EFEKTIVITAS BERMAIN LEGO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA PADA KELOMPOK PlAY GROUP

Authors

  • Rima Rohimah IKIP Siliwangi
  • Rohmalina Rohmalina IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p216-219

Keywords:

Lego games, teamwork skills

Abstract

This research is backed by a lack of ability to cooperate in children in the play group class, children are more commonly seen using toys used for each person so that the child becomes passive. Therefore, this research aims to improve the ability to cooperate learners by effectively playing Lego game tools in play group. This research uses qualitative methods, in this research the media learning used is Lego, and the source of the technique of collecting this research using observation and documentation, to the conclusion of this research acquired the results that Lego can improve the ability to work together. It can be seen from the emergence of children playing more than 2 people or groups. To make the LEGO arrangements that the child wants to create together, or create ideas as a result of common thought, the desire will work together so that reciprocal satisfaction arises based on the same taste and desire. Cooperation in early childhood is very important in relation to the development of social emotions that will connect children with their environment, friends, and society.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan kerjasama pada anak di kelas play group, anak lebih sering terlihat menggunakan mainan yang digunakan untuk per orang saja sehingga anak menjadi pasif. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama peserta didik dengan mengefektifkan alat permainan lego di play group. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dalam penelitian ini media pembelajaran yang digunakan adalah lego, dan teknik pengumpulan sumber penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi, untuk kesimpulan penelitian ini diperoleh hasil bahwa lego dapat meningkatkan kemampuan bekerja sama. Hal ini dapat dilihat dari munculnya anak bermain lebih dari 2 orang atau kelompok. Untuk membuat pengaturan lego yang ingin anak ciptakan bersama, atau membuat ide sebagai hasil dari pemikiran bersama, maka munculah keinginan bekerja sama sehingga kepuasan timbal balik muncul berdasarkan rasa dan keinginan yang sama. Kerja sama pada anak usia dini sangat penting terkait dengan perkembangan emosi-sosial yang akan menghubungkan anak-anak dengan lingkungan, teman, dan masyarakatnya.

 

References

Purnama, S., Salis Hijriyani, Y. H., & Heldanta (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Monique, S. (2017) Segudang Manfaat Bermain Lego https://www.ruparupa.com/blog/segudang-manfaat-bermain-lego/

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi. CV Jejak

Rohmalina, R. (2017). 3R “(Reduce, Reuse, Recycle)“SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN PAUD DALAM MENYONGSONG INDONESIA BEBAS SAMPAH DI PAUD SIAGA KOTA CIMAHI. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 43-53.

Downloads

Published

2019-08-13