PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Nunung Wahyuni Kober Cerdik, Kp. Nyomplong Cipatat Rajamandalakulon
  • Muhammad Kosim Sirodjudin IKIP SILIWANGI, Cimahi
  • Komala Komala IKIP SILIWANGI, Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v4i5.p%25p

Keywords:

Teacher Role, Self-Reliance, Early Childhood

Abstract

The purpose of this research is to describe the role of teachers in developing the independence of children aged 5-6 years. The research method used is a literature study using secondary data. The data sources used are relevant sources from research that has been done previously in the form of theses, scientific papers, and books related to the title of this scientific work. In making the planning the teacher races on the candy and the curriculum that has been determined by the educational institution. The method used by the teacher in developing children’s independence is not only one method, but two or more suitable methods that are combined. The teacher also provides media that will be used during the implementation of learning activities as means of conveying learning messages to children so that they are easier for children to accept. The teacher also conducts evaluations during the learning process and at the end of learning activities. There are obstacles that teachers encounter in developing children's independence when they first enter school because they have to meet new people and have to interact with new environments.

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru dalam pengembangan kemandirian anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literaturedengan menggunakan data sekunder. Sumber data yang digunakan berupa sumber-sumber yang relevan dari penelitian yang telah dilakukan terdahulu berupa hasil skripsi, karya ilmiah dan buku-buku yang berkaitan dengan judul karya ilmiah ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan serta analisis  data yang digunakan oleh peneliti berupa analisis anotasi bibliografi yang berupa kesimpulan dari berbagai sumber yang peneliti baca. Dalam pembuatan perencanaan pengembangan kemandirian guru berpacu pada permen dan kurikulum yang sudah di tentukan oleh lembaga pendidikan tersebut. Metode yang digunakan guru dalam pengembangan kemandirian anak tidak hanya satu metode, akan tetapi dua atau beberapa metode yang dapat disesuaikan dandikombinasikan. Guru juga menyediakan media yang akan digunakan pada saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran sebagai sarana penyampaian pesan pembelajaran kepada anak agar lebih mudah diterima oleh anak. Guru juga melakukan evaluasi pada saat proses pembelajaran berlangsung dan di akhir kegiatan pembelajaran. Adapun hambatan yang ditemui guru dalam pengembangan kemandirian anak ada pada saat anak baru pertama kali masuk sekolah, karena ia harus menemui orang-orang baru dan harus berinteraksi dengan lingkungan baru.


References

Komala, K. (2015). Mengenal dan Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Orang Tua dan Guru. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 31-45.

Meli, & Novikasari. (2015). Peranan Guru Dalam Mengatasi Anak Pemalu Di RA Dharma Wanita Persatuan Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Barat. Proposal Penelitian: Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Mulyasa. (2011). Manajemen berbasis sekolah, konsep, strategi dan implementasi. Bandung: PT Ramaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Silranti, M., & Yaswinda. (2019). Pengembangan Kemandirian anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Dharmawanita Tunas Harapan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. 6(2), 77-83.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Wiyani, N. A. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta. Ar- Ruzz Media.

Yulanda, R., Astuti, I., & Sutarmanto. (2013). Peranan Guru dalam Mengembangkan Perilaku Kemandirian Pada Anank Usia 5- 6 Tahun di TK. AL-Mumtaz Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. 2(10), 1-10.

Downloads

Published

2021-09-21