MEMBACA BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA PADA KELOMPOK B ANAK USIA DINI

Authors

  • Ai Kusmawati RA As Solihin, Jl. Kol. Masturi Cisarua
  • Asep Samsudin
  • Sharina Munggaraning Westhisi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i2.p%25p

Keywords:

Reading, Story Book, Language Skills

Abstract

Linguistic intelligence or language is one of the multiple intelligences that everyone has. Language is one of the communication tools that everyone has that is used to convey intentions, ideas, or ideas either orally or in writing. The problem that occurs is that there are children who are not able to convey their ideas/ideals, are still shy about speaking and even children do not dare to appear in public. The method used in this research is Classroom Action Research (PTK) which consists of two cycles, each cycle consisting of four stages, namely planning, implementing the action, observing, and reflecting on the subject of research carried out to two teachers and 22 students. Data collection techniques used observation sheets and data analysis used percentage descriptive techniques, the results of the research after the action of reading storybooks in improving children's language skills, initially before the action / pre-cycle an average of 40% in the first cycle of 56% and the second cycle. II increases to 95% so that it is stated that it has increased to reach the predetermined success indicators.

Kecerdasan Linguistik atau bahasa adalah salah satu dari kecerdasan majemuk ataumultiple intelligence yang di miliki setiap orang. Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi yang dimiliki setiap orang yang digunakan untuk menyampaikan maksud, ide atau gagasan baik secara lisan atau tulisan. Permasalahan yang terjadi masih adanya anak yang belum mampu menyampaikan ide/gagasannya, masih malu-malu dalam berbicara bahkan anak belum berani tampil didepan umum. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi subjek penelitian dilakukan kepada dua orang guru dan kepada 22 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan analisis data menggunakan teknik deskriptif presentase, hasil penelitian setelah dilakukan tindakan membaca buku cerita dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak, awalnya sebelum tindakan/pra siklus rata-rata 40% di siklus ke I sebesar 56% dan pada siklus ke II meningkat menjadi 95% sehingga hal ini dinyatakan sudah meningkat mencapai indikator  keberhasilan yang telah ditetapkan.

References

BAPUSIDA, J. (2016). Pedoman Pembudayaan Kegemaran membaca. Bandung : BAPUSIDA, JABAR

Depdiknas. (2003) Undang-Undang Republik Indonesia no.2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), Jakarta:Depdiknas.

Djamarah, S. B. (2006) Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : PT Rineka Cipta

Irdawati, I., Yunidar, Y., & Darmawan, D. (2014). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Online, 5(4).

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020) Bermain Bahasa di Rumah dalam Melaksanakan Belajar dari Rumah.

Nurgiantoro. (2010) Penilaian Pembelajaran Bahasa Yogyakarta : BPFE

Pellegrini, A. D., Brody, G. H., & Sigel, I. E. (1985). Parents' book-reading habits with their children. Journal of Educational Psychology, 77(3), 332

Rahim, F. (2008) Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta : Bumi Aksara.

Sumiyati, S., Supriyati, S., & Subawi, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Tebak Nama. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2), 131-140.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sukirno. (2009) Sistem Membaca Pemahaman yang Efektif. Purworejo : UMP Press

Westhisi, S. M. (2019). Metode Fonik dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 5(1), 23-37.

Westhisi, S. M. (2020). “Aku Istimewa, Aku Bisaâ€: Membaca Permulaan Bahasa Inggris melalui Metode Fonik bagi Anak Speech Delay. AL-ATHFAL: JURNAL PENDIDIKAN ANAK, 6(1), 81-94.

Downloads

Published

2021-02-18