Peran Orang Tua dalam Mengelola Emosi Anak Usia Dini melalui Bermain

Authors

  • Nadiatulfath Universitas Pendidikan Indonesia
  • Euis Kurniati Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

Keywords:

Emotional Development, Parents, Early Childhood, Play Activities

Abstract

Penelitian ini membahas pentingnya peran orang tua dalam mengelola emosi anak usia dini melalui kegiatan bermain. Hal ini berkaitan dengan emosi anak yang berkembang dengan baik berperan penting dalam interaksi sosial dan kemampuan merespons situasi secara efektif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi orang tua dalam mendukung perkembangan emosional anak melalui bermain. Pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur digunakan untuk menganalisis berbagai penelitian terdahulu. Data dikumpulkan dari jurnal ilmiah dan laporan penelitian yang relevan, diterbitkan dalam 10 tahun terakhir, menggunakan kata kunci yang relevan. Analisis dilakukan melalui metode analisis konten untuk mengidentifikasi peran orang tua, kegiatan bermain, dan strategi dalam mengelola emosi anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan aktif orang tua dalam bermain dapat meningkatkan kesejahteraan emosional anak, mengembangkan keterampilan sosial, dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran orang tua yang responsive dan keterlibatan aktif dalam kegiatan bermain dapat membantu anak-anak mengelola emosi dengan lebih efektif, yang penting untuk perkembangan emosional mereka sepanjang hidup.   The ability to communicate in language is the initial capital for teachers and students to interact. Aspects of language development are important things that must be stimulated from an early age. With the presence of language, we can convey ideas, feelings, thoughts, or information in early childhood. But in general, early childhood still has difficulty in terms of listening to orders from teachers. This factor is the lack of creativity of teachers in schools to provide stimulus to early childhood and language skills that are most important in today's era. The purpose of this study was to improve early childhood receptive language skills through snakes-and-ladders games. The method used in this research is descriptive-qualitative. The research subjects were Group A students, with sampling. Data collection was obtained through observation, interviews, and documentation—data analysis using data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Data collection was obtained through observation, interviews, and documentation. The results showed that game snakes and ladders can improve early childhood receptive language. Four students' ability to speak well after participating in the activity increased by eight students who knew their language developed very well at the end of the observation.

References

Campbell, S. B., Denham, S. A., Howarth, G. Z., Jones, S. M., Whittaker, J. V., Williford, A. P., Willoughby, M. T., Yudron, M., & Darling-Churchill, K. (2016). Commentary on the review of measures of early childhood social and emotional development: Conceptualization, critique, and recommendations. Journal of Applied Developmental Psychology, 45, 19–41. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2016.01.008

Ckurnia, N., Haerudin, D. A., & Solihati, A. (2018). Meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini melalui bermain peran. Jurnal Pelita PAUD, 2 (1). 63–76. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i1.190

DHIU, K. D., & FONO, Y. M. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i1.1328

Gunawan, M. T. R., & Hoerudin, C. W. (2022). Kesadaran Emosi Anak Usia Dini. IZZAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://izzan.stai-sabili.net/index.php/JM/article/view/2

Harianja, A. L., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Bermain Peran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871–4880. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5159

Hasdiana, U. (2018). Membangun pembelajaran interaktif melalui kegiatan bermain alat permainan edukatif. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/

Hidayah, A. N., Diana, D., & Setiawan, D. (2022). Kegiatan Bermain Peran Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Pada Kelompok Bermain Birrul Walidain Sragen. Jurnal Pendidikan, 31(1), 01-08. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1959

Irmalia, S. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal El-Hamra (Kependidikan Dan Kemasyarakatan), 5(1), 31–37. http://ejournal.el-hamra.id/index.php/el/index

Ismaiyah, N. (2022). Pengembangan Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Peran di Masa Pandemi. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 38–47. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i1.5543

Jeon, L., Buettner, C. K., Grant, A. A., & Lang, S. N. (2019). Early childhood teachers’ stress and children’s social, emotional, and behavioral functioning. Journal of Applied Developmental Psychology, 61, 21–32. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2018.02.002

Karisma, W. T., Prasetiyawati, D., & Karmila, M. (2020). Peran Orangtua Dalam Menstimulasi Pengelolaan Emosi Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 94–102. https://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/6144

Khodijah, H., Khadijah, & Rahmida. (2023). Pentingnya Mendengarkan Anak Dalam Islam Dengan Cara Mengelola Emosi Anak. Tahun 2023 Journal Islamic Education, 1(3), 465–474. https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/index

Listyaningrum, E. M. (2022). Strategi Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Sederhana. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(03), 19–24. https://widyasari-press.com/wp-content/uploads/2022/09/3.-Eunike-Milasari-Listyaningrum-Strategi-Pengembangan-Sosial-Emosional-Anak-Usia-Dini-Melalui-Kegiatan-Bermain-Sederhana.pdf

Lubis, M. Y. (2019a). Mengembangkan sosial emosional anak usia dini melalui bermain. Generasi Emas, 2(1), 47. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301

Lubis, M. Y. (2019b). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Generasi Emas, 2(1), 47–58. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301

Maghfiroh, A. S., Usman, J., & Nisa, L. (2020). Penerapan metode bermain peran terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di paud/kb al-munawwarah pamekasan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.2978

Maulinda, R., Muslihin, H. Y., & Sumardi. (2020). Analisis Kemampuan Mengelola Emosi Anak Usia 5-6 Tahun (Literature Riview). Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 300–313.

Mintarsih, W. (2013). Peran Terapi Keluarga Eksperiensial Dalam Konseling Anak Untuk Mengelola Emosi. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 8(2), 291. https://doi.org/10.21580/sa.v8i2.658

Nasution, I. N., & Septiani, D. (2017). Perkembangan regulasi emosi anak dilihat dari peran keterlibatan ayah dalam pengasuhan. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 1(1), 23-30. https://jurnal.univrab.ac.id/index.php/psi/article/view/330

Nurhayati, S., Zarkasih Putro, K., dan Permainan Anak Usia Dini, B., Nur Hayati, S., & Sunan Kalijaga Yogyakarta, U. (2021). Bermain dan permainan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam Usia Dini, 4 (1), 1–13. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/6985/3381

Putra, A. (2020). Dampak Peran Orang Tua Asuh terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Psikologi Anak, 8(2), 101–115. 10.24235/awlady.v3i1.1331

Rahiem, M. D. H. (2023). Orang Tua dan Regulasi Emosi Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 6(1), 40–50. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.441

Ruli, E. (2020). TUGAS DAN PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDK ANAK. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 143-146. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/428

Safita, M., & Eliza, D. (2022). Mengembangkan Kemampuan Sosial Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia Dini di Masa Covid-19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1), 1914–1918. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i1.2692

Siregar, D. M., Simatupang, E. M., Harahap, T. A. H., Yus, A., & Simaremare, A. (2022). Analisis Efektifitas Model Belajar Bermain Berbasis Proyek Tema Ling-kunganku Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Social Interactions and Humani-ties, 1(1), 27-36. https://doi.org/10.55927/jsih.v1i1.453

Vienlentia, R. (2021). Peran Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Regulasi Emosi Anak Dalam Belajar. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 5(2), 35–46. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v5i2.775

Published

2024-07-02