PERAN GURU DAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DAN KEGIATAN BELAJAR DI RUMAH MELALUI DARING (ONLINE) DI TK MUTIARA NUSANTARA BANDUNG

Novia Maryani Nadeak, Chandra Asri Windarsih

Abstract


The study in this study is about learning activities during the virus corona disease epidemic and the consequences of being a student at school today.  The purpose of the research is to describe the role of teachers and parents to support activities in early childhood education. The research method used is qualitative with a case study approach. The subjects of this research were the homeroom teacher of class A at Mutiara Nusantara Kindergarten who was considered one person, the TK A group students planned for 11 people, as well as the parents of the Kindergarten A group. The research instrument is to collect data through the interview, observation, documentation uses analytical-qualitative. The results of the study show: The role of parents and the teachers are very basic in supporting the process of children learning at home, both of them must build collaboration to maximize children's learning activities at home. The teacher's creativity in presenting interesting and fun online learning will greatly determine the amount of children’s attention to online learning activities.

Kajian dalam penelitian ini adalah mengenai kegiatan pembelajaran pada masa pendemi corona virus disease  dan konsekuensi menjadi peserta didik di sekolah saat ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan  peran guru dan peran orangtua untuk mendukung kegiatan pembelajaran pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun subjek dari penelitan ini adalah  guru wali kelas A di TK Mutiara Nusantara yang berjumlah satu orang, peserta didik kelompok TK A yang berjumlah 11 orang, serta para orang tua kelompok TK A.Dimana teknik pengumpulan data peneliti melaluiobservasi,wawancara dan dokumentasianalisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peranan guru dan orang tua memang sangat mendasar dalam mendukung proses anak belajar di rumah.  Keduanya harus membangun kolaborasi demi memaksimalkan kegiatan belajar anak. Kreativitas guru dalam menghadirkan pembelajaran daring (online) yang menarik dan menyenangkan akan sangat menentukan besarnya atensi anak terhadap kegiatan belajar daring (online).


Keywords


The Role Of Teachers; Parents; Online Learning

Full Text:

PDF

References


Abdulrachman, P. (2020). Panduan Orang tua mendampingi Anak Belajar dari rumah dengan MIKIR. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia https://guruberbagi.kemendikb ud.go.id/

Amirulloh, S. (2014) Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga.Jakarta : PT Elex Media Komplitudo

Hikmah, N., & Zahro, I. F. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MELALUI METODE BERMAIN PADA ANAK USIA DINI. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(1), 85-92.

Isjoni. (2018). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Alfabeta: Bandung

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: ALFABETA.

Surat Edaran Mendikbud no 4 tahun 2020. Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) https://pusdiklat.kemendikbud.go.id//




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v4i2.p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ceria is published by PG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building D, First Floor, Room D-13

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id
Click to access: Ceria Journal

 

P-ISSN: 2614-6347

E-ISSN: 2714-4107

View My Stats