MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS MELAUI PERMAINAN PESAN BERANTAI DENGAN MEDIA GAMBAR

Authors

  • Siti Rostini
  • Heni Nafiqoh IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v3i4.p%25p

Keywords:

English vocabulary, whisper-linked, Media image.

Abstract

Based on the problem that researchers found in the field, children aged 5-6 years in RA Al-Islamiyah gained English learning with the method of lectures without the use of media or teaching materials, so that learning is less meaningful and not For children. This resulted in the child having difficulty in following the learning process, the Treasury of English vocabulary is still low and the pronunciation of the child English is not correct. Researchers did the best way in the effort to increase English vocabulary using serial messaging games with Image media. The study used class action research consisting of 2 cycles. The subject in this study amounted to 14 children with a vulnerable age of 5-6 years. Data collection techniques using observation sheets, while the data analysis used is qualitative descriptive. Analysis results of cycle I obtained the observation result of children's listening ability of 40.75%, this result has not been in accordance with the criteria of achievement level in children at 75%, the study continued to cycle II. The results of the study in cycle II showed increased listening capability to 75.50%. Based on the research, it can be concluded that through the activities of a whisper-linked games with Media image can improve the English vocabulary of the group B RA Al-Islamiyah.


Berdasarkan masalah yang peneliti temukan dilapangan, anak umur 5-6 tahun di RA Al-Islamiyah memperoleh pembelajaran BahasaInggris melalui metode ceramah tanpa menggunakan media ataupun bahan ajar, sehingga pembelajaran kurang bermakna dan tidak menyenagkan bagi anak. Hal tersebut berakibat kepada anak yaitu anak mengalami kesulitan, “Perbendaharaan“kosakata“bahasa“Inggris masih rendah“serta penyebutan “bahasa“inggris anak belum benar. Peneliti melakukan cara yang terbaik dalam upaya peningkatan kosa kata bahasa Inggris menggunakan“permainan “pesan berantai dengan media gambar. Penelitian ini menggunakan “penelitian “tindakan kelas terdiri atas 2 “siklus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 14 anak dengan rentan usia 5-6 Tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil analisis siklus I diperoleh hasil observasi kemampuan mendengarkan anak sebesar 40,75%, hasil ini belum sesuai dengan kriteria tingkat pencapaian pada anak sebesar 75%, penelitian berlanjut ke siklus II. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan kemampuan mendengarkan meningkat menjadi 75,50%. Berdasarkan penelitian tersebut “dapat “disimpulkan “bahwa melalui kegiatan“Permainan “Bisik “Berantai dengan Media Gambar dapat meningkatkan kosa kata bahasa Inggris “anak “kelompok B RA Al-Islamiyah.

References

Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 274-279.

Ananthia & Harun. (2018). Pengajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Bandung: Dian Cipta.

Cameron, L. (2001). Teaching Languages to Youang Learners. Cambridge: Cambridge University Press

Hendriana, H. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: Reflika Aditama

Indihadi, D. (2006). Pembinaan Bahasa Idonesia Sebagai Bahasa Kedua. Bandung: Upi Press

Keraf, G. (2016). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia

Masganti, S. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana.

Masyah, M., Sumarsih, S., & Delrefi, D. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Bermain Tebak Gambar Pada Anak Kelompok A1 Di Paud Kemala Bhayangkari Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2), 101-106.

Shehadeh, I. I. A., & Farrah, M. A. A. (2016). The Effectiveness of Using Children ’ s Songs in Developing Elementary Graders’ English Vocabulary and Pronunciation in Jerusalem,Palestine. Creative Practices in Language Learning and Teaching (CPLT), 4(2).

Stahl, S. A. (2005). Four Problem with Teaching and What to Do to make Vocabulary an Integrated Part of Instruction (Bringing Research and Practice). New Jersey: Prentice Hall Regants

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Suyanto, K. (2009). English For Young Learners Melejitkan Potensi Anak Melalui English Class yang Fun, Asyik, dan Menarik. Jakarta: Bumi Aksara

Tatat, H., & Cuhariah, Y. (2010). Pendidikan Bahasa Indonesia. Bandung: UPI PRESS

Westhisi, S. M. (2019). METODE FONIK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 5(1), 23-37.

Downloads

Published

2020-06-27