PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA FILM DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS MA WATHONIYAH ISLAMIYAH KEMRANJEN BANYUMAS

Authors

  • Vina Misykah Zaidah Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i1.10116

Abstract

Sekolah Islam biasanya tidak memperbolehkan siswa untuk menonton film karenabiasanya pada film- film tersebut mengandung makna atau adegan yang tidak semestinya dilihat oleh seorang siswa.

Menggunakan Metode Penelitian Deskriptif. Dan menurut dari data pemerolehan nilai bahasa Inggris yang saya dapatkan dari sekolah MA Wathoniyah Islamiyah Keborokan Kemranjen, sekitar 65-70% siswa sekolah tersebut meningkat dengan cukup signifikan setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan media film yang berbahasa Inggris atau dengan subtitle bahasa Inggris. Hal ini berdampak pada ujian bahasa Inggris baik ujian tertulis maupun ujian lisan dengan semakin membaiknya kemampuan berbahasa Inggris dan kemampuan mengingat dan daya serap siswa di sekolah tersebut yang dapat memengaruhi masa depan dari para siswa. Alasan selanjutnya mengapa menonton film merupakan salah satu cara untuk belajar Bahasa Inggris adalah film menyuguhkan kita contoh penggunaan Bahasa Inggris dalam konteks yang nyata. Karena itu dengan adanya pembelajaran melalui media film ini, para siswa dapat dengan fokus dan antusias dalam proses pembelajaran karena dianggap menyenangkan dan tidak membosankan bagi para siswa dalam belajar. Serta dapat meningkatkan pemerolehan nilai para siswa karena mereka dapat menangkap dan memahami ilmu pengetahuan dengan persentase yang lebih tinggi dibanding pembelajaran sebelumnya

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles