Dampak Kegiatan Menggunting Dengan Pola terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Anak Usia Din

Authors

  • Nurjanah Nurjanah Raudhatul Athfal (RA) Syech Qurro Al-alawi, Kab. Karawang
  • Andrisyah Andrisyah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

Keywords:

Fine Motor Skills, Cutting Activities

Abstract

Tumbuh kembangnya anak sangat di pengaruhi oleh semakin berkembangnya motorik halus pada anak. Anak-anak sering mengalami kendala ketika jari-jarinya digerakkan pada saat melakukakan kegiatan seperti menggunting dan menggambar. Sebagian anak terlihat mengalami keterlambatan dalam keterampilan motorik halusnya dalam kegiatan menggunting, Dari penelitian ini ditemukan ada 15 anak dari total 18 anak yang belum mampu menggunting tanpa pola, yang mana hanya mampu menggunting bebas seperti menggunting kertas kecil-kecil, menggunting pinggir kertas dan menggunting lurus. Oleh karena itu perkembangan motorik halus sebaiknya dikembangkan pada keseharian anak melalui pembelajaran yang diberikan oleh guru melalui kegiatan mengguntingTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak kegiatan menggunting dengan pola terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A. Pada Kelompok A di RA Syech Qurro Al-alawi di Desa Cikampek Utara Kecamatan Kota Baru Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan desain dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Wawancara, oservasi dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data penelitian ini. Analisis Data tahapan analisis miles and Huberman melalui tahapan reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan menggunting dengan pola setelah dilakukan pertemuan selama 5 kali dengan hasil penelitian menunjukkan menggunting dengan pola memberikan dampak positif terhadap perkembangan motorik halus anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan dilakukan kegiatan menggunting dengan pola secara bertahap dapat memberikan dampak positif terhadap kemampuan motorik halus pada anak kelompok A.   A child's growth and development are greatly influenced by the development of fine motor skills in children. Children often experience problems moving their fingers when doing activities such as cutting and drawing. Some children appear to experience delays in their fine motor skills in cutting activities. From this research, it was found that there were 15 children out of a total of 18 children who were not able to cut without a pattern, and who were only able to cut freely, such as cutting small pieces of paper, cutting the edge of the paper, and cutting straight. Therefore, fine motor development should be developed in children's daily lives through learning provided by teachers through cutting activities. This research aims to determine the impact of patterned cutting activities on the fine motor skills of group A children. In Group A at RA Syech Qurro Al-alawi in North Cikampek Village, Kota Baru District, Karawang Regency. This research uses a qualitative design with a qualitative descriptive approach. Interviews, observations, and documentation are the data collection techniques for this research. Data analysis of the Miles and Huberman analysis stages through data reduction, data display, and verification stages. The results of the research showed that there was an increase in the ability to cut with patterns after 5 meetings, with the results of the research showing that cutting with patterns had a positive impact on the development of children's fine motor skills. This research concludes that carrying out cutting activities in a gradual pattern can have a positive impact on fine motor skills in group A children.

References

Afiyanti, Y., & Rachmawati, I. N. (2014). Metodologi penelitian kualitatif dalam keperawatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Asmara, B. (2020). Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting pada anak usia dini di kelompok A TK Khadijah Surabaya. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 11-23. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v6i1.3624

Fitriah, I. (2023). Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting dan menempel dengan berbagai media pada kelompok B di TKS Islam Widya Cendekia Kota Serang. Jurnal Profesi Pendidikan, 4(1), 229-238. https://core.ac.uk/download/pdf/590049883.pdf

Mahnim, B. (2019). Meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting bentuk geometri pada kelompok B TK PGRI 10 Sukadana. Jurnal Edukasi dan sains, 1(2), 210-219. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/408

Murtining, H. (2018). Meningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggunting dengan berbagai media pada kelompok B TK Dharma Wanita Tawangrejo. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 6(1), 28-40. https://doi.org/10.25273/jcare.v6i1.3094

Nasution, N. K. (2019). Perkembangan anak usia dini (AUD) di TK Aisyiyah: Problematika dan solusi. Jurnal Penelitian Keislaman, 15(2), 130-143. https://core.ac.uk/download/pdf/287169561.pdf

Nofianti, R. (2020). Upaya meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggunting dengan menggunakan pola pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 13(1), 115-130. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/897

Usriyati, U. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui media menggunting dan menempel Di TK Islam Bustanul Athfal Karangampel Kabupaten Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(03), 252-261. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1654

Yuliawati, A., Zulianti, P., & Puspitasari, E. (2023). Analisis kemampuan motorik halus dan kreativitas pada anak usia dini melalui kegiatan kolase. Edu Happiness: Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 2(1), 89-101. https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v2i1.162

Published

2024-11-14