MEDIA PEMBELAJARAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERBAHAN LOOSE PARTS DI KELOMPOK B TK KASIH IBU

Authors

  • Annisa Qonita Auliyalloh TK Kasih Ibu, Sangkuriang-Cimahi
  • Anita Rakhman IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v3i6.p%25p

Keywords:

Loose Parts Media, STEAM, Creativity

Abstract

This study is intended to describe the impact of the implementation of the Loose Parts to kindergarten students' creativity when they learn about STEAM (Science, Technology, Engineering, Art. Mathematic), especially art. Creativity is used as an indicator of the impact as it is an important aspect of child development. Therefore, this study is intended to answer this question: does the implementation of Loose Parts as STEAM learning medium improve Kasih Ibu Kindergarten students' creativity? Data for this study is gathered through observation and documentation. Then, this study method using the thematic analysis method. The subjects for this study are 5 kindergarten children which consist of 2 males and 3 females who live in Cimahi. Their creativity is observed when they want to play with toys without having to buy one. They make their toys from Loose Parts that were available at their house. Most of them are more satisfied to make their toys than to merely buy them. This study concludes that the implementation of Loose Parts as STEAM learning medium improves Kasih Ibu Kindergarten students' creativity.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran STEAM (Science, Technology, Enginering, Art, dan Mathematic) berbahan Loose Parts terhadap kreativitas anak kelompok B khususnya dalam unsur Seni/Art. Tolok ukur pengaruh tersebut adalah kreativitas. Kreativitas dipilih sebagai tolok ukur karena merupakan aspek perkembangan anak yang sangat penting. Oleh karena itu, pertanyaan yang akan dijawab oleh penelitian ini adalah apakah media pembelajaran STEAM berbahan Loose Parts dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B TK Kasih Ibu. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode teori deskriptif dengan analisis data kualitatif . Objek penetilian ini adalah 5 orang anak usia dini/AUD Yaitu 2 anak laki-laki dan 3 anak perempuan  yang bertempat tinggal di Cimahi. Kreativitas mereka diteliti ketika mereka sedang ingin bermain suatu mainan tanpa harus membelinya yaitu dengan cara membuat mainan mereka sendiri berbahan Loose Parts (barang bekas) yang ada di rumah mereka. Dan hasilnya kebanyakan mereka lebih puas membuat dan menghasilkan suatu karya mainannya dibandingkan dengan hanya membelinya saja. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa media pembelajaran STEAM  berbahan Loose Parts dapat meningkatkan kreativitas di kelompok B TK Kasih Ibu.

References

Artobatama. (2018). Pembelajaran Stem Berbasis Outbound Permainan Tradisional. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 40-47.

Danasee. [2013]. Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Diakses dari :

http://danasee.blogspot.com/2013/03perkembangan_kreativitas_anak_usia_dini.html.

[Diakses: 2 Agustus 2018].

Helista, C.N. 2019. "STEAM". PG PAUD Universitas Negeri Semarang. Tersedia :

https://drive.google.com/file/d/1tJzriVyEDkXTsmUN_t6T3AH7d1kNlChB/view?usp=sharing (Diakses: 19 Juli 2019).

Nugraheni, A. D. (2019, September). PENGUATAN PENDIDIKAN BAGI GENERASI ALFA MELALUI PEMBELAJARAN STEAM BERBASIS LOOSE PARTS PADA PAUD. In Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran 2019 (pp. 512-518).

Septiani, F. I., Purnama, W., & Sumitra, A. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI KREATIFITAS SENI. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(3), 74-83.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

2020-08-18