MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI MELALUI PERAN GURU DENGAN MENGGUNAAN KARTU HURUF HIJAIYAH DI PAUD NURUL ATFAL USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Yuliya Yuliya PAUD NURUL ATFAL
  • Sri Nurhayati IKIP Siliwangi
  • Andrisyah Andrisyah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v3i5.p%25p

Keywords:

Spiritual Intelligence, Teacher Roles, Hijaiyah Card Letters

Abstract

The purpose of the study to know the spiritual intelligence of early childhood through the role of teachers using the Hijaiyah card in the PAUD Nurul Atfal age 5-6 years. The reason for research is to examine the extent of the spiritual intelligence of early childhood through the role of teachers in PAUD Nurul Atfal. The research population is Nurul Atfal PAUD. The subjects of the study were group B (5-6) years with a total of 13 men consisting of 7 males and 6 women. The methods used in the research action class consist of two cycles. Data collection techniques using observations in the form of observation sheets checklist. Data analysis uses quantitative data obtained from the cycle results and then compared to the second cycle results. The observation showed that there was an increase in the child's spiritual intelligence through the role of a teacher with the category BSH, the results of pre-cycle 23% (3 people), Cycle I 54% (7 people), and cycle II 85% (11 people). From the data is the conclusion is a teacher's role is very important to improve the child's spiritual intelligence, making the child fluent way of reading Hijaiyah letters and Makharijul letters well and correctly, can distinguish the letters Hijaiyah and memorized one by one letter Hijaiyah.

Tujuan dari penelitian  untuk mengetahui kecerdasan spiritual anak usia dini melalui peran guru dengan menggunakan kartu huruf hijaiyah di PAUD Nurul Atfal usia 5-6 tahun. Alasan dilakukan penelitian untuk menelaah sejauh mana kecerdasan spiritual anak usia dini melalui peran guru di PAUD Nurul Atfal. Populasi penelitian adalah PAUD Nurul Atfal. Subyek penelitian yaitu kelompok B (5-6) tahun dengan jumlah 13 orang terdiri dari 7 laki-laki dan 6 perempuan. Metode yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi berupa lembar observasi check list.Analisis data menggunakan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil siklus kesatu dan kemudian dibandingkan dengan hasil siklus kedua. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan spiritual anak melalui peran guru dengan kategori BSH, hasil pra siklus 23%  (3 orang), siklus I 54% (7 orang), dan siklus II 85% (11 orang). Dari data tersebut kesimpulannya adalah peran guru sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan spiritual anak, menjadikan anak fasih cara membaca huruf hijaiyah beserta makharijul hurufnya dengan baik dan benar, bisa membedakan huruf hijaiyah dan hafal satu persatu huruf hijaiyah.

References

Abidin, Y. ( 2015). Pembelajaran multiliterasi: sebuah jawaban atas tantangan pendidikan abad ke-21 dalam konteks keindonesiaan. Bandung: Refika Aditama.

Amiruddin, (2013). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo Bandung.

Andrisyah, A. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN SAINS MELALUI PENDEKATAN INQUIRY (Penelitian Tindakan di Kelompok A TK Bakti Mulya 400, Pondok Indah, Jakarta Selatan Tahun 2015). Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 4(2), 60-70.

Aryani, T. (2014). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN PETI HARTA KARUN BERISI HURUF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN (Doctoral dissertation, Univeritas Pendidikan Indonesia).

Azzet, A.M. (2010). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak. Jogjakarta: Kata Hati.

Hendriana, H., & Afrilianto, M. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: Refika Aditama.

Indragiri, A. (2010). Kecerdasan Optimal: Cara Ampuh Memaksimalkan Kecerdasan Anak. Jogjakarta: Starbooks.

Siswanto,W. (2012). Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak. Jakarta: Amzah.

Yulianti, D. (2010). Bermain sambil belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Indeks.

Downloads

Published

2020-07-22