MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK DI PAUD NURUL IMAN USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Fitri Suryaningsih PAUD Nurul Iman, Kp. Cidalung
  • Ronny Mugara IKIP Siliwangi Bandung, Jalan Terusan Jendral Sudirman
  • Heni Nafiqoh IKIP Siliwangi Bandung, Jalan Terusan Jendral Sudirman

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v3i6.p%25p

Keywords:

Language Development, Story Method, Media Big Book

Abstract

The purpose of this study was to examine the development of children's language through the method of storytelling using big book media. The reason for the research is to find out the extent of the results of the improvement of children's language development through storytelling with the big book media. The study population in PAUD Nurul Iman Naringgul. The subjects of the study were group B aged 5-6 years totaling 15 children consisting of 6 boys and 9 girls. The method used is Classroom Action Research. Data collection techniques using observations in the form of observation checklist sheets.Data analysis using quantitative descriptive. The results showed that there was an improvement in language development through the method of storytelling with the BSB pre-action category of 0% or no children developed in this phase, the first cycle was 7% or 1 person and the second cycle was 80% or 12 people. From the data, the conclusion is that the method of storytelling can improve children's language development where they can arrange words into a sentence, develop vocabulary, and understand with other people's words or what others have explained.

Tujuan penelitian ini untuk menelaah perkembangan bahasa anak melalui metode bercerita menggunakan media big book. Alasan dilakukan penelitian untuk mengetahui sejauhmana hasil peningkatan perkembangan bahasa anak melalui metode bercerita dengan media big book. Populasi penelitian di PAUD Nurul Iman Naringgul. Subyek penelitian adalah kelompok B usia 5-6 tahun berjumlah 15 anak yang terdiri dari 6 laki-laki dan 9  perempuan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi berupa lembar observasi chek list. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan perkembangan bahasa melalui metode bercerita dengankategori BSB pratindakan 0% atau tidak ada anak yang berkembang dalam fase ini, siklus I 7%  atau 1 orang dan siklus II 80% atau 12 orang. Dari data tersebut kesimpulannya adalah metode bercerita dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak yang mana mereka dapat menyusun kata-kata menjadi sebuah kalimat, mengembangkan perbendaharaan kata, dan mengerti dengan ucapan orang lain atau apa yang telah dijelaskan orang lain.

References

Berk, L.E. 1989. Child Development, sixth edition. USA: Pearson Educatin, Inc.

Depdiknas, 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003. Tentang sistem Pendidikan Nasional.

Depdiknas, 2005. Panduan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Direktorat PPTK dan KPT dirjen Dikti.

Fatmawati, E., Huzaimah, E., & Nafiqoh, H. (2018). MENGEMBANGKAN NILAI MORAL DAN DISIPLIN AUD MELALUI METODE BERCERITA. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(2), 41-46.

Madyawati, L. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group.

Mansur, 2011. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mudini dan Purba. 2009. Pembelajaran Berbicara. Jakarta: Depdiknas.

Setiawan, D. 2001. Belajar Membaca yang Menyenangkan dengan Big Book. Jakarta: Indolatih Manajemen.

Solehuddin, 2008. Pembaharuan Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Solehuddin, 2009. Pembaharuan Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

SuyadidanUlfah, M. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

USAID. 2014. Buku Sumber untuk Dosen LPTK: Pembelajaran Literasi Kelas Awal di LPTK. Jakarta: USAID.

Downloads

Published

2020-08-18