ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENULIS PERMULAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v3i4.p%25pKeywords:
Learning Media, Beginning Writing, ChildrenAbstract
Learning media is very important for the learning process. However, there are educators who are still doing conventional learning which makes it difficult for children to start writing. The purpose of this research is to study the learning media used by educators in order to help children support early writing. This research was conducted in children aged 5-6 years in Group B at Pertiwi Kindergarten. The method used in this study is a qualitative descriptive method and data collection techniques through observation and interviews. In this study using data analysis techniques, namely qualitative analysis and descriptive analysis. The results of this study indicate that learning media can help children in writing the beginning and children who are enthusiastic to participate in learning. At the first meeting, educators conduct conventional learning so that children have difficulty writing the beginning even there are children who do not participate in learning. In contrast, at the next meeting the educator uses junior boggle media containing picture word cards and letter dice to write the beginning so that the child is enthusiastic about learning and none of the children fix the difficulties in writing the beginning.
Media pembelajaran sangat penting untuk proses pembelajaran. Namun, ada pendidik masih melakukan pembelajaran secara konvensional sehingga anak mengalami kesulitan dalam menulis permulaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik agar dapat membantu anak dalam mengoptimalkan menulis permulaan. Penelitian ini dilakukan pada anak usia 5-6 tahun Kelompok B di TK Pertiwi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa analisis kualitatif dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran dapat membantu anak dalam menulis permulaan dan anak antusias untuk mengikuti pembelajaran. Pada pertemuan pertama pendidik melakukan pembelajaran secara konvensional sehingga anak kesulitan menulis permulaan bahkan ada anak yang tidak mengikuti pembelajaran. Berbeda, pada pertemuan selanjutnya pendidik menggunakan media boggle junior berupa kartu kata bergambar dan dadu huruf untuk menulis permulaan sehingga anak antusias mengikuti pembelajaran dan tidak ada anak yang mengalami kesulitan dalam menulis permulaan.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Chaer. A. (2014). Sosiolinguistik : Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Taman Kanak Kanak dan Sekolah Dasar. (2007). Pedoman Pembelajaran Persiapan Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Permainan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta.
Dhieni, N. (2014). Modul Perkembangan Bahasa Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Haryani, F. (2016). Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Pada Anak Usia Dini Kelompok B dengan Menggunakan Media Gambar. Jurnal Usia Dini, 2(1), 9-21
Juliati, A. (2014). Peningkatan Motivasi Menulis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Media Komik. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUDNI, 9(2), 125-131. doi: https://doi.org/10.21009/JIV.0902.6
Kennedy, E., dkk. (2012). Literacy in Early Childhood and Primary Education (3-8 years). Amerika: National Council for Curriculum and Assessment.
Nurlilawaty, Mifayetti, S. dan Yus, A. (2018). Pengaruh Bermain Puzzle Berbasis ICT Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal TEMATIK, 8(3), 264-273.
Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta: PRANADAMEDIA GROUP.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang KUrikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
Rahmadani, N. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Di Kelas I SDN 61 Tondok Alla Kecamatan Telluwanua Kota Palopo. Jurnal PGMI IAIN Palopo, 1(1), 1-13. doi: 10.31227/osf.io/fesn2
Rhyner, P. (2009). Emergent Literacy and Language Development Promoting Learning in Early Childhood. New York: Guildford Press.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, R. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Zainurrahman. (2011). Menulis: Dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta