Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Perspektif Maria Montessori Dalam Buku The Absorbent Mind
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v8i3.26938Keywords:
Social Aspect, Early Childhood, Maria MontessoriAbstract
References
Allen, dan M. (2010). Profil perkembangan anak. Jakarta: PT Indexs.
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 166–168. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/113/111
Darnis, S., & Maryati, S. (2023). Spiritualitas Dalam Pendidikan Kosmik Montessori Pada Anak Usia Dini. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 104–115. http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/PAUD/article/view/1800%0Ahttp://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/PAUD/article/download/1800/872
Dewi, O. K., Khasanah, I., & Praseto. A (2019). Analisis Aspek Perkembangan Sosial Emosional Anak Pada Pembelajaran Tari Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di Tkit Nurul Ilmi Semarang. Seminar Nasional PAUD UPGRIS, 1–5. http://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/526
Fitriani, E., Miranda, D., & Amalia, A. (2024). Pengembangan Empati Melalui Pembiasaan Pada Anak Usia Dini di TK Lab Model Universitas Muhammadiyah Pontia-nak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 13(3), 490-498. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/75582
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kepustakaan: Kajian Filosofis, Teoritis, Dan Aplikatif. Malang: Literasi Nusantara.
Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Herdiyana, R., Lestari, R., & Bahrum, M. (2023). Psikologi Perkembangan Sosial terhadap Emosional pada Anak Usia Dini. Banun Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 23–30. https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/view/55
Hidayah, F. (2023). Optimalisasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini dalam Belajar Kelompok. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 7942–7956. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0AOptimalisasi
Hodijah, S., Rachmawati, Y., & Agustin, M. (2019). Upaya Guru Dalam Menanamkan Sifat Sabar Di Ra Persis I Kota Bandung. Edukid, 15(2), 95–102. https://doi.org/10.17509/edukid.v15i2.20604
Indriawati, P., Prasetya, K. H., Sinambela, S. M., & Taufan, I. S. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial pada Anak Usia Dini di TK Cempaka Balikpapan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(03), 521–527. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i03.1917
Jane, A. A. dan. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Maemonah, A. O. (2020). Filsafat Pendidikan Maria Montessori Dengan Teori Belajar Progresivisme Dalam Pendidikan Aud. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 64. https://doi.org/10.22373/bunayya.v6i2.7277
Melda, S., Anizar, A., & Rahmi. (2020). Pengembangan Karakter Mandiri Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Batoh Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 5(2), 98–108. https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/15376
Melinda, A. E., & Izzati, I. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Teman Sebaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 127. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34533
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhammad, D. H., Susandi, A., Badar, S., & Oktavianingrum, L. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menurut Kihajar Dewantara Dan Maria Montessori. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 4(1), 63–79. https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i1.188
Mulyani, N. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Musyarofah, M. (2018). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aba Iv Mangli Jember Tahun 2016. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 99. https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).
Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, 13(2), 177–181. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/143
Novia, I. F., & Nurhafizah. (2020). Penggunaan metode bermain peran dalam pengembangan kemampuan sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1080–1090. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/571/500
Rahmadianti, N. (2021). Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 5(2), 24–35. https://journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/article/view/717
Rahmah Wati Anzani, & Intan Khairul Insan. (2020). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2), 180–193. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/595
Retnowati, D., Ali, M., & Lestari, S. (2017). Peningkatan sikap saling menghargai pada anak usia 5-6 tahun di paud aisyiyah melawi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(3). 1-11. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNG
Sa’diyah, R., & Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453
Saefudin, A. (2013). Sikap Manusia Teori Dan Pengukuranya. Pustaka Pelajar.
Safitri, L. A. (2022). Rgensi Bermain Dalam Mengembangkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Murangkalih : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–4.
Sulistiawati, I., Ahmad, U. H., Gulo, S. P., & Putri, K. K. (2023). Stimulasi Aspek Sosial-Emosional Pada Anak Usia Dini. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1125–1138. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1900
Susanto, A. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Ummah, S. A., & Fitri, N. A. N. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Jurnal Program Studi PGRA, 6, 84–88. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/624/504
Wahyuni, W., Manik, A. P., Nurhayani, N., Anismar, A., & Khadijah, K. (2022). Pengembangan Permainan Internasional Dalam Mengembangkan Sikap Tolong Menolong (Kepedulian) kepada AUD di RA Suturuzzhulam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(3), 1000-1006.
Wahyuningsih, E. T., Abidin, M. Z., & Setianingsih, H. P. (2022). The Analisis Kurikulum Montessori dan Kurikulum Anak dalam Konsep Islam. STIMULUS: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 75-92. https://doi.org/10.53863/sti.v2i2.532
Wijayanti, D. A., & Katoningsih, S. (2022). Problem Based Learning dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5886–5896. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3195
Yudhiarti, N. P. (2023). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini (Usia 5-6 Tahun ) Di Tk Islam Pas Assakiinah Mantingan Kab Ngawi. Journal Fascho: Jurusan Pendidikan Islam, 1(2), 19–25. https://www.ejournal.stitmuhngawi.ac.id/index.php/Fascho/article/view/134