MENGEMBANGKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI MELALUI APE KIDS ‘N KIT
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v3i4.p%25pKeywords:
Mathematical Logic Intelligence, Kids ‘n Kit, Early ChildhoodAbstract
Â
This research is motivated by the lack of mathematical logic abilities of young children in terms of identifying objects, classifying objects, counting objects and sorting the process of an activity. Therefore we need a game that can stimulate this intelligence. The purpose of this research is to describe APE Kids ‘n Kit in developing intelligence of mathematical logic in early childhood. This research is a qualitative descriptive method with research subjects of children aged 5-6 years, amounting to 22 children and B2 TKIT al-amanah educators. Data collection techniques in the form of documentation, observation, and interviews. Data analysis includes data reduction activities, data display, and conclusion drawing. The results showed that through the Kids ‘n Kit nmathematical logic intelligence children can develop according to the stages of their development through the activities of identifying objects or colors, counting images using poster components and question cards, and sorting the process of activities with process cards implemented in the center model. With this APE, educators find it helpful that learning becomes more fun and children are more motivated.
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya kemampuan logika matematika anak usia dini dalam hal mengidentifikasi benda, mengklasifikasikan benda, menghitung benda dan mengurutkan proses terjadinya suatu kegiatan. Oleh karena itu diperlukan suatu permainan yang dapat menstimulus kecerdasan tersebut. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan APE Kids ‘n Kit dalam mengembangkan kecerdasan logika matematika anak usia dini. Penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 22 anak dan pendidik kelompok B2 TKIT al-amanah. Teknik pengumpulan data berupadokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data meliputi aktivitas reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Kids ‘n Kit kecerdasan logika matematika anak dapat berkembang sesuai tahapan perkembangannya melalui kegiatan mengidentifikasi benda atau warna, menghitung gambar menggunakan komponen poster dan kartu soal, dan mengurutkan proses kegiatan dengan kartu proses yang dilaksanakan dalam model sentra. Dengan adanya APE ini pendidik merasa terbantu sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan anak lebih semangat.
References
Anisa, E., Jaya, I., & Yeni, I. [2019]. Pengaruh Permainan Mengubur Angka terhadap Kemampuan Mengenal Angka di Pendidikan Anak Usia Dini Maghfirah Kota Padang. JFACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 1[1], 24-31.
Fadlillah, M. [2016]. Pengembangan Permainan Monraked Sebagai Media Untuk Menstimulus Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini. Jurnal CARE [Children Advisory Research and Education], 4[1]: 9-23.
Fajrin, A. L. [2015]. Pemanfaatan Ape Kids ‘N Kit Produksi Cv. Wiyata Cantya Pradipta Dalam Mengembangkan Bidang Perkembangan Anak Tk Aba Sleman Kota Triharjo Sleman. [Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2015]
Fiani, E. A. [2012]. Pengaruh Pendekatan Multisensori terhadap Kecerdasan Logika-Matematika pada Anak Kelompok A di Taman Kanak-kanak Kabupaten Kendal. BELIA: Early Childhood Education Papers, 1[1].
Hanifah, M., & Alam, S. K. [2019]. Pengaruh Kemampuan Berpikir Logis Matematis Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Lotto Di Kelompok B. CERIA [Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif], 2[6], 302-308.
Latif, M. A. [2019]. Implementasi Model Pembelajaran Sentra di TK Amal Insani Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4[2], 25-34.
Maimunah, M., Jaya, M. T., & Haenilah, E. [2016]. Aktivitas Bermain Konstruktif Terhadap Peningkatan Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Pendidikan Anak, 2[1].
Mufarizuddin, M. [2017]. Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika Anak melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 62-71.
Nisa, L., & Hadziq, A. [2018]. Implementasi Penggunaan Alat Permainan Edukatif [Ape] Kids ‘N Kit Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah Pabelan Kartasura Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/2018 [Skripsi, IAIN Surakarta, 2018].
Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 42-50.
Nurunnisa, R., Nuraeni, L., & Andrisyah, A. [2020]. Penyuluhan Program Sekolah Ramah Anak Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Berbasis Child Center Pada Pendidik Di Taman Kanak-Kanak Kota Purwakarta. Abdimas Siliwangi, 3[1], 94-103.
Pasaribu, M. [2018]. Penerapan Metode Bermain Dalam Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 5-6 Tahun Di TKIT Baitussalam Tahun Ajaran 2018/2019 [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2018].
Patimah, R. S., & Nurhayati, S. [2020]. Manajemen Lembaga Taman Kanak–Kanak Berprestasi Dalam Rangka Mecetak Anak Usia Dini Yang Unggul Dan Berkarakter [Studi Kasus Di Tk Islam Waladun Solih Desa Jayagiri Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat]. Comm-Edu [Community Education Journal], 3[1], 7-18.
Sari, D. K. [2018]. Penerapan Permainan Kartu Angka Dalam Mengembangkan Logika Matematika Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Widya Bhakti Tanjung Senang Bandar Lampung [Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung, 2018].
Tanjihah, Z. [2016]. Implementasi Pembelajaran Tahfidz Qur’an Di Taman Kanak-Kanak [Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia, 2016].