Kajian Literatur Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa

Authors

  • Dewi Rahmawati IKIP Siliwangi
  • Pupu Pauziah IKIP Siliwangi
  • Rizky Sukma IKIP Siliwangi
  • Siti Sadiah IKIP Siliwangi
  • Yulia Indrianti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i1.10108

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran STAD, Keterampilan Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi literatur (library research) melalui kajian kepustakaan untuk memperkuat analisis dari berbagai sumber yang digunakan. Studi literatur dalam penulisan ini mengambil sumber data dari jurnal-jurnal yang telah dipublikasikan terkait dengan model Cooperative Learning Tipe STAD dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri sumber data jurnal online pada Google Cendekia. Hasil yang penulis dapat dari penelusuran tersebut akan dipelajari kembali menggunakan prinsip deskriptif analitik. Berdasarkan hasil analisis data bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD membawa pengaruh positif dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa dengan peningkatan yang berbeda-beda dalam setiap penelitian.

References

Purwanto, A., Sukartiningsih, W., & Nasution. (2017). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Peranan Indonesia Pada Era Global Siswa Kelas VI SDN 2 Tegalpingen Purbalingga. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(3), 491-498 http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Ramadhan, G. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SD Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Mutiara Pedagogik. 3(1), 52-61

Sari, R. M. W., Nasution, & Subroto, W. T. (2020). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe STAD Berbantuan Media Video Show Terhadap Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 8(3), 288–292. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1957

Siregar, T. J. (2018). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(2), 99-107 https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN

Suandi, M. S., Lasmawan, W., & Sariyasa. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPS Dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V SD Negeri 1 Jerowaru Lombok Timur. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 3.

Sumarni, E. T., & Mansurdin. (2020). Model Kooperative Learning Tipe STAD pada Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. 4(2), 1309-1319

Zahroh, U. A., Nasution, Basuki, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Model PBL, dan Potensi Akademik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Siswa MTs Al Fithrah Surabaya pada Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungan. Lembaran Ilmu Kependidikan, 45 (2), 69-79 http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles