UPAYA PENINGKATAN PERMAINAN TRADISIONAL MENJALA IKAN MELALUI KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Ai Nurhaeni PAUD Almuqsith Cianjur

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i5.p%25p

Keywords:

Gross Motor, Early Childhood, Traditional Game of Fishing

Abstract

Based on the observations obtained rough motor ability of children still does not appear well because of monotonous learning and lack of stimulus for learners through games. So that the atmosphere of teaching and learning is monotonous, the ability of learners is less well explored. The rough motor is a child's ability to do activities using his big muscles. To develop the ability of rough motor needs have stimuli done to stimulate the development of rough motor, one of which is the game of fishing. This game of fishing is done in an open space or field without using the media and safely, this game is likened to a fisherman who is fishing in a pond. This research method uses the class action research method, the subjects studied are 20 children, men numbering 10 people, and women numbering 10 people in the age group 4-5 years in PAUD Almuqsith. The data collection technique in this research is observation. Data analysis techniques using qualitative data analysis. After the implementation of the study, some children have developed good motor rough as researchers hope. Based on the research obtained results 1) Pre-action reached 25%, 2) Cycle I reached 50%, 3) Cycle II managed to reach 80%. It can be said that traditional games of fishing given with a pleasant atmosphere and performed in the outdoors can affect the ability of rough motor in early childhood. 

Berdasarkan hasil pengamatan diperoleh kemampuan motorik kasar anak masih belum muncul dengan baik karena pembelajaran yang monoton  dan kurangnya stimulus untuk peserta didik melalui permainan. Sehingga suasana belajar mengajar monoton, kemampuan peserta didik kurang tereksplor dengan baik. Motorik kasar merupakan kemampuan anak beraktivitas dengan menggunakan otot-otot besarnya. Untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar perlu adanya rangsangan yang dilakukan untuk menstimulus perkembangan  motorik kasar salah satunya yaitu permainan menjala ikan. Permainan menjala ikan ini dilakukan diruang terbuka atau lapangan tanpa menggunakan media dan aman, permainan ini diibaratkan  seorang nelayan yang sedang menjala ikan di kolam. Metode penelitian ini menggunakan   metode penelitian tindakan kelas, subjek yang diteliti yaitu 20 anak, laki-laki berjumlah 10 orang dan perempuan berjumlah 10 orang pada kelompok usia 4-5 tahun di PAUD Almuqsith. Adapun teknik pengumpulan data  dalam penelitian ini yaitu observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Setelah dilaksanankannya penelitian ada beberapa anak telah berkembang baik motorik kasarnya sebagaimana harapan peneliti. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil 1) Pra tindakan mencapai  25%, 2)  Siklus I mencapai  50%, 3) Siklus II berhasil mencapai  80%. Dapat dikatakan dengan permainan tradisional menjala ikan yang diberikan dengan suasana yang menyenangkan dan dilakukan di alam terbuka dapat berpengaruh  pada kemampuan motorik kasar pada anak usia dini.

References

Halimah. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama

Hendriana, H., & Afrilianto. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: Refika Aditama

Khadijah, N.A. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Teori Dan Praktik .Jakarta: Prenadamedia Group.

Permendikbud RI No.146. (2014). Kurikulum 2013.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods ) Bandung: Alfabeta

Suliyah. (2016). Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Menjala Ikan Pada Anak Kelompok B Tk Dharma Wanita 1 Pojok Kecamatan Campur Darat Kabupaten Tulung Agung. Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI. Kediri.

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Surdayanti, E.T., Sahara, K.N., Rohmalina. (2018). MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA PRASEKOLAH MELALUI GERAKAN TARI PADA KELOMPOK B DI TK NURANI.(Cerdas Responsive Inovatif Adaptif) 2(1).48-51

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Watimah. (2014). Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Gobak Sodor Anak Kelompok B Tk Khalifah Sukonani Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Downloads

Published

2021-09-27