EFEKTIVITAS RASA INGIN TAHU (KURIOSITAS) ANAK USIA DINI MELALUI EDUTAINMENT DENGAN METODE SAINS SEDERHANA

Authors

  • Siti Rohmah IKIP Siliwangi
  • Siti Hana IKIP Siliwangi
  • Heni Nafiqoh IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p237-242

Keywords:

efektivitas, curiosity, edutainment, scientific methods

Abstract

This study examnes the effctiveness of early childhood curiosity through edutainment using simple scientific methods. The goal to be achieved by researchers in this study is to find out and analyze how effective the use of simple scientific methods in increasing early childhood curiosity. This research was caried out using a quasi-experimental method with the sample of 15 students from group A of Harapan Makiyyah Kindergarten that divided into two groups. The data collection process is carried out by interviewing the relevant teacher and observing the children. The of use simple scientific methods through edutainment for the effectiveness of early childhood curiosity is done as much as 8 (eight) meetings. The results obtained through observation and calculation of the pretest and posttest scores with the average value of the two groups showed that the experimental group had an influence on the effctiveness of early childhood curiosity through edutainment with simple science methods with a percentage of 84.8% Besides that, the process learning that using ordinary methods or lecture method in the control class get a percentage of 25.9%.

Penelitian  ini mengkaji tentang keefektivitasan kuriositas anak didik dibawah usia 8 tahun melalui edutainment dengan menggunakan metode sains sederhana. Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa efektifnya penggunaan metode sains sederhana dalam meningkatkan kuriositas anak usia dini. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan sumber datanya adalah anak – anak kelompok A TK Harapan Makiyyah yang berjumlah 14 orang, dan dibagi menjadi dua kelompok. Pengumpulan  data dilakukan dengan cara mewawancarai  guru yang terkait serta mengobservasi anak – anak. Penggunaan metode sains sederhana melalui edutainment untuk keefektivitasan rasa ingin tahu anak usia dini dilakukan  sebanyak 8 (delapan) kali pertemuan. Hasil yang diperoleh melalui observasi serta perhitungan nilai pretest dan posttest dengan nilai rata-rata kedua grup menunjukan bahwa grup eksperimen memiliki pengaruh terhadap keefektivitasan kuriositas anak usia dini melalui edutainment dengan metode sains sederhana dengan persentase 84.8% dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode biasa atau metode ceramah pada kelas kontrol dengan hasil persentase 25,9%

References

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.

Suyadi. (2015). Teori pembelajaran anak didik dibawah usia 8 tahun dalam kajian neurosains. Remaja rosdakarya.

Putra, S. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: DIVA Press.

Raharjo. Sahid. https://www.spss indonesia.com/2019/04/caramenghitung -n-gain-score-spss.html diakses tanggal 07 Juli 19 jam 21:47

Sholeh, H.M (2011). Metode Edutainment. Yogyakarta: DIVA Press.

Sajidha Hannah (2016) http://hanna-expoest.blogspot.com/2016/01/makalah-masalah-pendidikan-di indonesia. html diakses tanggal 2 agustus 2019

Melani Novi, (2014) https://novimelanie. blogspot.com/2014/01/makalah-sains -sakral-dan-sains-sekular.html diakses tanggal 25 juli 2019.

Yusuf Randa, (2015) https://randayusuf.blogspot.com/2015/05/knowledge-management-peng ertian -dan.html diakses tanggal 2 agustus 2019.

Afida Riani Hidayat, 135040120 (2017) Prior Knowledge Dan Self Efficacy Siswa Sma Pasundan 3 Bandung Pada Pembelajaran Sistem Reproduksi. Skripsi(S1) Thesis, Fkip Unpas.

Sumayana, Yena (2013) Efektivitas Metode Mind Mapping Dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Laporan Pengamatan Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. S2 Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Additional Files

Published

2019-08-22