MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK DALAM MENINGKATKAN ASPEK BAHASA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v3i5.p%25pKeywords:
Learning Media, Language Aspects, Media Pop Up BookAbstract
This article is motivated by the low development of "language in group B children in kindergarten" Plus Sumur Bandung, seen from the lack of activeness of children in expressing something, conveying ideas and ideas, asking questions, answering questions, repeating simple sentences and retelling what has been heard . The purpose of this study is to examine whether using Pop Up Book media can improve language aspects in group B children, the method used in this study "is a qualitative descriptive method. The Subjects in this study were all children aged 5-6 years who were in the Group B Tk Plus Sumur Bandung. Analysis of the data used is thematic analysis. During the research the data collection was carried out using research techniques in the form of interviews, observation and documentation. The results of the study showed that there was a development in the language aspects of children aged 5-6 years in the children of "group B in Tk" Plus Sumur Bandung when the teacher used the Pop Up Book learning media using the story telling method.
Artikel ini dilatar belakangi oleh rendahnya perkembanganâ€bahasa pada anak kelompok B di TKâ€Plus Sumur Bandung, terlihat dari kurangnya keaktifan anak dalam mengungkapkan sesuatu, menyampaikan ide dan gagasan, bertanya, menjawab pertanyaan, mengulang kalimat sederhana maupun bercerita kembali apa yang telah di dengar. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengkaji apakah dengan pengunaan media Pop Up Book dapat meningkatkan aspek bahasa pada anak kelompok B, metode yang digunakan dalam penelitian iniâ€adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun Subjek dalam Penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun yang ada di kelompok B Tk Plus Sumur Bandung. Analisis data yang digunakan yaitu analisis tematik. Selama penelitian berlangsung pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik penelitian berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ditunjukan bahwa adanya perkembangan aspek bahasa anak usia 5-6 tahun pada anakâ€kelompok B di Tkâ€Plus Sumur Bandung ketika guru menggunakan media pembelajaran Pop Up Book dengan menggunakan metode bercerita.
References
Hajerah, H., & Syamsuardi, S. (2019, December). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Anak di TK Insan Cita Kec. Masamba Kab. Luwu Utara. In Seminar Nasional LP2M UNM.
Kiromi, I. H., & Fauziah, P. Y. (2016). Pengembangan media pembelajaran big book untuk pembentukan karakter anak usia dini. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 48-59.
Kurniawati, E. (2018). Penerapan Media Pop Up Raksasa untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TK Dharmawanita Betet Kediri. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(1), 13-21.
Matin, R. H., Rohaety, E. E., & Nuraeni, L. (2019). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL DI TK NUSA INDAH. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(2), 49-56.
Sidabutar, D. M., Khadijah, K., & Sitorus, R. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA NURHAYATI KECAMATAN MEDAN TEMBUNG. JURNAL RAUDHAH, 7(2).
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung : ALFABETA.
Windarsih, C. A. (2015). PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MEMAHAMI BAHASA INGGRIS MELALUI BERNYANYI PADA ANAK USIA DINI. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 63-72.
Wiyani A.N (2014). Psikologi perkembangan Anak Usia Dini. Yogjakarta: Gava Media.