Eksplorasi Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar dengan Pemodelan Rasch

Icha Apipatunnisa(1*), Ghullam Hamdu(2), Rosarina Giyartini(3)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
(2) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
(3) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengeksplorasi tingkat kemampuan literasi dan numerasi siswa. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V disalah satu sekolah dasar yang berada di kota Tasikmalaya yang berjumlah 25 siswa. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi dokumantasi dan instrument test. Wawancara dan studi dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data awal penelitian dan memperkuat hasil penelitian. Sedangkan instrument tes digunakan untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi siswa. Data mentah yang berupa skor siswa dalam mengerjakan instrument tes, akan diolah dan dianalisis dengan menggunakan Rasch model. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan literasi dan numerasi siswa masih cukup rendah. Siswa yang memiliki kemampuan literasi dan numerasi tinggi hanya berjumlah satu orang. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan sedang sebanyak 44%, dan siswa yang memiliki kemampuan literasi dan numerasi rendah yaitu sebanyak 52%. Dengan demikian, siswa dengan kemampuan literasi dan numerasi rendah, lebih mendominasi. Kemampuan literasi dan numerasi siswa dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran serta asesemen pembelajaran berbasiskan literasi dan numerasi. 


Keywords


Pendidikan, Literasi, Numerasi, kemampuan Siswa, Rasch Model

References


Aprilianti, W., Hamdu, G., & Mulyadiprana, A. (2022). Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Soal Tes Literasi Numerasi Berbasis Education for Sustainable Development.Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1408–1416.

Bangsa, T. T. A. (2021). Bank Soal Jago AKM Asesemen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Arruzmedia.

Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & ... (2021). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 90 101.

Balitbang Kemendikbud. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018 Programme for International Student Assessment. Jakarta

Fauzi, R., & Hamdu, G. (2021). Kompetensi Guru: Pelaksanaan Pembelajaran Berkelanjutan dan Kreativitas Berbasis Esd Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1784-1797.

Hardani. Ustiawaty, J. A. H. (2017). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631 5639.

Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. In Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaa.

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan Almuslim, II(2), 11–21.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi dan Numerasi siswa dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88.

Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.

OECD. (2019). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018. Oecd, 1 10.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42.

Prof. Dr. Kusaeri, M. P. (2020). Reorientasi Penilaian Pembelajaran Matematika: Dulu, Kini dan Mendatang.

Rahmawati, A. N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Prosiding Matematika Dan Nilai-Nilai Islami), 4(1), 59–65.

Smith, W. F. (2020). Weldan Firnando Smith. BDK Kemenag Palembang, 1.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan. Bandung: Trim Komunikata.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Siyoto, S., & M, A. S. (2015). Dasar Metode Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Safrizal, S., Zaroha, L., & Yulia, R. (2020). Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Sekolah Adiwiyata (Studi Deksriptif di SD Adiwiyata X Kota Padang). Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 215.

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL. 3(1)

Tohir, Mohammad (2019) Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun dibanding Tahun 2015. https://matematohir.wordpress,com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun dibanding tahun-2015/

Tyas, E. H., Hamdu, G., & Pranata, O. H. (2020). Analisis Soal Pilihan Ganda dengan Menggunakan Pemodelan RASCH untuk Mengukur Kemampuan Siswa dalam Mengurutkan Bilangan Pecahan di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 1 12.

Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Cacik, S. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dan Literasi Membaca Peserta Didik Kelas XI MA Islamiyah Senori Tuban. Prosiding SNasPPM VI Universitas PGRI Ronggolawe, 6(1), 659–666.

Yasuda, A. (2014). Jelajahi Pesawat Sederhana. Bandung: Nomed Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i4.11511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats