ANALISIS SOAL TIPE HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) TEMATIK GANJIL KELAS V SDN SELAKASO TAHUN AJARAN 2020/2021

Erni Nurjanah(1), Gilang Mas Ramadhan(2*), Lesti Diana(3)

(1) STKIP Bina Mutiara Sukabumi
(2) STKIP Bina Mutiara Sukabumi
(3) STKIP Bina Mutiara Sukabumi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penilaian salah satu aspek yang mengalami perkembangan dalam penyempurnaan dan pembaharuan kurikulum 2013 yang standar penilaiannya pada aspek berpikir tingkat tinggi, maka untuk itu pengembangan bentuk soal berdasarkan pada berpikir tingkat tinggi untuk siswa mulai sejak SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori butir soal penilaian akhir semester (PAS) Tematik Ganjil pada kelas V SDN Selakaso apakah sudah sesuai dengan tipe soal high order thinking skill. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif jenis analisis dokumen. Berdasarkan hasil analisis, kemampuan berpikir pada naskah soal penilaian akhir semester tematik ganjil kelas V SDN Selakaso terdapat 3 kategori. Yaitu, kategori berpikir tingkat rendah/ LOTS terdapat 14 soal untuk soal pilihan ganda dan 42 soal untuk soal uraian, kategori berpikir tingkat menengah/ MOTS terdapat 77 soal untuk soal pilihan ganda dan 2 soal untuk soal uraian, dan berpikir tingkat tinggi/ HOTS 9 soal untuk soal pilihan ganda dan 6 soal untuk soal uraian. Semua hasil analisis ini diambil dari 150 soal dari tema 1-5 pada soal penilaian akhir semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 kelas V SD


Keywords


Penilaian Akhir Semester (PAS), Soal Tipe High Order Thinking Skill (HOTS)

References


Afandi & Sajidan. (2017). Stimulasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Surakarta: UNS Press

Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak

Ariyana, Yoki dkk. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga. Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Bachri, Bachtiar S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Trianggulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol, 10. No,1. Bachri, Bachtiar S. 2010. Meyakinkan Validitas Data Melalui Trianggulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol, 10. No,1. http://yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/meyakinkan-validitas-data-melalui-triangulasi-pada-penelitian-kualitatif.pdf.Diakses 17 Juni 2021

Hadiana, Deni. 2015. Penilaian Hasil Belajar Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 21, Nomor 1. https://www.researchgate.net/publication/322544585_Penilaian_Hasil_Belajar_untuk_Siswa_Sekolah_Dasar

Hardani, dkk. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Grup

Himmah, Wulan Izzatul. 2019. Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Berdasarkan Level Berpikir. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. Volume 3, No. 1, 2, https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.698

Husen, Muhammad Yusuf. 2020. Belajar Aktual dengan Snowball Throwing Teaching (STT). Sukabumi: CV Jejak

Jihad, Asep dan Abdul Haris, Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Mitri, Hilaria. 2016. Analisis Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 8 Yogyakarta 2016. [Skripsi]. Sanata Dharma University

Moeloeng , Lexy. J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rodaskarya

Multini, Della Ricky. 2020. Analisis Butir Soal HOTS Pada Mata Pelajaran

Kimia Semester Ganjil Kelas XI Di SMA Negeri 1 Woyla. [Skripsi]. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Banda Aceh

Rajagukguk, Kiki Pratama dkk. 2020. Pelatihan Penyusunan Soal Berbasis HOTS Untuk Guru SD Kelas Rendah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Jpkm) P- Lppm Stkip Al Maksum Langkat. Vol. 1, No. 2 ISSN. 2721-9895 e-ISSN. 2721-9887. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Talakar: Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia

Setiadi, Hari. 2016. Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Volume 20, No 2. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep

Setiawati, Wiwik. (2019). Buku Penilaian Berorientasi High Order Thinking Skill. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sopiah, Anik dkk. 2019. Kualitas Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Buatan Guru Mata Pelajaran Kimia Kelas X IPA SMA Negeri di Kebupaten Seruyan pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Palagkaraya

Suharji. 2015. Evaluasi Pelaksanaan Standar Penilaian Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Volume VI No: 02. http://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2017/03/Agustus- 2015-1.pdf

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Taubah, Mufatihatut. (2019). Penilaian HOTS dan Penerapannya di SD/MI. Jurnal Elementary. Vol. 7 No. 2. https://www.researchgate.net/publication/343075314_Penilaian_HOTS_dan_Penerapannya_di_SDMI. Diakses 9 Februari 2021

Tilaar, H.A.R. 2011. Pedagogik Kritis. Jakarta : Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats