MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL UNTUK ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL

Asliatie Oktavia, Lenny Nuraeni

Abstract


Early literacy in early childhood is very important to be developed in children because it supports their needs in the future. This allows children to be able to absorb various information so that it makes it easier for children's knowledge to continue to develop through good communication and language skills. Appropriate media and in accordance with current developments are needed to facilitate the learning and learning process. Audiovisual media is a means of supporting learning that is right for this because it is in accordance with the principles of learning paud which is interesting and fun so that it is from that sense of fun that children can easily understand the information conveyed. The research of this article uses the library research method with a descriptive analytical approach in collecting and describing the data obtained. Existing data were analyzed with several stages starting from data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the use of audiovisual media can improve early childhood literacy skills.

Keaksaraan awal pada anak usia dini merupakan hal sangat penting untuk dikembangkan dalam diri anak karena menunjang kebutuhannya di masa mendatang. Hal ini memungkinkan anak untuk dapat menyerap berbagai informasi sehingga memudahkan pengetahuan anak terus berkembang  melalui kemmapuan berkomunikasu dan berbahasa yang baik. Media yang tepat dan sesuai dengan perkembangan zaman saat ini diperlukan untuk memudahkan proses belajar dan pembelajaran. Media audiovisual adalah salah satu sarana penunjang pembelajaran yang tepat untuk hal tersebut karena sesuai dengan prinsip pembelajaran paud yakni menarik dan menyenangkan sehingga dari rasa menyenangkan itulah anak dapat mudah memahami informasi yang disampaikan. Penelitian artikel ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan deskriptif analitis dalam mengumpulkan dan menguraikan data yang diperoleh. Data yang ada kemudian dianalisis dengan beberapa tahap mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa melalui penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia dini. 


Keywords


Early Literacy; Early Childhood; Audiovisual Media

Full Text:

PDF

References


Aida, S. (2018). Meningkatkan Keterampilan Membaca Awal Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik Dengan Menggunakan Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 56–63.

Dewi K & Herman Z. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 No.1, 81–96. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/1489

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.

Ifanah, E., & Christiana, E. (2015). Pengaruh Media Permainan Puzzle Huruf Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Kelompok A. Dk, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ni Kadek Ayu Mekarningsih, I Nyoman Wirya, M. M. (2015). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan pada Anak. E-Journal Pgpaud Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–10.

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Purnamasari, B. N., & Asri, S. A. (2019). Penerapan Pembelajaran Literasi dalam Menstimulasi Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–8.

Valentina, F., Wulandari, E., & Nuraeni, L. (2019). Upaya Untuk Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Aktivitas Origami Dengan Metode Demonstrasi Pada Anak-Anak Kelompok B Di Tk Bina Nusantara. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(4), 1. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i4.p1-6

Vendik, A., Solfiah, Y., & Nonformal, P. (2020). Studi Komparatif Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun yang Mengikuti Pendidikan dan yang Tidak Mengikuti Pendidikan Non-Formal di Tk Se-Kecamatan Logas Tanah Darat. 3, 55–63.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ceria is published by PG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building D, First Floor, Room D-13

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Ceria Journal

 

P-ISSN: 2614-6347

E-ISSN: 2714-4107

View My Stats