BIMIMA (BIANGLALA MINI MATEMATIKA) SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PECAHAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Sindi Karmelia(1*), Epon Nur'aeni L(2), Yusuf Suryana(3), Muhammad Rizal Wahid Muharram(4)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Tasikmalaya
(2) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Tasikmalaya
(3) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Tasikmalaya
(4) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Tasikmalaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar sering kali dianggap sulit dan membosankan, hal ini dikarenakan karakteristik pembelajaran matematika yang bersifat abstrak. Oleh karena itu untuk memahami materi matematika yang masih bersifat abstrak siswa memerlukan alat bantu berupa media pembelajaran yang dapat membantu memperjelas materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif yang bernama BIMIMA (Bianglala Mini Matematika) yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi pecahan di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Media pembelajaran BIMIMA (Bianglala Mini Matematika) sebagai salah satu bentuk inovasi dari media yang ada di sekolah. Media pembelajaran BIMIMA dapat membantu meningkatkan semangat belajar siswa, membantu siswa dalam memahami materi pecahan yang disampaikan oleh guru, serta membuat siswa menjadi lebih aktif selama proses pembelajaran matematika berlangsung.


Keywords


Matematika, Media Pembelajaran Interaktif, Bianglala Mini Matematika

References


Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (Studi deskriptif kualitatif pada distro di Kota Surakarta). Dutacom, 9(1), 43-43.

Arindiono, R. J., & Ramadhani, N. (2013). perancangan media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa kelas 5 SD. Jurnal Sains dan Seni ITS, 2(1), F28-F32.

Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan media komik pembelajaran matematika meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84-96.

Irsalina, K. I., & Muharram, M. R. W. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada volume bangun ruang kelas V sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1-13.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Sudayana, R. (2015). Media Pembelajaran dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Ulfah, T. A., Wahyuni, E. A., & Nurtamam, M. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Kartu Uno Pada Pembelajaran Matematika Materi Satuan Panjang.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i4.11608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats