Peran Orang Tua dalam Mengelola Emosi Anak Usia Dini melalui Bermain
Keywords:
Emotional Development, Parents, Early Childhood, Play ActivitiesAbstract
References
Campbell, S. B., Denham, S. A., Howarth, G. Z., Jones, S. M., Whittaker, J. V., Williford, A. P., Willoughby, M. T., Yudron, M., & Darling-Churchill, K. (2016). Commentary on the review of measures of early childhood social and emotional development: Conceptualization, critique, and recommendations. Journal of Applied Developmental Psychology, 45, 19–41. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2016.01.008
Ckurnia, N., Haerudin, D. A., & Solihati, A. (2018). Meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini melalui bermain peran. Jurnal Pelita PAUD, 2 (1). 63–76. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i1.190
DHIU, K. D., & FONO, Y. M. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i1.1328
Gunawan, M. T. R., & Hoerudin, C. W. (2022). Kesadaran Emosi Anak Usia Dini. IZZAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://izzan.stai-sabili.net/index.php/JM/article/view/2
Harianja, A. L., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Bermain Peran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871–4880. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5159
Hasdiana, U. (2018). Membangun pembelajaran interaktif melalui kegiatan bermain alat permainan edukatif. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/
Hidayah, A. N., Diana, D., & Setiawan, D. (2022). Kegiatan Bermain Peran Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Pada Kelompok Bermain Birrul Walidain Sragen. Jurnal Pendidikan, 31(1), 01-08. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1959
Irmalia, S. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal El-Hamra (Kependidikan Dan Kemasyarakatan), 5(1), 31–37. http://ejournal.el-hamra.id/index.php/el/index
Ismaiyah, N. (2022). Pengembangan Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Peran di Masa Pandemi. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 38–47. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i1.5543
Jeon, L., Buettner, C. K., Grant, A. A., & Lang, S. N. (2019). Early childhood teachers’ stress and children’s social, emotional, and behavioral functioning. Journal of Applied Developmental Psychology, 61, 21–32. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2018.02.002
Karisma, W. T., Prasetiyawati, D., & Karmila, M. (2020). Peran Orangtua Dalam Menstimulasi Pengelolaan Emosi Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 94–102. https://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/6144
Khodijah, H., Khadijah, & Rahmida. (2023). Pentingnya Mendengarkan Anak Dalam Islam Dengan Cara Mengelola Emosi Anak. Tahun 2023 Journal Islamic Education, 1(3), 465–474. https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/index
Listyaningrum, E. M. (2022). Strategi Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Sederhana. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(03), 19–24. https://widyasari-press.com/wp-content/uploads/2022/09/3.-Eunike-Milasari-Listyaningrum-Strategi-Pengembangan-Sosial-Emosional-Anak-Usia-Dini-Melalui-Kegiatan-Bermain-Sederhana.pdf
Lubis, M. Y. (2019a). Mengembangkan sosial emosional anak usia dini melalui bermain. Generasi Emas, 2(1), 47. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301
Lubis, M. Y. (2019b). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Generasi Emas, 2(1), 47–58. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301
Maghfiroh, A. S., Usman, J., & Nisa, L. (2020). Penerapan metode bermain peran terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di paud/kb al-munawwarah pamekasan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.2978
Maulinda, R., Muslihin, H. Y., & Sumardi. (2020). Analisis Kemampuan Mengelola Emosi Anak Usia 5-6 Tahun (Literature Riview). Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 300–313.
Mintarsih, W. (2013). Peran Terapi Keluarga Eksperiensial Dalam Konseling Anak Untuk Mengelola Emosi. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 8(2), 291. https://doi.org/10.21580/sa.v8i2.658
Nasution, I. N., & Septiani, D. (2017). Perkembangan regulasi emosi anak dilihat dari peran keterlibatan ayah dalam pengasuhan. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 1(1), 23-30. https://jurnal.univrab.ac.id/index.php/psi/article/view/330
Nurhayati, S., Zarkasih Putro, K., dan Permainan Anak Usia Dini, B., Nur Hayati, S., & Sunan Kalijaga Yogyakarta, U. (2021). Bermain dan permainan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam Usia Dini, 4 (1), 1–13. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/6985/3381
Putra, A. (2020). Dampak Peran Orang Tua Asuh terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Psikologi Anak, 8(2), 101–115. 10.24235/awlady.v3i1.1331
Rahiem, M. D. H. (2023). Orang Tua dan Regulasi Emosi Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 6(1), 40–50. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.441
Ruli, E. (2020). TUGAS DAN PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDK ANAK. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 143-146. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/428
Safita, M., & Eliza, D. (2022). Mengembangkan Kemampuan Sosial Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia Dini di Masa Covid-19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1), 1914–1918. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i1.2692
Siregar, D. M., Simatupang, E. M., Harahap, T. A. H., Yus, A., & Simaremare, A. (2022). Analisis Efektifitas Model Belajar Bermain Berbasis Proyek Tema Ling-kunganku Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Social Interactions and Humani-ties, 1(1), 27-36. https://doi.org/10.55927/jsih.v1i1.453
Vienlentia, R. (2021). Peran Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Regulasi Emosi Anak Dalam Belajar. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 5(2), 35–46. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v5i2.775