PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Iis Iis PAUD Al-amin Desa Jati, Kecamatan Saguling
  • Sri Nurhayati IKIP Siliwangi,Jalan Terusan Jendral Sudirman Cimahi
  • Rita Nurunnisa IKIP Siliwangi,Jalan Terusan Jendral Sudirman Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ceria.v5i1.p%25p

Keywords:

Cooveratif Learning Methode, Cognitive

Abstract

In simple terms, cognitive abilities are understood as the ability of children to think more complexly and the ability to do reasoning and problem-solving. One of the learning methods in early childhood is the cooperative learning method. This research is based on the lack of cognitive ability of children aged 5-6 years in identifying numbers, counting numbers, and sequencing the process of an activity. Therefore we need cooperative learning to improve the child's cognitive. The research objective was to determine cooperative learning in improving early childhood cognitive. This study used a qualitative descriptive method with 12 children aged 5-6 years of research as the subject and group B educators at PAUD Al-Amin. Data collection techniques are in the form of documentation, observation, and interviews. The techniques used are thematic analysis techniques. Based on the results of thematic data analysis and discussion, it can be concluded that cooperative learning can improve children's cognitive development as expected. With this cooperative learning, educators feel helped so that learning becomes more fun and children are more enthusiastic.

Secara sederhana kemampuan kognitif dikaitkan dengan perkembangan anak dalam berpikir untuk  melakukan penalaran dan memecahkan  masalah.Salah satu metode pembelajaran pada anak usia dini adalah metode pembelajaran kooperatifPenelitian ini berdasar pada hambatan indikator dariperkembangan  kognitif anak usia 5-6 tahun dilihat dari   mengidentifikasikan angka, menghitung angka, dan menggabungkan angka dan gambar. Maka dibutuhkan konsep pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan kognitif anak tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui  pembelajaran kooperatif dalam  meningkatkan kognitif anak usia dini. Dalam pembahasan ini  menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 12 anak dan pendidik kelompok B PAUD Al- Amin. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan wawancara.Adapun teknik yang digunakan adalah teknik analisis tematik.Berdasarkan hasil analisis data tematik dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan kognitif anak dapat berkembang sesuai harapan. Dengan adanya pembelajaran kooperatif ini memberikan pengaruh bagi pendidik dan peserta didiknya sehingga termotivasi untuk melakukan kegiatan tersebut.

References

Augusta. ( 2012 ). Pengertian Anak Usia Dini. Diambil dari

http://infoini. Com/ pengertian anak usia dini diakses tanggal 17 Februari.

Dimyati.( 2009). Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.

Isjoni .(2013). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: PT Alfabeta.

Jamaris.(2006).Perkembangandan Pengembangan Anak Usia TK. Jakarta: PT Grasindo.

Nurfadillah, R. R., &Rakhman, A. (2020). IMPLEMENTASI METODE STEAM BERBASIS MEDIA FILM DALAM MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. CERIA (CerdasEnergikResponsifInovatifAdaptif), 3(4), 266-274.

Rahman. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Grafindo Litera Media.

Rusman.(2012).Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada; Jakarta

Sukmadinata.(2011) Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:PT RemajaRosdakarya

Sugiyono.2011. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung Afabeta.

Yasmin.(2013). Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi GP Press Group.

Yamin.(2010). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung

Downloads

Published

2022-01-30