Kindergarten Teachers' Perception of Outbound Activities in influencing multiple intelligence of early childhood
DOI:
https://doi.org/10.22460/ceria.v3i4.p%25pKeywords:
Perception, Outbound Activities, Multiple IntelligencesAbstract
The main occupation in childhood is playing. Therefore, education in early childhood is done with a variety of fun games. Outbound activities are one alternative learning activities for early childhood. This activity consists of various games that are fun and have benefits in early childhood development. Teachers as instructors must have knowledge related to the right games in outbound activities to be appropriate in helping the child's growth and development. This study aims to reveal the kindergarten teacher's perception of outbound activities in influencing the complex intelligence of early childhood in the form of linguistic intelligence, mathematics, music, visual-spatial, naturalist, interpersonal, and intrapersonal. This research is a survey research with quantitative approach. The population and sample in this study were kindergarten and PAUD teachers in Greater Bandung. The sample technique used is snowball sampling. The questionnaire used to obtain data was arranged using a Likert scale. Research data were analyzed using proportion analysis and mode analysis. The results showed the interpretation of teachers' perceptions of outbound activities in influencing compound intelligence of early childhood is positive.
Pekerjaan utama pada masa kanak-kanak adalah bermain. Oleh karena itu pendidikan anak usia dini dilakukan dengan berbagai permainan yang menyenangkan. Kegiatan outbond adalah salah satu laternative kegiatan pembelajaran untuk anak usia dini. Kegiatan ini terdiri dari berbagai permainan yang menyenagkan serta memiliki manfaat dalam perkembangan anak usia dini. Guru sebagai pengajar harus memiliki pengetahuan terkait permainan yang tepat dalam kegiatan outbond agar sesuai dalam membantu tumbuh kembang anak.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan persepsi guru taman kanak-kanak terhadap kegiatan outbond dalam mempengaruhi kecerdasan majemuk anak usia dini berupa kecerdasan linguistik, matematika, music, visual-spasial, naturalis, interpersonal, serta intrapersonal. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah guru taman kanak-kanak dan PAUD di Bandung Raya. Teknik sample yang digunakan adalah snowball sampling. Angket yang digunakan untuk memperoleh data di susun menggunakan skala likert. Data penelitian di analisis menggunakan analisis proporsi dan analisis mode. Hasil penelitian menunjukan interpretasi persepsi guru terhadap kegiatan outbond dalam mempengaruhi kecerdasan majemuk anak usia dini bernilai positif.
References
Aisyah, A., & Ismawati, I. (2018). MENERAPKAN KEGIATAN MEWARNAI DENGAN ANEKA MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL-SPASIAL PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Smart PAUD, 1(1), 55-62.
Agusta, A. R. (2019). METODE OUTBOUND BERMUATAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENGEMBANG
Astuti, R. D. (2018). RANGSANG PERKEMBANGAN PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI DENGAN METODE OUTDOOR LEARNING MELALUI MINIATUR KEGIATAN OUTBOUND. Pendidikan, 1(1), 140-149. KAN KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA DINI. Prosiding SEMNAS PS2DMP ULM, 5(1), 11-26.
Aye, T., Oo, K. S., Khin, M. T., Kuramoto-Ahuja, T., & Maruyama, H. (2017). Gross motor skill development of 5-year-old Kindergarten children in Myanmar. Journal of Physical Therapy Science, 29(10), 1772-1778.
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.
Dewi, E. R., Purwanto, E., & Wibowo, M. E. (2016). Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Play Berbasis Pendekatan BCCT Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa PAUD. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 93-99
Fadillah, S. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning) dan Kecerdasan Intrapersonal terhadap Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun di Kelurahan Umban Sari Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 91-102.
Gardner, H. Changing Minds. New York: Hardvard Business Schoool Press, 2006.
Jannah, A. R., & Lestariningrum, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Injak Ekor. JECCE (Journal of Early Childhood Care and Education), 1(1), 1-6.
Jones O. 2007. Idyiis and other nesses : depietions of rural Childhood in Film, in Fish, Cinematic Countrysides : Manchester : Manchaster University Press
Laely, K., & Yudi, D. (2017). Pengaruh Permainan Bakiak Terhadap Peningkatan Kecerdasan Motorik Kasar Anak Usia Dini. URECOL, 251-258.
Lestari, D., Munawar, M., & Karmila, M. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL MELALUI KEGIATAN MEMBATIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB-TK KHODIJAH 04 TEMBALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1).
Lukman, L. (2019). AKTUALISASI MULTIPLE INTELLIGENCES PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN OUTBOUND DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM PELANGI ANAK NEGERI YOGYAKARTA. PELANGI: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 1(1), 20-35.
Mutmainah, L. (2012). Inovasi Outbound dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Prasekolah di TK Dwi Warna Jaya Kota Surabaya. Psychiatry Nursing Journal (Jurnal Keperawatan Jiwa), 1(1).
Nasution, R. A. (2016). Pembelajaran Seni Musik Bagi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4(1).
Personality Max. 2020. Interpersonal Intelegency [internet]. [diacu 2020 Mei 25] tersedia dari https://personalitymax.com/
Rahmadani, Aisyah, and Yaswinda Yaswinda. "Pengaruh Permainan Outbound Terhadap Perkembangan Sosial Anak di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 03 Alai Padang." SELING: Jurnal Program Studi PGRA 5.2 (2019): 190-198.
Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 482-490.
Saroh, H., Khadijah, K., & Sirait, A. (2019). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTRAPERSONAL DENGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA MADINATUSSALAM KEC. PERCUT SEI TUAN. JURNAL RAUDHAH, 7(2).
Septigamandari, S., & Ardipal, A. (2019). PENANAMAN NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN MUSIK DI KELAS V SDN 04 PPA. Jurnal Basicedu, 3(2), 844-849.
Sintia, N., Kuswanto, C. W., & Meriyati, M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini dengan Model Outbound. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 6(2), 1-10.
SN, N. Y., & Zahro, I. F. (2020). MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REGGIO EMILIA. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(3), 250-259.
Suci, E. S. W., & Ismet, S. (2020). EFEKTIVITAS PERMAINAN BOLA BERGILIR TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 422-427.
Susiana, S. (2019). Pengaruh Kegiatan Bermain Drama Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Di Tk Mutiara Kenjeran Surabaya. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 109-116.
Syafrudin, U., Edwita, E., & Sarkadi, S. (2018). Pembelajaran Unik Pada Anak Yang Memiliki Kecerdasan Visual Spasial Yang Mengalami Kesulitan Belajar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 149-160.
Utami, F. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Outing Class terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 551-558.
Wilson, L.O .(2020) . The Second Principle [internet]. [diacu 2020 Mei 25] tersedia dari https://thesecondprinciple.com/
Wardhani,P.i., Sarjono, A.A., Prahesti, F.S., Wido, F.A., Ariesta, W., Ardiansyah, J., Novianti, H., Nurdeni, R.A., & Listiawati, Y. (2009). Buletin KKN Pendidikan. Volume 1 No 2. Doi: 10.23917/bkkndik.v1i2.10772.
Yulitri, R., Putri, W. O., Trisoni, R., & Hardi, E. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MELALUI KEGIATAN OUTBOUND UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 33-40.