded that the fishing game can increase the learning concentration of group B2 children at Kober Griya Alam.

References

Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15-22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52-64. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985

Indriyani, D., Rachmawati, Y., & Gustiana, A. D. (2018). Meningkatkan Pemahaman Lambang Bilangan Melalui Fishing Game Di Tk Al-Hidayah Garut. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 15(1), 9-15. https://doi.org/10.17509/edukid.v15i1.20151

Isnawati, R. (2020). Cara Kreatif Dalam Proses Belajar. Surabaya: Jakad Media Publishing

Kamila, A., Harini, R., & Ponirah, P. (2022). Literature review: pengaruh brain gym ter-hadap tingkat konsentrasi belajar pada siswa sekolah dasar. Malahayati Nursing Journal, 4(3), 693-705. https://doi.org/10.33024/mnj.v4i3.6004

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan media gambar sebagai upaya dalam peningkatan konsentrasi belajar anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676-685. 10.31004/obsesi.v5i1.683

Lestari, E., & Wulandari, R. S. (2021). Membangkitkan rasa ingin tahu anak usia dini dengan cinta dan cerdik. Qurroti: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 2721-1509. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3539052

Nadhiroh, U. (2017). Permainan Memancing Terhadap Kemampuan Konsentrasi Anak Autis di TK. Surabaya: Jurnal Pendidikan Khusus.1-11. [online]: https://ejournal. unesa. ac. id/index. php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/19802.

Nurunnisa, R., Nuraeni, L., & Andrisyah, A. (2020). Penyuluhan Program Sekolah Ramah Anak Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Berbasis Child Center Pada Pendidik Di Taman Kanak-Kanak Kota Purwakarta. Abdimas Siliwangi, 3(1), 94-103. https://doi.org/10.22460/as.v3i1p%25p.3393

Pratiwi, S., & Asi'ah, Y. N. (2022). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menjahit. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Anaking), 1(1), 114-122. https://doi.org/10.37968/anaking.v1i1.194

Reswita, R. (2019). Pengaruh Permainan Memancing Ikan terhadap Kemampuan Berhi-tung Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD SPS Mutiara Belia Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 19-28. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3300

Suyadi., & Ulfah, M. (2017). Konsep Dasar Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Syaputri, I., & Istiarini, R. (2019). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Melalui Permainan Tradisional Pada Anak Usia 5-7 Tahun di TK IT Al Jawwad. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 24-34. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v10i1.1764

Yiniasih, D. (2023). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini melalui Metode Atik dan Permainan Isi Botol di RA Al Fikri Klari. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pen-didikan, 6(5), 3007-3011. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1982

Published

2024-07-24