PERMAINAN KONSTRUKTIF DALAM MENANAMKAN KREATIVITAS ANAK PADA KELOMPOK B

Mira Sulastri, Anita Rakhman

Abstract


The growth and development of early childhood are strongly influenced by the surrounding environment, parenting styles, and the types of toys used. In the future, they are required to be creative individuals. The problem that we often find in the field today is the low creative ability of early childhood because they are not used to developing their imaginative power. The purpose of this research is to instill early childhood creativity through constructive play in pre-school children. The research method used is qualitative descriptive, with the research subject consisting of three randomly selected students, with data collection techniques taken through observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques are carried out. Data analysis techniques used in qualitative research according to Miles and Huberman (Sugiyono, 2018: 132) are data collection, data reduction, data display, and verification. The results of the research show that the planning is carried out by the teacher by preparing a curriculum, carried out with fun learning and the results of creativity, in general, can develop according to expectations, first has the potential for good provisions, a conducive climate around the child's environment will develop well, the second child likes to imitate, the third likes to play, This is a way to express the results of thoughts and explore the environment, the fourth is high curiosity, the child shows an exploratory attitude and begins to get used to actively asking questions.

Pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini sangat dipengaruhi pada lingkungan sekitar, pola asuh maupun jenis mainan yang digunakan. Pada masa kedepannya mereka dituntut untuk menjadi pribadi yang kreatif. Masalah yang saat ini sering kita temukan di lapangan adalah masih rendahnya kemampuan kreativitas anak usia dini karena tidak terbiasa dibangun daya imajinatifnya.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menanamkan kreativitas anak usia dini melalui permainan konstruktif pada anak pra sekolah. Metode penelitian yang diambil adalah menggunakan deskritif kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri dari tiga orang peserta didik yang dipilih secara acak, dengan teknik pengumpulan data yang diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian kualitatif menurut Miles dan Huberman (Sugiyono, 2018: 132) adalah data collection, reduksi data, displaydata dan verifikasi. Hasil penelitian bahwa perencanaan dilaksanakan guru dengan menyiapkan kurikulum, dilaksanakan denganopembelajaran yang menyenangkan dan hasil kreativitas pada umumnya dapat berkembang sesuai harapan, pertama memiliki potensi bekal kebaikan, iklim kondusif di sekitar lingkungan anak akan berkembang dengan baik, kedua anak suka meniru, ketiga suka bermain, ini cara untuk mengungkapkan hasil pemikiran dan menjelajahi lingkungan sekitar, keempat rasa ingin tahu yang tinggi, anak menunjukan sikap eksploratif dan mulai terbiasa aktif bertanya.


Keywords


Constructive Play; Creativity; Group B Children

References


Fistianti, D. N. (2013). Pengaruh permainan konstruktif untuk mengembangkan kreativitas anak usia sekolah (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Mulyani, N. (2017). Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung. PT. Rosdakarya.

Mulyani, N. (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Bandung. PT Rosdakarya

Mulyasa. (2018). Manajemen PAUD. Bandung. PT Rosdakarya.

Nurnawati, I. K. K., Syarifah, A., Windarsih, C. A., & Santana, F. D. T. (2020). Penggunaan Permainan Konstruktif Media Playdough Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Pada Anak Kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(2), 119-125.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Alfabeta.

Wahyuningsih, S. (2017). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Diklat Dasar PAUD Melalui Daring. PP-PAUD dan DIKMAS Jawa Barat.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v4i2.p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ceria is published by PG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building D, First Floor, Room D-13

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Ceria Journal

 

P-ISSN: 2614-6347

E-ISSN: 2714-4107

View My Stats