PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN TUTUP BOTOL PINTAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI

Authors

  • Inih Kartinih TK KHAERUNNISA , Jln raya Palumbon Purwakarta
  • Sri Nurhayati IKIP SILIWANGI, Jln Terusan Jend. Sudirman Cimahi
  • Rita Nurunnisa IKIP SILIWANGI, Jln Terusan Jend. Sudirman Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i4.p%25p

Keywords:

Counting Ability, Early Childhood, Smart Bottle Cap Board

Abstract

Children are children given by God who must be looked after and developed potential,  one aspect of early childhood development is the cognitive aspect. Cognitive is the intellectual ability of the child in thinking, knowing, and solving problems, the ability of symbols that symbolize the number of objects. Developing cognitive abilities can be done through the introduction of simple counting concepts. In learning to count in early childhood, children learn to connect real objects with mathematical symbols. One of the real objects is the smart bottle cap board medium. Based on the results of observations due to the learning that relies on the child's worksheet, the lack of stimulus and learning not by using real objects and less interesting, so researchers conducted a study to find out how teachers are trying to improve early childhood counting skills with smart bottle cap board media with qualitative descriptive research methods. The study subjects were 11 people, consisting of 5 girls, 6 boys, and 1 classroom teacher in Khaerunnisa Kindergarten. The data collection technique carried out in this study is observation, with technical analysis using qualitative data analysis techniques. Based on observations that researchers conducted during three meetings, it was obtained that the ability to count early childhood through the medium of smart bottle cap boards can be improved. Children become happy in counting learning.

Anak merupakan titipan yang diberikan oleh Tuhan yang harus dijaga dan dikembangkan potensinya, salah satu aspek perkembangan anak usia dini adalah aspek kognitif. Kognitif yaitu kemampuan intelektual anak dalam berpikir, mengetahui dan memecahkan  masalah, kemampuan simbol yang melambangkan banyaknya benda. Untuk mengembangkan kemampuan kognitif dapat dilakukan melalui pengenalan konsep berhitung sederhana. Dalam pembelajaran berhitung pada anak usia dini, anak belajar menghubungkan objek nyata dengan simbol matematis. Salah satu objek nyata tersebut yakni dengan media papan tutup botol pintar. Berdasarkan hasil pengamatan, karena pembelajaran yang mengandalkan lembar kerja anak, kurangnya stimulus dan pembelajaran belum menggunakan objek nyata dan kurang menarik, sehingga peneliti melakukan penelitian  untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini  dengan media papan tutup botol pintar dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yakni 11 orang, terdiri dari 5 orang anak perempuan, 6 orang anak laki-laki dan 1 orang guru kelas di TK Khaerunnisa. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yakni observasi, dengan teknis analisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan maka diperoleh hasil bahwa kemampuan berhitung anak usia dini melalui media papan tutup botol pintar dapat meningkat. Anak menjadi senang dalam pembelajaran berhitung.

References

Affandi. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing

Anggani, S. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo

Fatimah, S. R. & Nurhayati, S. (2020). Manajemen Lembaga Taman Kanak-kanak Berprestasi Dalam Rangka Mencetak Anak Usia Dini Yang Unggul dan Berkarakter. (Studi Kasus Di TK Islam Waladun Solih Desa Jayagiri Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Comm-Edu (Community Education Journal), Volume 3 Nomor 1 Januari hal. 8

Halimah. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: PT.Rafika Aditama

Jumiatin, D. (2018). Memahami Permasalahan Anak Usia Dini. ALQAPRINT JATINANGOR-AnggotaIkapi.

Nurunnisa, R., Nuraeni, L., & Andrisyah, A. (2020). Penyuluhan Program Sekolah Ramah Anak Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Berbasis Child Center Pada Pendidik Di Taman Kanak-Kanak Kota Purwakarta. Abdimas Siliwangi, 3(1), 94-103.

Rohmalina. (2016). “3R†(Reduce, Reuse, Recycle) “Sebagai Inovasi Media Pembelajaran PAUD Dalam Menyongsong Indonesia Bebas Sampah Di PAUD Siaga Kota Cimahi†Tunas Siliwangi 2(2) 43-53

Sriningsih, S, N. (2008). Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Pustaka Dalaprasta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Suryani & Putria, (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. PT REMAJA ROSDAKARYA

Susanto. (2011). Pengembangan Anak Usia Dini pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: PT. Kencana Perdana Media Grup

Suyanto. (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini, Jakarta, departemen pendidikan nasional

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Downloads

Published

2021-07-13