ANALISIS SOAL TIPE HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) TEMATIK GANJIL KELAS V SDN SELAKASO TAHUN AJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v5i2.10590Keywords:
Penilaian Akhir Semester (PAS), Soal Tipe High Order Thinking Skill (HOTS)Abstract
Penilaian salah satu aspek yang mengalami perkembangan dalam penyempurnaan dan pembaharuan kurikulum 2013 yang standar penilaiannya pada aspek berpikir tingkat tinggi, maka untuk itu pengembangan bentuk soal berdasarkan pada berpikir tingkat tinggi untuk siswa mulai sejak SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori butir soal penilaian akhir semester (PAS) Tematik Ganjil pada kelas V SDN Selakaso apakah sudah sesuai dengan tipe soal high order thinking skill. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif jenis analisis dokumen. Berdasarkan hasil analisis, kemampuan berpikir pada naskah soal penilaian akhir semester tematik ganjil kelas V SDN Selakaso terdapat 3 kategori. Yaitu, kategori berpikir tingkat rendah/ LOTS terdapat 14 soal untuk soal pilihan ganda dan 42 soal untuk soal uraian, kategori berpikir tingkat menengah/ MOTS terdapat 77 soal untuk soal pilihan ganda dan 2 soal untuk soal uraian, dan berpikir tingkat tinggi/ HOTS 9 soal untuk soal pilihan ganda dan 6 soal untuk soal uraian. Semua hasil analisis ini diambil dari 150 soal dari tema 1-5 pada soal penilaian akhir semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 kelas V SD
References
Afandi & Sajidan. (2017). Stimulasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Surakarta: UNS Press
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak
Ariyana, Yoki dkk. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga. Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Bachri, Bachtiar S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Trianggulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol, 10. No,1. Bachri, Bachtiar S. 2010. Meyakinkan Validitas Data Melalui Trianggulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol, 10. No,1. http://yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/meyakinkan-validitas-data-melalui-triangulasi-pada-penelitian-kualitatif.pdf.Diakses 17 Juni 2021
Hadiana, Deni. 2015. Penilaian Hasil Belajar Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 21, Nomor 1. https://www.researchgate.net/publication/322544585_Penilaian_Hasil_Belajar_untuk_Siswa_Sekolah_Dasar
Hardani, dkk. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Grup
Himmah, Wulan Izzatul. 2019. Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Berdasarkan Level Berpikir. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. Volume 3, No. 1, 2, https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.698
Husen, Muhammad Yusuf. 2020. Belajar Aktual dengan Snowball Throwing Teaching (STT). Sukabumi: CV Jejak
Jihad, Asep dan Abdul Haris, Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Mitri, Hilaria. 2016. Analisis Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 8 Yogyakarta 2016. [Skripsi]. Sanata Dharma University
Moeloeng , Lexy. J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rodaskarya
Multini, Della Ricky. 2020. Analisis Butir Soal HOTS Pada Mata Pelajaran
Kimia Semester Ganjil Kelas XI Di SMA Negeri 1 Woyla. [Skripsi]. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Banda Aceh
Rajagukguk, Kiki Pratama dkk. 2020. Pelatihan Penyusunan Soal Berbasis HOTS Untuk Guru SD Kelas Rendah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Jpkm) P- Lppm Stkip Al Maksum Langkat. Vol. 1, No. 2 ISSN. 2721-9895 e-ISSN. 2721-9887. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm
Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Talakar: Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia
Setiadi, Hari. 2016. Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Volume 20, No 2. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep
Setiawati, Wiwik. (2019). Buku Penilaian Berorientasi High Order Thinking Skill. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sopiah, Anik dkk. 2019. Kualitas Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Buatan Guru Mata Pelajaran Kimia Kelas X IPA SMA Negeri di Kebupaten Seruyan pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Palagkaraya
Suharji. 2015. Evaluasi Pelaksanaan Standar Penilaian Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Volume VI No: 02. http://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2017/03/Agustus- 2015-1.pdf
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Taubah, Mufatihatut. (2019). Penilaian HOTS dan Penerapannya di SD/MI. Jurnal Elementary. Vol. 7 No. 2. https://www.researchgate.net/publication/343075314_Penilaian_HOTS_dan_Penerapannya_di_SDMI. Diakses 9 Februari 2021
Tilaar, H.A.R. 2011. Pedagogik Kritis. Jakarta : Rineka Cipta