Kajian Literatur Penggunaan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Sains

Authors

  • Inge Putri Yulianti PGSD IKIP SILIWANGI
  • Annisa Nur Hidayat PGSD IKIP SILIWANGI
  • Urva Siti Nadiroh PGSD IKIP SILIWANGI
  • Siti Yulianti PGSD IKIP SILIWANGI
  • Agung Ega Apriandi PGSD IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i1.10110

Keywords:

Model Pembelajaran, Mind Mapping, Pembelajaran Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model Mind Mapping dalam pembelajaran Sains. Melalui kajian kepustakaan guna untuk memperkuat analisis dari berbagai sumber yang digunakan. Studi literatur dalam penulisan ini mengambil berbagai sumber data terkait jurnal-jurnal yang telah di publikasikan terkait dengan model Mind Mapping dalam pembelajaran sains. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menelusuri sumber data dari jurnal Online pada Google Cendikia/ Google Schoolar. Hasil yang penulis dapat dari penelusuran tersebut akan dikaji kembali menggunakan prinsip deskriptif analitik. Berdasarkan hasil analitik data dari berbagai sumber bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping membawa pengaruh positif dalam pembelajaran Sains dengan berbagai peningkatan yang berbeda-beda dalam setiap penelitian.

References

Adiguna, I. K. C., Suara, I. M., Putra, D. K. N. S., & others. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Accelerated Learning Mind mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa

Kelas V SD No. 2 Tuban. Mimbar Pgsd, 2(1). Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3482

Asep Sukenda dan Tri Juli Hajani. (2018). Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar, 176–184.

Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10200

Astriany, N. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Mind Map Siswa Kelas IV Sekolah dasar Bekasi utara. Jurnal Pendidikan Dasar, 177-189.

Cahyono, E. A., Sutomo, & Harsono, A. (2019). Literatur Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12.

Chusnul Nurroeni. (2013). Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping. Jurnal of Elementary Education, 2(1), 54–60.

Dadi, I. K., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2019). Analisis Kebutuhan Untuk Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Mind Mapping. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 70. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19375

Ekayanti, N. L. P., Darsana, I. W., & Sujana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Audio-Visualterhadap Kompetensi Pengetahuan Ips.

Media Komunikasi FPIPS, 18(2), 351–360. https://doi.org/10.23887/mkfis.v18i2.22241

Karlina, C. F., Dharsana, I. K., & Kusmariyatni, N. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe

(TSTS) Berbantuan Peta Pikiran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Lesson

Study. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–12. Retrieved from

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10883/6960

Kemendikbud. 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kd Megawati, I Nym Murda, P. N. R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Tahun Pelajaran 2013/2014 Di Gugus VII Kecamatan Sawan. MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Kumala, F. N., 2016. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Penerbit Ediide Infografika.

Octavianingrum, A., & Syofyan, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Pada Materi Alat Pernapasan Makhluk Hidup.

Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(2), 139–148. Retrieved from https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/2811

Prahita, N. P. S., Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV. EJournal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.

Sapoetra, B. P. (2019). EFEKTIFITAS PENERAPAN MIND MAPPING ELSE ( Elementary School Education Journal ). 3, 87–97.

Setyarini, D. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 30. https://doi.org/10.30659/pendas.6.1.30-44

Silpia Susanti dan Siti Ruqoyyah. (2021). Kemampuan pemahaman konsep ilmu pengetahuan alam siswa sd kelas v kota bandung melalui model pembelajaran mind mapping pada materi siklus air. Journal of Elementary Education, 04(05), 821–828.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.

Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Supriono. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Tentang Makhluk Hidup Pada Peserta Didik Kelas III SDN 1 Padaan Melalui Metode Mind Mapping. Jurnal Penelitian PendidikanA & A (Semarang), 33(1), 93–100.

https://doi.org/10.15294/jpp.v33i1.7674

Yuli Nurdiana, U. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil

Belajar IPA Materi Peristiwa Alam pada Siswa Kelas V SD Negeri 104275 Lubuk Saban. Jurnal Penelitian All Fields of Science J-LAS, 1(3). Retrieved from http://jlas.lemkomindo.org/index.php/AFOSJ-LAS

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles