Kontribusi Program Parenting terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Systematic Literature Review

Authors

  • Rafika Sita Camalia Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Kab. Tasikmalaya
  • Lutfi Nur Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Kab. Tasikmalaya
  • Purwati Purwati Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya, Kab. Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v8i1.26634

Keywords:

Parenting Program, Character Education, Early Childhood

Abstract

Pembentukan karakter pada anak usia dini menjadi tantangan kompleks di era modern akibat pengaruh teknologi dan perubahan pola asuh dalam keluarga. Untuk menghadapi tantangan tersebut, diperlukan pendekatan holistik dalam pola asuh anak, termasuk program yang melibatkan peran aktif orang tua. Penelitian ini bertujuan menganalisis kontribusi program parenting terhadap pendidikan karakter anak usia dini dengan pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Sebanyak 11 artikel relevan diseleksi melalui kriteria inklusi-eksklusi dan metode PRISMA. Artikel diperoleh dari pencarian kata kunci relevan di Google Scholar menggunakan aplikasi Publish or Perish. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan tematik, yaitu identifikasi pola dan tema utama dari artikel yang terpilih, meliputi pendekatan, hasil yang dicapai, serta relevansi program parenting terhadap pembentukan karakter anak. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa program parenting mempunyai peran yang signifikan dalam memperluas pengetahuan orang tua, mempererat hubungan antara keluarga dan sekolah, serta memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan karakter anak. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa teknologi digital, seperti platform pembelajaran dare dan media sosial, dapat membantu orang tua dalam mendukung pembentukan karakter anak dengan menyediakan panduan pengasuhan yang mudah diakses. Implikasi penelitian ini pentingnya program parenting yang terstruktur untuk mensinergikan pendidikan di rumah dan sekolah, mendukung perkembangan karakter anak, dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan masa depan.   Character formation in early childhood is a complex challenge in the modern era due to the influence of technology and changes in family parenting patterns. To face these challenges, a holistic approach is needed in childcare patterns, including programs that involve the active role of parents. This study aims to analyze the contribution of parenting programs to early childhood character education using the Systematic Literature Review (SLR) approach. A total of 11 relevant articles were selected through inclusion-exclusion criteria and the PRISMA method. Articles were obtained by searching for relevant keywords on Google Scholar using the Publish or Perish application. Data analysis was carried out using a thematic approach, namely identifying the main patterns and themes of the selected articles, including the approach, results achieved, and the relevance of parenting programs to children's character formation. The results of the study revealed that parenting programs have a significant role in expanding parents' knowledge, strengthening the relationship between family and school, and making a positive contribution to children's character formation. In addition, this study found that digital technology, such as the Dare learning platform and social media, can help parents support children's character formation by providing easily accessible parenting guides. The implication of this research is the importance of a structured parenting program to synergize education at home and school, support children's character development, and prepare them to face future challenges.

References

Andhika, M. R. (2021). Peran orang tua sebagai sumber pendidikan karakter bagi anak usia dini. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 73. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466

Chumaerotin, S., Munawar, M., & Karmila, M. (2021). Pentingnya program parenting pada era globalisasi di lembaga PAUD. In Seminar Nasional Paud 2019 (pp. 186-194). https://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/434

Dayat, D., & Kalvin Edo Wahyudi. (2024). Efektivitas kelas parenting dalam meningkatkan pola asuh anak di Kelurahan Banyu Urip. VISA: Journal of Vision and Ideas, 4(2), 263–272. https://doi.org/10.47467/visa.v4i2.1705

Devianti, R. (2020). Pendidikan karakter untuk anak usia dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(02), 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150

Gultom, A. L., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2021). Faktor-faktor penghambat pelaksanaan kegiatan parenting di paud/tk dharma wanita persatuan Kota Bengkulu. Jurnal Pena PAUD, 2(1), 17-17. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.14140

Haryanti, D., Milata, S., & Ansory, A. L. (2021). Penanaman pendidikan karakter anak usia dini melalui penerapan program parenting di TK Alam Bangka Beli-tung. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 1(2), 11-20. https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/IJIGAEd/article/view/3348

Kristanti, E., & Sari, N. P. (2021). Optimalisasi parenting pada wali murid Paud “Kartini” melalui bimbingan kelompok sebagai upaya pembentukan karakter anak. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 5–12. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5453%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/5453/pdf

Latif, M. A., Amir, R., Marzuki, K., Gaffar, F., & Nurhayati, S. (2023). Kolaborasi strategis lembaga paud dan orang tua di era digital melalui program parenting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3169–3180. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4485

Lasmini, L., Septiani, B., Aisyah, S., Selvia, E., & Putri, Y. F. (2022). Konsep dan tahapan pembentukan program parenting. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(02), 275–280. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i02.184

Majid, A. N., & Aini, N. L. (2024). Implementasi program parenting education di Universitas Al-Amien Prenduan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. seulanga, 3(1), 13-24. https://doi.org/10.47655/0tre5k61

Mustarsida, U., Maarif, M. A., & Rusydi, I. (2023). Manajemen pengembangan karakter anak usia dini melalui kegiatan parenting. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(4), 855–866. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i4.689

Nurjanah, K. (2019). Pelaksanaan program parenting di Paud Terpadu Yayasan Putra Putri Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 40–51. https://doi.org/10.21831/diklus.v1i1.23851

Risna, I., Fricticarani, A., Havita, V. N., Lestari, P., Ardiansyah, S., Rohimah, I., & Fitri-yah, S. (2023, December). Positif parenting dalam menumbuhkan karakter anak usia dini. In Prosiding Seminar Umum Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 2, pp. 302-307). http://conferences.lppmbinabangsa.ac.id/index.php/seumpama/article/view/36

Safitri, E., & Fatmawati, S. (2023). Pentingnya program parenting bagi orang tua terhadap perkembangan karakter anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 20-30. https://journal.almaarif.ac.id/index.php/bunayya/article/view/193

Sari, A. M., Susanti, R., & Rusdiana, N. (2024). Implementasi parenting positif dalam meningkatkan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (1), 1–10. https://doi.org/10.47134/paud.v2i1.934

Siti Sholichah, A., & Ayuningrum, D. (2021). Efektifitas kegiatan kajian parenting dalam meningkatkan kesadaran orang tua terhadap pengasuhan anak usia dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.41

Page MJ, McKenzie, JE, Bossuyt, PM, Boutron, I., Hoffmann, TC, Mulrow, CD, Shamseer, L., Tetzlaff, JM, & Moher, D. (2021). Pernyataan PRISMA 2020 : Pedoman terbaru untuk pelaporan observasi sistematis . PLOS Med, 18 (3), e1003583 . https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1003583.

Puspitasari, W. D., Santoso, E., & Rodiyana, R. (2021). Sistematic literatur review: media komik dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 737–743. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1202

Zahidah, U., Rizki Afifa, F., Trisia, E., Nopita Sari, S., & Putri, Y. F. (2022). Program parenting : konsep dan tahapan pembentukan program parenting. JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01), 175–183. https://doi.org/10.62668/jimr.v1i01.236

Zahro, F. (2022). Manajemen kegiatan parenting dalam membentuk karakter anak. Educare: Jurnal Ilmu Pendidikan, 01(02), 92–103. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3201905&val=28192&title=MANAJEMEN%20KEGIATAN%20PARENTING%20DALAM%20MEMBENTUK%20KARAKTER%20ANAK

Published

2025-02-01