MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DALAM KECERDASAN INTRAPERSONAL MELALUI KEGIATAN MARKET DAY

Authors

  • Lasmini Lasmini TK Bandung Barat Foundation-1
  • Chandra Asri Windarsih

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v3i5.p%25p

Keywords:

Creativity, Market Day, Intrapersonal Intelligence

Abstract

The formation of creativity and character has begun since childhood. Creativity and strong character are the first assets to survive in modern times. Market Day is one of the activities that need to be introduced since early childhood. And this research is one of the government programs regarding the development of entrepreneurial mental education, namely the collaboration of entrepreneurship education with character education in fostering intrapersonal intelligence by increasing children's creativity through Market Day activities. The reason this research was conducted was that the researchers saw that the activity of increasing creativity in growing intrapersonal intelligence at TK Bandung Barat Foundation-1 had not been running optimally. This research aims to increase children's creativity in intrapersonal intelligence through Market Day creativity activities. This research is a classroom action research based on real things that are experienced directly by the child. The subjects of this study were group B students totaling 15 people. Data collection techniques used were observation and analysis of qualitative data through field notes, interviews, and documentation, with data sources from the principal and homeroom teacher group B. The results of this study indicate that there is an increase in creativity and intrapersonal intelligence found in children when doing activities Market Day includes children can be creative, innovate, dare to take risks, independent, and responsible.

 

Pembentukan kreativitas dan karakter sudah di mulai sejak masa anak-anak. Kreativitas dan karakter yang kuat merupakan modal pertama untuk bertahan hidup di jaman moderen saat ini. Market Day adalah salah satu kegiatan yang perlu di kenalkan sejak anak usia dini. Dan penelitian ini merupakan salah satu program pemerintah mengenai pengembangan pendidikan jiwa kewirausahaan yaitu kolaborasi pendidikan kewirausahaan dengan pendidikan karakter dalam menumbuhkan kecerdasan intrapersonal dengan cara meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan market day. Alasan dilaksanakan penelitian ini dikarenakan peneliti melihat   bahwa kegiatan meningkatkan kreativitas dalam menumbuhkan kecerdasan intrapersonal di TK Bandung Barat Foundation-1 belum berjalan secara optimal.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak dalam kecerdasan intrapersonal melalui kegiatan kreativitas market day. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berdasarkan hal-hal yang nyata yang di alami langsung oleh anak. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas dan kecerdasan intrapersonal yang terdapat pada diri anak ketika melakukan kegiatan Market Day diantaranya anak dapat berkreativitas, berinovasi, berani mengambil resiko, mandiri, dan tangung jawab.


Author Biography

Chandra Asri Windarsih

IKIP Siliwangi

References

Isnaini, A. A. (2019). MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI MARKET DAYPADA ANAK KELOMPOK B. Pendidikan Guru PAUD S-1, 8(6), 561-568.

Komariah, A. (2000). Djam’an Satori, 2011. Metode penelitian kualitatif.

Mahendaringratry, A., & Handaratri, A. (2019). Pelatihan Strategi Kewirausahaan Mandiri Karang Taruna Dewa Singha Kelurahan Merjosari Kota Malang. JAST: Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi, 3(1), 6-16.

Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45-54.

Nurhuda, T. A. (2019). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL SIMPLE MIRACLES KARYA AYU UTAMI. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 8(1), 10-18.

Riyanto, A. A. (2015). KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA BAGI PEREMPUAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 50-62.

Saputra, I. R. (2017). “PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIAâ€(Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV B SDN 235 Lengkong Kecil Kecamatan Lengkong Kota Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP Unpas).

Windarsih, C. A. (2019). AN IMPLEMENTATION OF PARTICIPATIVE IQRO METHOD IN THE ORIENTED OF AL-QURAN EDUCATION CENTER ON THE PURPOSE OF LEARNING GOAL AND OBJECTIVES FOR EARLY CHILDREN. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 8(1), 25-29.

SN, N. Y., & Zahro, I. F. (2020). MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REGGIO EMILIA. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(3), 250-259.

Downloads

Published

2020-07-22