PERMAINAN KONSTRUKTIF DALAM MENANAMKAN KREATIVITAS ANAK PADA KELOMPOK B

Authors

  • Mira Sulastri PAUD KOTA Al Hidayah SSI, Jl. Sumber Asih 32-25, Bandung
  • Anita Rakhman IKIP Siliwangi Bandung, Jl. Jend. Sudirman, Cimahi 40526

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i2.p%25p

Keywords:

Constructive Play, Creativity, Group B Children

Abstract

The growth and development of early childhood are strongly influenced by the surrounding en- vironment, parenting styles, and the types of toys used. In the future, they are required to be cre- ative individuals. The problem that we often find in the field today is the low creative ability of early childhood because they are not used to developing their imaginative power. The purpose of this research is to instill early childhood creativity through constructive play in pre-school children. The research method used is qualitative descriptive, with the research subject consist- ing of three randomly selected students, with data collection techniques taken through observa- tion, interviews, and documentation. Data analysis techniques are carried out. Data analysis techniques used in qualitative research according to Miles and Huberman (Sugiyono, 2018: 132) are data collection, data reduction, data display, and verification. The results of the re- search show that the planning is carried out by the teacher by preparing a curriculum, carried out with fun learning and the results of creativity, in general, can develop according to expecta- tions, first has the potential for good provisions, a conducive climate around the child's envi- ronment will develop well, the second child likes to imitate, the third likes to play, This is a way to express the results of thoughts and explore the environment, the fourth is high curiosity, the child shows an exploratory attitude and begins to get used to actively asking questions.

Pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini sangat dipengaruhi pada lingkungan sekitar, pola asuh maupun jenis mainan yang digunakan. Pada masa kedepannya mereka dituntut untuk menjadi pribadi yang kreatif. Masalah yang saat ini sering kita temukan di lapangan adalah masih rendahnya kemampuan kreativitas anak usia dini karena tidak terbiasa dibangun daya imajinatifnya.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menanamkan kreativitas anak usia dini melalui permainan konstruktif pada anak pra sekolah. Metode penelitian yang diambil adalah menggunakan deskritif kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri dari tiga orang peserta didik yang dipilih secara acak, dengan teknik pengumpulan data yang diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian kualitatif menurut Miles dan Huberman (Sugiyono, 2018: 132) adalah data collection, reduksi data, displaydata dan verifikasi. Hasil penelitian bahwa perencanaan dilaksanakan guru dengan menyiapkan kurikulum, dilaksanakan denganopembelajaran yang menyenangkan dan hasil kreativitas pada umumnya dapat berkembang sesuai harapan, pertama memiliki potensi bekal kebaikan, iklim kondusif di sekitar lingkungan anak akan berkembang dengan baik, kedua anak suka meniru, ketiga suka bermain, ini cara untuk mengungkapkan hasil pemikiran dan menjelajahi lingkungan sekitar, keempat rasa ingin tahu yang tinggi, anak menunjukan sikap eksploratif dan mulai terbiasa aktif bertanya.

References

Fistianti, D. N. (2013). Pengaruh per- mainan konstruktif untuk mengem- bangkan kreativitas anak usia seko- lah (Doctoral dissertation, Universi- tas Muhammadiyah Surakarta).

Mulyani, N. (2017). Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung. PT. Rosdakarya.

Mulyani, N. (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Bandung. PT Rosdakarya

Mulyasa. (2018). Manajemen PAUD.Bandung. PT Rosdakarya.

Nurnawati, I. K. K., Syarifah, A., Win- darsih, C. A., & Santana, F. D. T. (2020). Penggunaan Permainan Kon- struktif Media Playdough Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Pada Anak Kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(2), 119-125.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Alfabeta.

Wahyuningsih, S. (2017). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Diklat Dasar PAUD Melalui Daring. PP-PAUD dan DIKMAS Jawa Barat.

Downloads

Published

2021-02-18