MENGENALKAN LITERASI ANAK DALAM KEMAMPUAN KOGNITIF DI KELUARGA MELALUI APLIKASI GAME ANAK EDUKASI HEWAN LAUT

Authors

  • Siti Jamilah IKIP Siliwangi
  • Andrisyah Andrisyah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v3i6.p%25p

Keywords:

Literacy, Cognitive Ability, Family, Children's Educational Game Application Marine Animals

Abstract

Literacy needs to be done early to become an active reader in the future, so the family plays an important role in growing literacy. The family is the main holder of being the most important spearhead providing stimulations that are important for the growth of children's literacy. The family is the beginning of life, with our families starting real life. The ultimate family of capital starts the life of someone who Allah has bestowed upon us to go through every life process. This education is not always from the sources of the books we read but in everyday life that we find can be a source of education. This research uses descriptive qualitative method, which is a study by collecting data or information about problems that exist in the community or a family. The data needed in the form of primary data and secondary data. The analysis used in this research is content analysis. The data obtained from primary and secondary data are narrated descriptively and then coding thematically. This article explains game education in which a game that is specifically designed to teach particular learning through applications in addition to testing the cognitive abilities of children also tests the ability of children's creativity. Based on observations have been described to formulate that the existence of family cooperation in stimulating children can be done that originally did not know to want to know.

Literasi perlu dilakukan sejak dini agar menjadi pembaca aktif dimasa depannya, maka keluarga berperan penting untuk menumbuhkan literasinya. Keluarga adalah pemegang utama menjadi ujung tombak terpenting memberikan stimulasi-stimulasi yang penting bagi pertumbuhan lit- erasi anak. Keluarga adalah awal memulai kehidupan, dengan keluarga kita memulai kehidupan sebenarnya. Keluarga modal utama memulai kehidupan seseorang yang telah Allah SWT berikan anugrahkan kepada kita untuk menjalani setiap proses kehidupan. Edukasi ini tidak se- lalu dari sumber buku yang kita baca melainkan dalam kehidupan sehari-hari yang kita temukan bisa menjadi sumber edukasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu sebuah penelitian dengan cara mengumpulkan data atau informasi mengenai permasalahan yang ada di dalam masyarakat atau sebuah keluarga. Data yang dibutuhkan berupa data primer maupun data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Data yang diperoleh data primer dan data sekunder dinarasikan secara deskriptif dan selanjutnya di- lakukan pengkodean secara tematik. Diartikel ini menjelaskan tentang edukasi game dimana game yang di rancang khusus untuk mengajarkan suatu pembelajaran tertentu melalui aplikasi selain menguji kemampuan kognitif anak juga menguji kemampuan kreativitas anak. Berdasarkan observasi telah diuraikan merumuskan bahwa adanya kerjasama keluarga dalam menstimulus anak dapat dilakukan yang asalnya tidak tahu menjadi ingin tahu.

References

Pradipta, G. A. (2014). Keterlibatan orang tua dalam proses mengembangkan literasi dini pada anak usia paud di Surabaya. Journal Universitas Airlangga, 3(1), 1-2.

Irsa, D., Saputra, R. W., & Primaini, S. (2016). Perancangan aplikasi game edukasi pembelajaran anak usia dini menggunakan linear congruent method (LCM) berbasis android. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 6(1).

Jumiatin, D. (2017). Memahami Permasalahan Anak Usia Dini. Jatinangor: Alqaprint.

Johnson, M.H. [2005]. Teori Perkembangan Kognitif. Wikipedia. Retrieved Juli 15, 2019, from https://id.wikipedia.org/wiki/Teori_perkembangan_kognitif

Mulyadi, A. [2018]. Definisi Aplikasi Menurut Ahli. [2018, Januari 07]. Wordpress. Retrieved Mei 28, 2020, from https://ahmdmulyadi96.wordpress.com/2018/01/07/definisi-aplikasi-menurut-para-ahli/

Pertiwi, H., Masitoh, S., & Andrisyah, A. (2019). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TEAM PRODUCT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPAUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA DINI. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(1), 11-21.

Utama, E. [2018]. Penggunaan Gadget Untuk Menstimulasi Kemampuan Literasi Anak Prasekolah. [Tesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2018]

Downloads

Published

2020-08-18