MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI OUTDOOR ACTIVITY

Suci Lia Halimah, Komala Komala

Abstract


Interpersonal intelligence is also known as social intelligence, one of the multiple intelligences (Multiple Intelligence). This research is motivated by the many parents who only pay attention to intellectual intelligence problems only or only on the cognitive aspects. Therefore we need an activity that stimulates interpersonal intelligence in terms of communication skills, empathy, and difficulty children make friends with peers because Interpersonal intelligence is very important when living socializing in a social environment. Therefore we need activities to stimulate intelligence. The purpose of this study is to describe the stimulation of interpersonal intelligence with outdoor activity. This research is a qualitative descriptive method with the subject of early childhood research 5-6 years, amounting to 23 male students of class B4 in Ra. Daarul jihad Rancaekek with data collection techniques such as interviews, observation, and documentation with data analysis including data reduction, data display, and verification. Research results show that through outdoor activity interpersonal intelligence can develop with a variety of traditional game activities, or daily habituation.

Kecerdasan Interpersonal dikenal juga dengan kecerdasan sosial salah satu dari kecerdasan ganda (Multiple Intellegence). Penelitian ini dilakukan karena banyaknya orangtua yang hanya memperhatikan  masalah kecerdasan intelektualnya saja atau hanya pada aspek kognitifnya. Oleh sebab itu diperlukan kegiatan yang menstimulus kecerdasan interpersonal dalam hal keterampilan berkomunikasi, berempati, dan sulitnya anak berteman dengan teman sebaya karena kecerdasan Interpersonal sangat penting saat hidup bersosialisasi di lingkungan bermasyarakat. Oleh karena itu diperlukan kegiatan untuk menstimulasi kecerdasan tersebut. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan menstimulus kecerdasan interpersonal dengan outdoor activity. Penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian peserta didk usia 5-6 tahun yang berjumlah 23 peserta didik laki-laki kelas B4 di Ra. Daarul jihad rancaekek dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan analisis data meliputi data reduction, data display, dan verification. Hasil penlitian menunjukkan bahwa melaui outdoor activitykecerdasan interpersonal dapat berkembang dengan berbagai ragam kegiatan permainan tradisional, ataupun pembiasaan sehari- hari


Keywords


Multiple intelligence; Intellegence interpersonal; Outdoor Activity

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2009). ”Bermain pengantar bagi Penerapan Pendekatan Beyond Centers and Circle Time ” (BCCT). Bandung: Rizqi Press

Aprianti, D. (2014). ”Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Outdoor Activity. Bandung: UPI

Depdiknas. (1990). ”Manajemen Peningkatan ”Mutu Berbasis sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen

Juniarti, F., Jumiatin, D., & ”Ariyanto, A. A. (2019). ”Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Metode ”Bermain Peran Pada Anak Usia Dini Di Ra Al Hidayah Bandung. ”CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(5), 1-6.

Uno, H., & Nurdin. (2012). Belajar dengan ”Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono.(2012). ”Strategi Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Vera, A. (2012). ”Strategi Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Yogyakarta: Diva Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v4i3.p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ceria is published by PG-PAUD of IKIP Siliwangi, Indonesia

Publisher Address:

Terusan Jenderal Sudirman Street, Cimahi

Building H, First Floor, Room H-3

IKIP Siliwangi, Bandung, West Java Indonesia, 40526

Telp/Fax: (022) 6629913, 
Email: ceria@journal.ikipsiliwangi.ac.id or jurnalceriapaud@gmail.com


Click to access: Ceria Journal

 

P-ISSN: 2614-6347

E-ISSN: 2714-4107

View My Stats