Pembiasaan Apel Pagi sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Disiplin Anak Usia Dini
Keywords:
Merdeka of Curriculum, Morning Apple, DisciplineAbstract
References
Akbar, R. F. (2015). Analisis persepsi pelajar tingkat menengah pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1), 189–210. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.791.
Farida, A. (2023). Pilar-pilar pembangunan karakter remaja: Metode pembelajaran ap-likatif untuk guru sekolah menengah. Bandung: Nuansa Cendekia.
Firdaus, F. (2020). Esensi reward dan punishment dalam diskursus pendidikan agama islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 19-29. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4882
Harahap, E. F., Roaina, L., & Batubara, N. S. A. (2023). Kurangnya persiapan guru da-lam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian (rpph) di TK X. Jurnal Sen-tra Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 31-35. https://doi.org/10.51544/sentra.v2i1.3557
Harjanty, R., & Mujtahidin, S. (2022). Menanamkan Disiplin Pada Anak Usia Dini. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 3 (1), 271–286. https://doi.org/10.55681/nusra.v3i1.157.
Hasanah, N. M. (2019). Penyelenggaraan jalur pendidikan formal dan nonformal: studi kasus di PAUD terpadu salsabila Al-Muthi'in Yogyakarta. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 84-97. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.462
Krisnawati, L. (2022). Implementation of morning apple activities in improving discipline and responsibility character at Madrasah Tsanawiyah Al-Akbar Senepo Slahung Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo). https://etheses.iainponorogo.ac.id/18471/
Lestariningrum, A. (2022, August). Konsep pembelajaran terdefirensiasi dalam Kuriku-lum Merdeka jenjang PAUD. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pen-didikan Dan Pembelajaran) (Vol. 5, pp. 1179-1184). https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2504
Lusi, S., Al Hidaya, A., & Akbar, E. (2021). Metode pembiasaan dalam menumbuhkan perilaku sabar pada anak di Raudhatul Athfal Buntul Temil. EDUSOSHUM: Journal of Islamic Education and Social Humanities, 1(2), 32-43.
Noverita, H., & Westhisi, S. M. (2021). Pembelajaran literasi finansial dalam perkem-bangan sosioemosional anak usia dini melalui kegiatan menabung di RA Nurul Yusro. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(5), 539-543. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i5.p%25p
Rahayu, T., Syafril, S., Wekke, I. S., & Erlinda, R. (2019, September 15). Teknik menulis review literatur dalam sebuah artikel ilmiah. https://doi.org/10.31227/osf.io/z6m2y
Retnaningsih, E. L., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8 (1), 143–158. https://doi.org/10.29062/seling.v8i2.1223
Setiyabudi, A. (2018). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Apel pagi di MI Negeri Paju Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Pono-rogo). https://etheses.iainponorogo.ac.id/5238/1/SKRIPSI%20ALA.pdf
Sholikhah, A. (1970). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10 (2), 342–362. https : // doi.org /10.24090 /komunika. v10i2. 953.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif. R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukra, N., & Wirman, A. (2019). Penanaman Disiplin Melalui Kegiatan Upacara Bendera Di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 03 Alai Padang. Jurnal Warna, 3(1), 31–40. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/90434523/154-280-1-SM-libre.pdf?1661825833=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DPenanaman_Disiplin_Melalui_Kegiatan_Upac.pdf&Expires=1731584200&Signature=JSkuFVNXwCCIY2aOwm57oFF2705e3clt~XaqEGIjoILwP99g6vbBKG~20se0yzcUOTr9XTIf2ZuCsWjxoBuPMLyhYaP2x---SnOfkCNlO3~OiYhjLoL5GLjnuIBogky1rpkp354~~nDWhX5mPE0KX8dzCWk6E-TvX0W31QtfChOa8vtZmQ3IR3z06FNizIgIkt4uqJZyj5fDgMbg6nr9MtP4VU~3S20LoH0wOGtxgeONKcuzfIlD4t4sXRuuP-GEW5wF3X0Gmq4cbropV71Dj-S38eb7mSuVNUyMAjiYfOzoBY3-CCxdtt56Rjx6vgi3hL0KwwmSkFhlA2X4B15kQw__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia No. 41. (2003). Presiden republik Indonesia
Warsito, W. (2018). Peningkatan Sikap Kedisiplinan Melalui Apel pagi Siswa Min Nglawu Sukoharjo. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1 (2), 155–161. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i2.27