Pengembangan media pembelajaran berbasis uang rupiah menggunakan pendekatan contextual teaching and learning berbantuan microsoft powerpoint pada materi pecahan untuk meningkatkan kemampuan daya ingat siswa SD kelas III

Authors

  • Soffi Rusmala Dewi PGSD IKIP SILIWANGI
  • Sukma Murni IKIP Siliwangi
  • Febri Restu Widianto Universitas Bale Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.11314

Keywords:

Media Pembelajaran Uang Rupiah, Pecahan, Kemampuan Daya Ingat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang “Pengembangan Media Pembelajaran Uang Rupiah Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbantuan Microsoft Powerpoint pada Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Siswa SD Kelas IIIâ€, Anak di usia sekolah dasar mereka lebih dominan memakai otak kanan dibanding otak kiri, oleh karena itu banyak sekali siswa yang kurang menyukai mata pelajaran matematika, Hal ini dibuktikan pada pelajaran matematika pada materi pecahan di SD Cihideung kelas III. Dari hasil nilai harian tersebut bahwa dari 29 orang siswa dengan nilai rata-rata 68,79. Adapun nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di sekolah adalah 70 untuk pelajaran matematika. Dari hasil nilai harian tersebut terbukti siswa masih rendah dalam kemampuan daya ingat karena keterlibatan siswa secara langsung dalam pembelajaran masih minim sehingga siswa tidak mampu mengingat materi yang diajarkan. Selain itu, hasil survei menunjukkan bahwa beberapa siswa tidak memperhatikan guru sehingga sulit untuk memahami materi dan mengingat materi. Pada kasus ini penulis merangkai metode pembelajaran matematika pada satu tema yaitu bilangan pecahan secara sederhana dan mudah, salah satunya menggunakan media pembelajaran berbasis uang rupiah berbantuan microsoft powerpoint yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning karena dengan hal ini siswa mampu meningkatkan kemampuan daya ingat secara realistis dan teoritis.

References

'Atun, I., Hanifah, N., Maulana, & Suhaeban, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains secara integratif melalui situation based learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru , Vol. 3 N0. 1. P-ISSN: 2621-5713, E-ISSN: 2621-5705.

Azhar, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point Pada Sistem Koordinat Kartesius. Jurnal Sarwah, Vol.16 No. 1.

Azhari, F., Hodidjah, & Elan. (2018). Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Daya Ingat Siswa dalam Materi Teks Fiksi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 5, No. 3. 129-139.

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: CV Yrama Widya.

Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hamonangan, R. H. (2020). Peningkatan Daya Ingat Menggunakan Model Pembelajaran Brain Based Learning. DE_JOURNAL, 201-208.

Heruman. (2014). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurjumhar. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa kelas V Pada Materi Pecahan Di SDN 2 Buwun Sejati Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan.

Sahadatina. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Mind Mapping Terhadap Daya Ingat Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Universitas Muhamadiyah Malang.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Yurniwati. (2019). Pembelajaran Aritmatika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles