PENGEMBANGAN ASPEK SOSIAL ANAK USIA DINI PERSPEKTIF MARIA MONTESSORI DALAM BUKU THE ABSORBENT MIND
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v8i3.26938Kata Kunci:
Social Development, Early Childhood, Maria MontessoriAbstrak
Pemikiran Maria Montessori dalam bidang pendidikan anak usia dini memberikan dampak yang luar biasa bagi pendidik dan pemerhati tumbuh kembang anak usia dini. Maria Montessori mengembangkan banyak teori dari berbagai pengalaman yang dialaminya selama menjalankan Casa Dei Bambini atau rumah anak saat itu, salah satu teori yang ia kemukakan dari pengalamanya tersebut yakni teori perkembangan sosial anak. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengkaji hasil pemikiran Maria Montessori terkait aspek perkembangan sosial yang telah ia kemukakan. Penelitian ini merupakan penelitin Pustaka ataupun library research. Sumber data dalam penelitian ini yakni buku karya Maria Montessori yang berjudul The Absorbent Mind Pikiran Yang Mudah Menyerap. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yakni dokumentasi berupa literatur terdahulu, baik penelitian ataupun teori. Adapun teknik analisis data yang digunakan yakni analisis isi (content analisys) yang dimana peneliti akan mengungkapkan isi sebuah buku yang menggambarkan situasi peneliti dan masyarakatnya pada waktu buku itu ditulis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwasanya aspek perkembangan sosial yang dikembangkan oleh Maria Montessori sebagaimana tertuang dalam bukunya The Absorbent Mind adalah menghargai, kesabaran, persahabatan dan saling menyayangi, mandiri dan saling menghargai, tolong menolong, dan rasa kebersamaan.
Referensi
Allen, dan M. (2010). Profil perkembangan anak. Jakarta: PT Indexs.
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 166–168. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/113/111
Darnis, S., & Maryati, S. (2023). Spiritualitas Dalam Pendidikan Kosmik Montessori Pada Anak Usia Dini. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 104–115. http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/PAUD/article/view/1800%0Ahttp://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/PAUD/article/download/1800/872
Dewi, O. K., Khasanah, I., & Praseto. A (2019). Analisis Aspek Perkembangan Sosial Emosional Anak Pada Pembelajaran Tari Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di Tkit Nurul Ilmi Semarang. Seminar Nasional PAUD UPGRIS, 1–5. http://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/526
Fitriani, E., Miranda, D., & Amalia, A. (2024). Pengembangan Empati Melalui Pembiasaan Pada Anak Usia Dini di TK Lab Model Universitas Muhammadiyah Pontia-nak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 13(3), 490-498. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/75582
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kepustakaan: Kajian Filosofis, Teoritis, Dan Aplikatif. Malang: Literasi Nusantara.
Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Herdiyana, R., Lestari, R., & Bahrum, M. (2023). Psikologi Perkembangan Sosial terhadap Emosional pada Anak Usia Dini. Banun Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 23–30. https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/view/55
Hidayah, F. (2023). Optimalisasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini dalam Belajar Kelompok. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 7942–7956. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0AOptimalisasi
Hodijah, S., Rachmawati, Y., & Agustin, M. (2019). Upaya Guru Dalam Menanamkan Sifat Sabar Di Ra Persis I Kota Bandung. Edukid, 15(2), 95–102. https://doi.org/10.17509/edukid.v15i2.20604
Indriawati, P., Prasetya, K. H., Sinambela, S. M., & Taufan, I. S. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial pada Anak Usia Dini di TK Cempaka Balikpapan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(03), 521–527. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i03.1917
Jane, A. A. dan. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Maemonah, A. O. (2020). Filsafat Pendidikan Maria Montessori Dengan Teori Belajar Progresivisme Dalam Pendidikan Aud. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 64. https://doi.org/10.22373/bunayya.v6i2.7277
Melda, S., Anizar, A., & Rahmi. (2020). Pengembangan Karakter Mandiri Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Batoh Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 5(2), 98–108. https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/15376
Melinda, A. E., & Izzati, I. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Teman Sebaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 127. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34533
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhammad, D. H., Susandi, A., Badar, S., & Oktavianingrum, L. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menurut Kihajar Dewantara Dan Maria Montessori. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 4(1), 63–79. https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i1.188
Mulyani, N. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Musyarofah, M. (2018). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aba Iv Mangli Jember Tahun 2016. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 99. https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).
Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, 13(2), 177–181. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/143
Novia, I. F., & Nurhafizah. (2020). Penggunaan metode bermain peran dalam pengembangan kemampuan sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1080–1090. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/571/500
Rahmadianti, N. (2021). Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 5(2), 24–35. https://journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/article/view/717
Rahmah Wati Anzani, & Intan Khairul Insan. (2020). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2), 180–193. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/595
Retnowati, D., Ali, M., & Lestari, S. (2017). Peningkatan sikap saling menghargai pada anak usia 5-6 tahun di paud aisyiyah melawi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(3). 1-11. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNG
Sa’diyah, R., & Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453
Saefudin, A. (2013). Sikap Manusia Teori Dan Pengukuranya. Pustaka Pelajar.
Safitri, L. A. (2022). Rgensi Bermain Dalam Mengembangkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Murangkalih : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–4.
Sulistiawati, I., Ahmad, U. H., Gulo, S. P., & Putri, K. K. (2023). Stimulasi Aspek Sosial-Emosional Pada Anak Usia Dini. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1125–1138. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1900
Susanto, A. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Ummah, S. A., & Fitri, N. A. N. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Jurnal Program Studi PGRA, 6, 84–88. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/624/504
Wahyuni, W., Manik, A. P., Nurhayani, N., Anismar, A., & Khadijah, K. (2022). Pengembangan Permainan Internasional Dalam Mengembangkan Sikap Tolong Menolong (Kepedulian) kepada AUD di RA Suturuzzhulam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(3), 1000-1006.
Wahyuningsih, E. T., Abidin, M. Z., & Setianingsih, H. P. (2022). The Analisis Kurikulum Montessori dan Kurikulum Anak dalam Konsep Islam. STIMULUS: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 75-92. https://doi.org/10.53863/sti.v2i2.532
Wijayanti, D. A., & Katoningsih, S. (2022). Problem Based Learning dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5886–5896. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3195
Yudhiarti, N. P. (2023). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini (Usia 5-6 Tahun ) Di Tk Islam Pas Assakiinah Mantingan Kab Ngawi. Journal Fascho: Jurusan Pendidikan Islam, 1(2), 19–25. https://www.ejournal.stitmuhngawi.ac.id/index.php/Fascho/article/view/134