PEMBELAJARAN METODE READ ALOUD TERHADAP KECERDASAN LINGUISTIK PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI RA ARROHMAN

Authors

  • Enung Setiasih PG PAUD IKIP Siliwangi
  • Komala Komala PG PAUD IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i2.p%25p

Keywords:

Read Aloud Method, Linguistic Intelligence, Early Childhood

Abstract

The Read-Aloud method is a method by reading books aloud that can attract attention to children so that they are interested and the meaning of the story is conveyed and can arouse discussions in children so that children's language development can increase, language is an important communication tool for everyone. Through language, a child will be able to develop social skills with other people. Because of this understanding, researchers conducted research using literature reviews, where researchers did not collect their own data but by researching and utilizing data or documents produced by other parties. In this case, secondary data is primary data obtained by other parties or primary data that has been further processed and presented either by primary data collectors or by other parties with data analysis used in this study, namely bibliographic annotation analysis. From previous research data, it is stated that learning using the read-aloud method properly and correctly can improve linguistic intelligence in children, using this method is expected to be a teacher strategy to help children focus attention mentally, raise questions, and stimulate interest in the discussion. This strategy has an effect on focusing attention and creating a cohesive group (interconnected) and building intimacy between people.

Metode Read Aloudadalah suatu metode dengan membacakan buku dengan keras yang dapat menarik perhatian untuk anak-anak sehingga mereka tertarik dan makna cerita tersampaikan serta dapat menggugah diskusi pada anak, sehingga perkembangan bahasa anak dapat meningkat, bahasa merupakan alat komunikasi yang penting bagi setiap orang. Melalui berbahasa, seorang anak akan dapat mengembangkan kemampuan bergaul (social skill) dengan orang lain. Karena pemahaman tersebut maka peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan literature review, yakni peneliti tidak mengambil data sendiri melainkan dengan meneliti dan memanfaatkan data atau dokumen yang dihasilkan oleh pihak-pihak lain. Dalam hal ini, data sekunder merupakan data primer yang diperoleh oleh pihak lain atau data primer yang telah diolah lebih lanjut dan disajikan baik oleh pengumpul data primer atau oleh pihak laindengan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis anotasi bibliografi.Dari data penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode read alouddengan baik dan benar dapat meningkatkan kecerdasan linguistik pada anak, dengan menggunakan metode ini diharapkan menjadi strategi guru untuk membantu anak untuk memfokuskan perhatian secara mental, menimbulkan pertanyaan-pertanyaan serta merangsang minat untuk diskusi, strategi ini mempunyai efek pada pemusatan perhatian dan membuat suatu kelompok kohesif (saling berhubungan)serta membangun keakraban antar sesama. 

References

Amour, M. J. (2003). Connecting Chil- dren’s Stories to Children’s Litera- ture: Meeting Diversity Needs. Early Childhood Education Journal. 31(1). 24-51.

Doludea, A,. & Nuraeny, L. (2018). Meningkatkan Keterampilan Meny- imak Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Dengan Metode Bercerita Melalui Wayang Kertas Di Tk Makedonia. Jurnal Ceria 1(1), pp 3-4.

Erlina, (2008). Metodologi Penelitian, USU Press, Medan

Irawati, Y. (2013). Metode Pendidikan Karakter Islami Terhadap Anak Menurut Abdullah Nasih Ulwan dalam Buku Pendidikan Anak dalam Islam dan Relevansinya dengan Tu- juan Pendidikan Nasional. Skripsi

tidak diterbitkan. UIN Sunan Kalija-

ga

McGee, L. M., & Schickedanz, J. a.

(2007). Repeated interactive read- alouds in preschool and kindergarten. The Reading Teacher, 60 (8), 742– 751. http://doi.org/10.1598/RT.60.8.4

Permendiknas No. 58 Tahun 2009 Ten- tang ruang lingkup perkembangan anak usia dini

Rosliyani, N. (2016). Mengenal metode read aloud. Retrieved August 6, 2020, from https://nonirosliyani.com/ mengenal-metode-reading-aloud/

Syaodih, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung.

Strachan, S. L. (2015). Kindergarten stu- dents’ social studies and content lit- eracy learning from interactive read- alouds. Journal of Social Studies Re- search, 39(4), 207–223. http:// doi.org/10.1016/j.jssr.2015.08.003

Trelease, J. (2013). Read aloud hand- book: mencerdaskan anak dengan membacakan cerita semenjak dini. Jakarta: Mizan.

The UCSC University Library. (2019). Write a Literature Review.. UCSC University Library. Retrived August 24, 2020, from http://guides.li- brary.ucsc.edu/write-a-literature-re- view

Downloads

Published

2021-03-16