PEMBELAJARAN SENI RUPA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MEWARNAI

Authors

  • Heni Heryani Kober Lentera, Komplek DU F44 Rt06/09 Bandung
  • Agus Sumitra

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i3.p%25p

Keywords:

Fine Art Learning, Creativity, Coloring

Abstract

Learning fine arts is one of the lessons that children like because this learning is easy and also in harmony with the potential feelings that exist in children. One of the activities of learning this art is coloring. Coloring is the activity of putting colors or dyes (crayons) on an image. Through coloring activities, it is hoped that children can develop their imagination so that their creative abilities will be more developed. Creativity or creativity that is owned by a person has a level according to the level of development. In this study, researchers used a qualitative approach with descriptive methods carried out using field observation techniques and interviews with a study sample of 15 children. Data analysis using data reduction, data display, and conclusions. The purpose of the researcher using this method is to get a picture of the development of children's creativity, especially in children aged 5-6 years through coloring activities. The results obtained were an increase in the achievement of children's development values in art learning between before and after coloring activities. This can be seen at the end of the research or the 6th meeting, their development value increased from starting to develop (MB) until finally, the value of their development reached very well (BSB). So that it can be concluded that through coloring activities, children's creativity becomes more developed.

Pembelajaran seni rupa merupakan salah satu pembelajaran yangsangatdisukai oleh anak-anak, karena pembelajaran ini mudah dan jugaselarasdenganpotensi rasa yang ada dalamdirianak.Salah satu kegiatan dari pembelajaran seni ini adalah mewarnai.Mewarnai merupakan suatu kegiatan membubuhkan warna atau pewarna (krayon) pada suatu gambar.Melalui kegiatan mewarnai, diharapkan anak dapat mengembangkan imajinasinya, sehingga kemampuan kreativitasnya akan lebih berkembang. Kreativitasataudayacipta yang dimilikiseseorangmempunyaitingkatansesuaidengan tingkatperkembangannya.Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptifyang dilakukan dengan menggunakan teknik observasi lapangan dan wawancara dengan sampel penelitian sebanyak 15 oranganak.Analisis data menggunakanreduksi data, display data,dan kesimpulan.Tujuanpeneliti menggunakan metode tersebut adalah untuk mendapatkangambaran tentang perkembangankreativitasanakterutama pada anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan mewarnai.Hasil penelitian yang diperoleh yaitu adanya peningkatanpencapaian nilai perkembangananak dalam pembelajaran seniantara sebelum dan sesudah melakukan kegiatan mewarnai. Hal tersebut terlihatpada akhir penelitian,nilai perkembangan mereka meningkat dari mulai berkembang (MB)sampai akhirnya nilai perkembangannyamencapaiberkembang sangat baik (BSB).Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa melalui kegiatan mewarnai kreativitas anak menjadi lebih berkembang.

References

Abay N. (2014). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kreativitas Anak Dalam Mewarnai Gambar Pada Anak Kelompok B Paud Unggulan Mutiara Desa Dulamayo Kecamatan Bongomeme.[Skripsi, Universitas Negeri Gorontalo. 2014].

Adhani, D. N., &Hanifah, N. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Warna (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Kelompok B di RA Muslimat NU 107 Khodijah Kramat Duduksampeyan). Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(1), 64-75.

Jumiatin, D. (2017). Pendidikan Seni Rupa Anak Usia Dini. Jatinangor: Alqaprint

Kamsidjo., [2009] Pendidikan Seni Rupa Berbasis Pendidikan Anak Usia Dini dengan Pendekatan Ekspresi Bebas. Makalah, Online tersedia

Marsih, L., [2018]. Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mewarnai. Jurnal Abdikarya. 02

Retrieved from : http://jurnal.untagsby.ac.id/index.php/abdikarya/article/view/2074

Nasution. (2012). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Yogyakarta: Bumi Aksara.

Pamadhi, H., & Sukardi, E. (2008).Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas terbuka.[2-14]

Pamilu,A.(2007). Mengembangkan Kreativitas Dan Kecerdasan Anak. Yogyakarta: Citra Media.

Sugiyono. (2017). MetodePenelitian

Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan

Perguruan Tinggi.

Suratno. (2005). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 TentangSistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Visimedia

Wulansari, R., Jubaedah, D. S., &Zahro, I. F. (2018). PENERAPAN TEKNIK KOLASE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA KEGIATAN MENGGAMBAR PADA ANAK USIA DINI. CERIA (CerdasEnergikResponsifInovatifAdaptif), 1(3), 89-94.

Downloads

Published

2021-05-17