Urgensi Kebijakan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Deasy Natalia Natalia Raudahatul Athfal (RA) Hijratul Fath, Cimahi
  • Sharina Munggaraning Westhisi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi https://orcid.org/0000-0002-8827-9282

Keywords:

Policies, Assessments, Children With Special Needs

Abstract

Yang menjadi alasan penting dalam penelitian ini adalah kurangnya pengetahuan dalam hal asesmen pada pendidik dalam menangani anak berkebutuhan khusus atau implementasi asesmen. Maka dari itu penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pentingnya asesmen sebagai rancangan tindak lanjut dari proses identifikasi.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur (studi kepustakaan). Jenis data yang digunakan oleh peneliti adalah data sekunder yaitu data yang sudah ada sebelumnya dan dengan sengaja dikumpulkan oleh peneliti untuk digunakan agar dapat melengkapi kebutuhan penelitian. Data yang sudah diperoleh  lalu dikompulasi, dianalisis dan disimpulkan sehingga mendapatkan kesimpulan mengenai studi literatur.  Hasil dari penelitian adalah sebuah asesmen dimana ini merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh pendidik terhadap anak berkebutuhan khusus dan akan menjadi gambaran utama untuk menentukan pembelajaran, program pembelajaran individual, evaluasi dan laporan terhadap orang tua juga asesmen selanjutnya dapat mengantisipasi hambatan-hambatan yang terjadi di lapangan agar proses pembelajaran tetap mampu dilaksanakan dengan maksimal.

An important reason for this research is the lack of knowledge regarding assessments among educators in dealing with children with special needs or the implementation of evaluations. Therefore, this research aims to determine the importance of assessment as a follow-up design to the identification process. The method used in this research is a literature study (library study). The type of data used by researchers is secondary data, namely data that previously existed and was deliberately collected by researchers to be used to complete research needs. The data that has been obtained is then compiled, analyzed, and concluded to obtain conclusions regarding the literature study. The result of the research is an assessment, which is an important thing that educators must do with children with special needs and will be the main picture for determining learning, individual learning programs, evaluations, and reports to parents, as well as further assessments to anticipate obstacles that occur in the field so that the learning process can still be carried out optimally.

References

Agustin, I. (2019). Penerapan identifikasi, asesmen dan pembelajaran bagi Anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar Penyelenggara pendidikan inklusi. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 72-80. https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p72-80

Binarani, B. B., Zahara, D., & Setiawan, D. A. (2021, June). Asesmen perkembangan sosio-emosi pada anak berkebutuhan khusus. In Seminar Nasional Psikologi UM (Vol. 1, No. 1, pp. 71-77).

Dewi, D. P. (2018). Asesmen sebagai upaya tindak lanjut kegiatan identifikasi terhadap anak berkebutuhan khusus. Wahana, 70(1), 17-24. https://doi.org/10.36456/wahana.v70i1.1563

Eviani, D. (2020). Pentingnya Program Khusus Bina Diri Dan Bina Gerak Pada Anak Cerebral Palsy. https://repo-dosen.ulm.ac.id/handle/123456789/13355

Hamzah, S. I., Djuko, R. U., & Juniarti, Y. (2020). Asesmen terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Abk). Jambura Early Childhood Education Journal, 2(1), 109-123. https://doi.org/10.37411/jecej.v2i1.120

Hasbullah. A. (2020). Analisis Asesmen Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus Di Tk Putra Harapan Purwokerto Barat (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto). https://repository.uinsaizu.ac.id/9612/1/Anam%20Hamdan%20Hasbulloh_Analisis%20Asesmen%20Perkembangan%20Anak%20Berkebutuhan%20Khusus%20di%20TK%20Putra%20Harapan%20Purwokerto%20Barat.pdf

Indira, E. W. M. (2019). Kurikulum PAUD Inklusi Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 575-578).

Irvan, M. (2020). Urgensi identifikasi dan asesmen anak berkebutuhan khusus usia dini. Jurnal Ortopedagogia, 6(2), 108-112.http://dx.doi.org/10.17977/um031v6i22020p108-112

Komarudin, K., & Winarsih, T. (2020, December). Pelatihan Asesmen Dasar Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Guru TK KKG Gugus Balecatur Gamping Sleman. In Prosiding University Research Colloquium (pp. 30-35). https://drpm.uny.ac.id/pelatihan-asesmen-siswa-berkebutuhan-khusus-untuk-guru-tk-di-yogyakarta

Minsih, M., Slamet, P. H., & Mujahid, I. (2018). EQUALITY OF LEARNING FOR CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS: CASE STUDIES AT THE ELE-MENTARY SCHOOL LEV-EL. Opción, 34(86), 2667-2674. https://www.researchgate.net/profile/Minsih-Minsih/publication/332569129_Equality_of_learning_for_children_with_special_needs_Case_studies_at_the_elementary_school_level/links/5d29c771299bf1547cb1dd4f/Equality-of-learning-for-children-with-special-needs-Case-studies-at-the-elementary-school-level.pdf

Novianti, R., Santoso, Y. B., Ridwan, P. G., & Effendi, Z. R. (2017). Peningkatan Kapasitas Guru Dalam Melakukan Identifikasi Dan Asesmen Kemampuan Prasyarat Membaca Dan Membaca Permulaan Pada Anak Dengan Hambatan Membaca Di Tingkat Sekolah Dasar. Inclusive: Journal of Special Education, 3(1). Pp, 79-93.

Nugraheni, P. P., Salim, A., & Hidayatullah, M. F. (2019). Teachers’ Knowledge and Understanding Toward Learning-Friendly Education for Children with Disabilities in Inclusive School. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(1), 60-65. http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v6i1.490

Pratiwi, J, C. (2015). Sekolah Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan terhadap Tantangan Kedepannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan "Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi," November, 237-242. http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v6i1.490

Rahmawan, D. I. (2020, July). Analisis Asesmen Pendidikan Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus. In The Indonesian Conference on Disability Studies and In-clusive Education (Vol. 1, pp. 47-62). https://conference.uin-suka.ac.id/index.php/icodie/article/view/8

Rochyadi, E. (2010). Pengaruh Kesadaran Linguistik dan Kesadaran Persepsi Visual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(7), 75-89. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i7.510

Sofyan, H. A., & Yowono, I. (2014). Penerapan Identifikasi, Asesmen dan Pembelajaran Pada Anak Autis di Sekolah Dasar Inklusif. Jurnal Penelitian dan Pengembang Pendidikan Luar Biasa, 1(1), 15-21

Windarsih, C. A., Jumiatin, D., Efrizal, E., Sumini, N., & Utami, L. O. (2017). Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif Dikota Cimahi Jawa Barat. P2m Stkip Siliwangi, 4(2), 7-11. https://doi.org/10.22460/p2m.v4i2p7-11.636

Westhisi, S. M. (2020). Aku Istimewa, Aku Bisa”: Membaca Permulaan Bahasa Inggris melalui Metode Fonik bagi Anak Speech Delay. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 81-94. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-07

Yeni, N., Zahro, I. F, (2020). Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Model Pembelajaran Reggio Emilia.CERIA (Cerdas Energik Re-sponsif Inovatif Adaptif), 3(3), 250-259. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i3.p250-259

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004). Cet. II

Published

2024-09-16