STIMULASI KECERDASAN SPIRITUAL DAN PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK MELALUI MEDIA ANIMASI NUSSA DAN RARRA

Authors

  • Sri Wulan IKIP Siliwangi, Cimahi
  • Lenny Nuraeni IKIP Siliwangi, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i1.p%25p

Keywords:

Spiritual Intelligence, Moral Education, Nussa and Rarra Animation Media

Abstract

Spiritual intelligence in children is no less important than intellectual intelligence and emotional intelligence, spiritual intelligence has an important role in a child's life, spiritual intelligence is a person's ability to behave based on God, spiritual intelligence is closely related to the way children behave or have children's morals. In the era of technological development, the use of sophisticated media can be utilized in stimulating children related to spiritual intelligence and moral education, Nussa and Rarra's animated media can be a medium for giving educational messages about spiritual values and moral education. The research of this article uses a qualitative approach with the library research method (Qualitative approach with Library research methods), while the data collection techniques in this study use documentation and data research in published articles, the data analysis used is the bibliographic annotation analysis method. This research will be used in an effort to find and collect data, compile, use, and interpret existing data. From the results of this study, data or findings obtained that there are many spiritual values and moral education contained in the animated film Nussa and Rarra.

Kecerdasan Spiritual pada anak tidak kalah pentingnya dengan kecerdasan intlektual serta kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual memiliki peranan yang penting dalam kehidupan anak, kecerdasan sipiritual merupakan kemampuan seseorang dalam berprilaku yang didasarkan Tuhan, kecerdasan spiritual berkaitan erat dengan cara anak dalam berprilaku atau akhlak anak. Di era perkembangan teknologi penggunaan media yang canggih dapat dimanfaatkan dalam pemberian stimulasi pada anak terkait kecerdasan spiritual serta pendidikan akhlak, media animasi Nussa dan Rarra dapat menjadi media pemberi pesan edukasi mengenai nilai-nilai spiritual dan pendidikan akhlak. Penelitian artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan (Qualitative approach with Library research methods) adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan dokumentasi serta riset data pada artikel yang telah di publikasi, analisis data yang di gunakan yaitu dengan metode analisis anotasi bibliografi. Penelitian ini akan digunakan dalam usaha mencari dan mengumpulkan data, menyusun, menggunakan serta menafsirkan data yang sudah ada. Dari hasil penelitian ini diproleh data atau temuan bahwa banyak nilai spiritual dan pendidikan akhlak yang terkandung dalam film animasi Nussa dan Rarra.

References

Agustian, A. G. (2001). Emotional Spiritual Quotient: Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual. Jakarta: Arga Wijaya Persada.

Anggraini, L. I. (2019). Nilai-Nilai Islam dalam Serial Animasi Nussa.

Britton, L. (2019). Montessori Play and Leran (5th ed.). yogyakarta: PT Bentang Pustaka.

Fadlillah, M. (2019). Buku Ajar Bermain dan Permainan Anak Usia Dini (pertama). Jakarta: prenadamedia group.

Fardani, D. N., & Lismanda, Y. F. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Dalam Film “Nussa.†1.

Fithri, R. (2017). Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Cemara Indah Kota Pekanbaru. 1.

Hidayat, M. N. (2019). Pendidikan Akhlak dalam Film Animasi Nussa Produksi The Little Giantz.

Kamalia, I. (2019). Pesan Akhlak Dalam Film Animasi “Nussa Dan Rara†Di Youtube.

Mursid. (2015). Bealajar dan Pembelajaran PAUD. In PT Remaja Rosdakarya. bandung: Nita Nur Muliawati.

Nuraeni, L. (2015). Pemerolehan Morfologi (Verba) Pada Anak Usia 3, 4 Dan 5 Tahun (Suatu Kajian Neuro Psikolinguistik). STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 13–30.

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Rifai, A. (2019). Peran Orang Tua Dalam Membina Kecerdasan Spiritual. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 1(2), 257–291. https://doi.org/10.36670/alamin.v1i2.12

Suprahbawati, N. (2014). Peningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan Dengan Menggunakan Metode Montessori. 3, 1–6.

Universitas Pendidikan Indonesia. (2018). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah UPI.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2020-12-30