Kontribusi Program Parenting terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Systematic Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v8i1.26634Keywords:
Parenting Program, Character Education, Early ChildhoodAbstract
References
Andhika, M. R. (2021). Peran orang tua sebagai sumber pendidikan karakter bagi anak usia dini. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 73. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466
Chumaerotin, S., Munawar, M., & Karmila, M. (2021). Pentingnya program parenting pada era globalisasi di lembaga PAUD. In Seminar Nasional Paud 2019 (pp. 186-194). https://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/434
Dayat, D., & Kalvin Edo Wahyudi. (2024). Efektivitas kelas parenting dalam meningkatkan pola asuh anak di Kelurahan Banyu Urip. VISA: Journal of Vision and Ideas, 4(2), 263–272. https://doi.org/10.47467/visa.v4i2.1705
Devianti, R. (2020). Pendidikan karakter untuk anak usia dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(02), 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150
Gultom, A. L., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2021). Faktor-faktor penghambat pelaksanaan kegiatan parenting di paud/tk dharma wanita persatuan Kota Bengkulu. Jurnal Pena PAUD, 2(1), 17-17. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.14140
Haryanti, D., Milata, S., & Ansory, A. L. (2021). Penanaman pendidikan karakter anak usia dini melalui penerapan program parenting di TK Alam Bangka Beli-tung. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 1(2), 11-20. https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/IJIGAEd/article/view/3348
Kristanti, E., & Sari, N. P. (2021). Optimalisasi parenting pada wali murid Paud “Kartini” melalui bimbingan kelompok sebagai upaya pembentukan karakter anak. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 5–12. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5453%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/5453/pdf
Latif, M. A., Amir, R., Marzuki, K., Gaffar, F., & Nurhayati, S. (2023). Kolaborasi strategis lembaga paud dan orang tua di era digital melalui program parenting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3169–3180. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4485
Lasmini, L., Septiani, B., Aisyah, S., Selvia, E., & Putri, Y. F. (2022). Konsep dan tahapan pembentukan program parenting. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(02), 275–280. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i02.184
Majid, A. N., & Aini, N. L. (2024). Implementasi program parenting education di Universitas Al-Amien Prenduan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. seulanga, 3(1), 13-24. https://doi.org/10.47655/0tre5k61
Mustarsida, U., Maarif, M. A., & Rusydi, I. (2023). Manajemen pengembangan karakter anak usia dini melalui kegiatan parenting. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(4), 855–866. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i4.689
Nurjanah, K. (2019). Pelaksanaan program parenting di Paud Terpadu Yayasan Putra Putri Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 40–51. https://doi.org/10.21831/diklus.v1i1.23851
Risna, I., Fricticarani, A., Havita, V. N., Lestari, P., Ardiansyah, S., Rohimah, I., & Fitri-yah, S. (2023, December). Positif parenting dalam menumbuhkan karakter anak usia dini. In Prosiding Seminar Umum Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 2, pp. 302-307). http://conferences.lppmbinabangsa.ac.id/index.php/seumpama/article/view/36
Safitri, E., & Fatmawati, S. (2023). Pentingnya program parenting bagi orang tua terhadap perkembangan karakter anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 20-30. https://journal.almaarif.ac.id/index.php/bunayya/article/view/193
Sari, A. M., Susanti, R., & Rusdiana, N. (2024). Implementasi parenting positif dalam meningkatkan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (1), 1–10. https://doi.org/10.47134/paud.v2i1.934
Siti Sholichah, A., & Ayuningrum, D. (2021). Efektifitas kegiatan kajian parenting dalam meningkatkan kesadaran orang tua terhadap pengasuhan anak usia dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.41
Page MJ, McKenzie, JE, Bossuyt, PM, Boutron, I., Hoffmann, TC, Mulrow, CD, Shamseer, L., Tetzlaff, JM, & Moher, D. (2021). Pernyataan PRISMA 2020 : Pedoman terbaru untuk pelaporan observasi sistematis . PLOS Med, 18 (3), e1003583 . https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1003583.
Puspitasari, W. D., Santoso, E., & Rodiyana, R. (2021). Sistematic literatur review: media komik dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 737–743. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1202
Zahidah, U., Rizki Afifa, F., Trisia, E., Nopita Sari, S., & Putri, Y. F. (2022). Program parenting : konsep dan tahapan pembentukan program parenting. JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01), 175–183. https://doi.org/10.62668/jimr.v1i01.236
Zahro, F. (2022). Manajemen kegiatan parenting dalam membentuk karakter anak. Educare: Jurnal Ilmu Pendidikan, 01(02), 92–103. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3201905&val=28192&title=MANAJEMEN%20KEGIATAN%20PARENTING%20DALAM%20MEMBENTUK%20KARAKTER%20ANAK