Implementasi Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini
Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v8i1.26564Keywords:
Arab Language, Early Childhood, Singing MethodAbstract
Bahasa arab merupakan salah satu bahasa yang dapat diajarkan kepada anak usia dini. Pembelajaran bahasa arab kepada anak, dapat dilakukan melalui metode bernyanyi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi atau pelaksanaan metode bernyanyi dalam mengajarkan bahasa arab kepada anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik observasi dalam mengamati proses penelitian terhadap anak-anak di RA HM sebagai subjek penelitian. Teknik analisis yang digunakan berupa tiga tahap dimana tahap pertama yaitu pengolahan data, penganalisisan data dan penafsiran hasil analisis. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa memang anak lebih menyukai metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa arab. Dalam hal ini, guru menggunaka tema yang bermacam-macam seperti warna, angka, dan benda lainnya. Selain itu guru juga mengemas pembelajaran bahasa arab anak dengan menampilkan poster atau gambar saat mengenalkan kosakata kepada anak, sehingga metode ini juga dinilai sebagai metode yang efektif dalam pembelajaran bahasa arab anak.
Arabic is one of the languages that can be taught to young children. Learning Arabic for children can be done through singing. This research aims to determine the implementation of the singing method in teaching Arabic to children. The method used in this research is a descriptive method using a qualitative approach. In this study, researchers used observation techniques to observe the research process of children at RA HM as research subjects. The analysis technique used is in three stages, where the first stage is data processing, data analysis, and interpretation of the analysis results. The results of the research show that children prefer the singing method in learning Arabic. In this case, the teacher uses various themes such as colors, numbers, and other objects. Apart from that, teachers also package children's Arabic language learning by displaying posters or pictures when introducing vocabulary to children, so this method is also considered an effective method in children's Arabic language learning.
References
Aprilia, N. F., Hafiza, H., & Sholihah, M. (2024). Metode pembelajaran bahasa arab untuk anak usia dini berbasis fun-based learning. Alzam: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 33-39. https://doi.org/10.51675/alzam.v4i2.930
Muzayin, A., & Sugiharyati, M. F. (2023). Pembelajaran bahasa arab pada anak usia dini untuk memahami Al-qur’an. Ash-Shobiy: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan Al-Qur'an, 2(1), 41-53. https://doi.org/10.33511/ash-shobiy.v2n1.41-53
Malahati, F., B, A. U., Jannati, P., Qathrunnada, Q., & Shaleh, S. (2023). Kualitatif : memahami karakteristik penelitian sebagai metodologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 341–348. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.902
Munawwarah, H., & Hibana, H. (2022). Implementasi pengenalan kosakata bahasa arab pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5454–5462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2989
Puspitasari, D., Gea, G. A. W., Hura, M., Limu, N. L. H., Telaumbanua, V. A., & Setia, Y. (2023). Pengaruh metode bernyanyi pada perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.24246/audiensi.vol3.no12024pp1-10
Raharjo, H., & Siswanto, N. D. (2021). Penerapan strategi total physical response, bernyanyi, dan permainan edukatif pada pembelajaran bahasa arab untuk anak usia dini. Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 41. https://doi.org/10.29240/zuriah.v2i1.3363
Ramadhan, S. (2017). Strategi pembelajaran bahasa arab pada anak usia dini Saidah Ramadhan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Utile : Jurnal Kependidikan, 3(2), 180–189. https://doi.org/https://doi.org/10.37150/jut.v3i2.75
Ridwan, R., & Awaluddin, A. F. (2019). Penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa arab di Raodhatul Athfal. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 13(1), 56–67. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.252
Rizky, M., & Idawati, I. (2024). Analisis hubungan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan menulis kalimat efektif : Studi mahasiswa PGMI. Jurnal Cakrawala Akademika, 1(1), 1-9.. https://jurnalpustakacendekia.com/index.php/jca/article/view/1
Tasya, A. M. (2021). Strategi pembelajaran bahasa arab. Prosiding seminar nasional mahasiswa bahasa arab, 202–215. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/786/734
Ummah, N., & Ratnaningsih, H. A. (2024). Implementasi metode bernyanyi dalam pembelajaran kosakata bahasa arab pada anak kelompok B di Ra Miftahul Huda Nogosari: implementation of singing method in learning arabic vocabulary in group b children at RA Miftahul Huda Nogosari. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(5), 1739–1749. https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/739
Yunita, Y., Aini, S. Q., Putra, A. A., Siregar, R., & Annisa, N. (2023). Pengenalan Mu-frodat Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini Di Sekolah TAUD Al-Fatih Pekanba-ru. Community Education Engagement Journal, 4(2), 17-26. https://doi.org/10.25299/ceej.v4i2.11293