PENERAPAN PEMBIASAAN DAN KETELADANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN NILAI-NILAI MORAL SOPAN SANTUN PADA ANAK USIA DINI

Eli Solihati, Asep Samsudin, Dedah Jumiatin

Abstract


Today there are still children who are unfamiliar with good and bad behavior, especially in courtesy, such as saying rude things, borrowing things without permission, not saying and answering greetings, kissing the teacher's hand when meeting, passing without permission. Likewise, in Kober Awanta there are still children who do not understand what good and bad deeds are, therefore the purpose of this study is to improve children's moral values through the application of habituation and exemplary behavior, especially in being kind to teachers, parents and his age friends. The method used in conducting this research is the Class Action or Action Research where the research is carried out with 2 cycles, namely the first cycle and the second cycle. Data collection techniques used are observation and documentation techniques after the data collected and then analyzed using qualitative descriptive analysis. Before the study was conducted there were children who were still undeveloped, as much as 30%, but after the first cycle, there was an increase to 50%. Then the second cycle is carried out and the results are even more increasing, namely to 80%, this is certainly in accordance with the desired expectations. Thus it can be concluded that the application of habituation and example can actually improve the moral values of children, especially in courtesy.

Dewasa ini masih ada anak-anak yang belum mengenal perilaku baik dan buruk,terutama dalam sopan santun,  seperti berkata kasar, meminjam barang tanpa izin,, tidak mengucap dan menjawab salam, mencium tangan guru ketika bertemu, lewat tanpa permisi. Begitu juga di Kober Awanta masih ada anak yang belum faham apa itu perbuatan baik dan buruk,  maka dari  itu tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan nilai-nilai moral anak melalui penerapan pembiasaan dan keteladanan dalam bersikap , terutama dalam bersikap baik itu kepada guru, orang tua maupun teman seusianya. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah Tindakan Kelas atau Action Research dimana penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus yaitu tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Teknik  pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi, setelah data terkumpul lalu di analisis dengan menggunakan analisis deskriftif kualitatif. Sebelum dilakukan penelitian terdapat anak yang masih belum berkembang, sebanyak 30 %, tetapi setelah adanya tindakan siklus I ada peningkatan menjadi 50 %. Selanjutnya dilakukan tindakan siklus II dan ternyata hasilnya lebih meningkat lagi  yaitu menjadi 80% , ini tentunya sesuai dengan harapan yang diinginkan.  Dengan demikian  dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan  pembiasaan dan keteladanan ternyata dapat  meningkatkan nilai-nilai moral anak teutama dalam sopan santun.



Keywords


Moral Values, Courtesy, Babituation, Exemplary

Full Text:

PDF

References


Fatmawati, E., Huzaimah, E., & Nafiqoh, H. (2018). MENGEMBANGKAN NILAI MORAL DAN DISIPLIN AUD MELALUI METODE BERCERITA. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(2), 41-46.

Hendriana, H., & Afrilianto, M. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: Refika Aditama.

Sari, I. (2012). Peningkatan Nilai-Nilai Moral Anak Melalui Bercerita, Permainan Papan Magnet di Raudhatul Athfal Baburrahman Padang Pariaman. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(5).

Rahayu, N. (2014). Upaya Meningkatkan Nilai-Nilai Moral Anak Dalam Bertingkah Laku Melalui Metode Bercerita pada Anak Kelompok A di TK Pakis Jaya. PAUD Teratai, 3(1).

Setyorini, D., & Surtikanti, S. H. (2016). Implementasi Keteladanan Guru Dalam Pembentukan Karakter Anak (Deskriptif Kualitatif di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ganten Kerjo Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatatif, Dan R&D, CV Alfabeta .




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v4i1.p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ceria is published by PG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building D, First Floor, Room D-13

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Ceria Journal

 

P-ISSN: 2614-6347

E-ISSN: 2714-4107

View My Stats