Mengembangkan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui Tebak Gambar

Tasya Menik Nur Hanifah, Ayu Rissa Atika

Abstract


Based on the phenomena that researchers found in the field, it was found that through guessing pictures, it can stimulate children to develop receptive language through the activities of simply mentioning characteristics based on images, writing, and re-mentioning letters from a picture, mentioning the prefix letters of a word. This activity can be used by using a variety of thematic based images such as animals, fruits, vegetables, objects, and other things related to the child's environment. This study aims to describe the development of children's receptive language. Through qualitative descriptive research. This research involved 15 children with the age of 5-6 years and educators in Harapan Bunda Kindergarten. The results of this study describe the development of receptive language in children aged 5-6 years through guessing games. This research is expected to be able to provide a reference for educators to stimulate children to practice receptive language skills and improve vocabulary in recognizing objects in the environment for children 5-6 years.

Berdasarkan fenomena yang peneliti temukan dilapangan, diperoleh bahwa melalui permainan tebak gambar, dapat menstimulus anak untuk mengembangkan bahasa reseptif melalui kegiatan menyebutkan ciri-ciri berdasarkan gambar secara sederhana, menulis dan menyebutkan kembali huruf dari sebuah gambar, menyebutkan huruf awalan dari sebuah kata. Kegiatan ini dapat digunakan dengan menggunakan berbagai macam gambar berdasarkan tematik seperti  binatang, buah, sayur, benda dan hal lain yang berkaitan dengan lingkungan anak dapat dijadikan media tebak gambar anak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengembangan bahasa reseptif anak. Melalui penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan anak yang berjumlah 15 orang dengan rentan usia 5-6 Tahun dan pendidik di TK Harapan Bunda. Hasil penelitian ini mendeskripsikan perkembangan bahasa reseptif anak berusia 5-6 Tahun mealui permainan tebak gambar. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan referensi bagi pendidik untuk menstimulus anak guna melatih kemampuan bahasa reseptif dan meningkatkan kosa kata dalam mengenal benda-benda yang ada di lingkungan sekitar untuk anak 5-6 Tahun.



Keywords


Receptive Language Development, Guess the Image Game

Full Text:

PDF

References


Aprianti, E., Nafiqoh, H., & Rohaeti, E. E. (2019). METODE PEMBELAJARAN BERMAIN KARTU KATA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN KOGNITIF DI TK TRIDAYA CIMAHI. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1), 16-23.

Dhieni, N., Fridani, L., Muis, A., & Yarmi, G. (2014). Metode pengembangan bahasa.

Fadlillah, M. (2019). Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Jakarta: Prenada Media.

Faridah, L. U. (2017). PENGENALAN BAHASA ARAB UNTUK ANAK SEJAK DINI. Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab, 3(3), 411-419.

Heriyanto, H. (2019). Implementasi Thematic Analysis dalam Penelitian Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 3(1), 27-31.

Masyah, M., Sumarsih, S., & Delrefi, D. (2017). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI BERMAIN TEBAK GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A1 DI PAUD KEMALA BHAYANGKARI BENGKULU UTARA. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2), 101-106.

MUNTOMIMAH, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Sains Melalui Sentra Bahan Alam. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 73-80. (kenapa hanya nama ini saja yang hurufnya besar semua?)

Mustika, A. (2018). PEMBELAJARAN BAHASA RESEPTIF ANAK TUNARUNGU PADA USIA DINI DI SEKOLAH PRIMA BHAKTI MULYA. INCLUSIVE: Journal of Special Education, 3(2).

Nawawi, H., Martini, M., Penelitian Terapan, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1996

Nurbiana, D. 2007. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Santosa, E, V. 2008, 100 Permainan Kreatif Untuk Outbond & Training, Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiono. (2015). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v3i3.p196-204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ceria is published by PG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building D, First Floor, Room D-13

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Ceria Journal

 

P-ISSN: 2614-6347

E-ISSN: 2714-4107

View My Stats