PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN BAHASA TERHADAP MEMBACA ANAK USIA DINI

Mia Amelia, Ema Aprianti

Abstract


Some parents have children who can read is their pride, because through reading children will be easier to follow learning in elementary schools later. But the ability of children will not be achieved if it is not supported by the guidance of parents in teaching their children at home, because the intensity of teacher guidance at school is very little. The purpose of this study was to determine how much parental involvement in language development towards reading in early childhood. This research uses the Classroom Action Research method conducted in Group B TKQ Yaa Bunayya Karawang Regency by using data analysis conducted during the study from beginning to end through the stages of planning, implementing, observing, and reflecting on data, the data obtained during learning is processed using percentage techniques. Data collection techniques are done by observation, interview, and documentation. The subjects of this study were eight children, consisting of two girls and six boys. The results showed that the role of parents in improving language development towards reading in early childhood in Cycle II increased very high by 86%.


Sebagian orang tua mempunyai anak yang bisa membaca adalah kebanggan sendiri, karena melalui membaca anak akan lebih mudah dalam mengikuti pembelajaran di Sekolah Dasar nanti. Namun  kemampuan anak tidak akan tercapai jika tidak di tunjang dengan bimbingan orang tua dalam mengajarkan anaknya di rumah, karena intensitas bimbingan guru di sekolah sangatlah sedikit. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar keterlibatan orang tua dalam perkembangan bahasa terhadap membaca pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di Kelompok B TKQ Yaa Bunayya Kabupaten Karawang dengan menggunakan analisis data yaitu analisis kuantitatif yang dilakukan  selama penelitian dari awal sampai akhir  melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi data, data yang diperoleh selama pembelajaran diolah dengan teknik persentase. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah delapan orang anak, terdiri atas dua perempuan dan enam laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam meningkatkan perkembangan bahasa terhadap membaca pada anak usia dini pada Siklus II meningkat sangat tinggi sebesar 86%.


References


Aprianti, E. (2017). Penerapan Pembelajaran BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) dalam Konteks Perkembangan Sosial, Emosional Anak Usia Dini di Kober Baitturahim Kabupaten Bandung Barat. (Jurnal Ceria). Tunas Siliwangi. 3 (2). Pp 195-211.

Arikunto, S.(2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asmawati, L. (2015). Dimensi Pola Asuh Orangtua untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini 4-5 Tahun. Jurnal Teknodik, 19(1), 069-077.

Ghani, R. A. A. (2014). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Press.

Ikawati, E. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 1(02).

Latif, M., Zukhairina., Zubaidah, R., dan Afandi, M. (2016). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PRENADAMEDIA GRUP.

Nuraeni, A. (2016). Peran orang tua dalam pengembangan literasi dini anak kelompok B di gugus 7 Mangunan Dlingo Bantul. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(3), 245-256.

Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 51-62

Mulyani, N. (2017). Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suyadi., & Maulidya, U. (2016). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, H. G. (2008), Membaca suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zubaedah, E. (2004). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Diakes di staff.uny.ac.id.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v3i6.p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ceria is published by PG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building D, First Floor, Room D-13

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Ceria Journal

 

P-ISSN: 2614-6347

E-ISSN: 2714-4107

View My Stats