Systematic Literatur Review : Integrasi Conputational Thinking dalam Kurikulum Sekolah Dasar di Indonesia

Authors

  • Sofiah Nur Marifah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v5i5.12148

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keputusan kemendikbud mengenai pembelajaran computational thinking dalam mata Pelajaran Informatika yang resmi masuk kedalam struktur kurikulum 2013 melalui Permendikbud Nomor 35, 36 dan 37 tahun 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui integrasi pembelajaran computational thinking dalam kurikulum sekolah dasar di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review dengan cara mengumpulkan artikel yang relevan dengan topik penelitian, hasil akhir sebanyak 11 artikel dari 481 artikel yang ditemukan. Computatioal thinking (CT) diartikan sebagai sebuah cara memahami dan menyelesaikan masalah kompleks menggunakan teknik dan konsep ilmu komputer seperti dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi dan algoritma. CT dipandang banyak ahli merupakan salah satu kemampuan yang banyak menopang dimensi pendidikan abad 21. Berdasarkan studi literatur yang telah dilakukan menggunakan artikel yang relevan serta telah melalui proses seleksi, tujuan dari penerapan CT adalah untuk menunjang kompetensi yang diperlukan di era revolusi industri 4.0 dan abad 21. Untuk mata pelajaran yang banyak digunakan dalam integrasi CT adalah matematika. Dalam proses pembelajaran, pendekatan Unplugged dan praktik latihan soal lebih dominan digunakan dalam integrasi pembelajaran CT. Sedangkan bentuk pembelajaran nya bevariasi ada yang menggunakan bebras, CS Unplugged dan STEM Family. Dan untuk kegiatan penilaian, para peneliti banyak menggunakan soal-soal pada bebras challenge.

Kata Kunci: Computational Thinking, Kurikulum, Sekolah Dasar

References

Angeli, C., & Jaipal-Jamani, K. (2018). Preparing pre-service teachers to promote computational thinking in school classrooms. In Computational Thinking in the STEM Disciplines: Foundations and Research Highlights (pp. 127–150). https://doi.org/10.1007/978-3-319-93566-9_7.

Apriani, A., dkk. (2021). Penerapan Computational Thinking pada Pelajaran Matematika di Madratsah Ibtidaiyah Nurul Islam Sekarbela Mataram. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 47–56. https://doi.org/10.30812/adma.v1i2.1017.

Barr, V., & Stephenson, C. (2011). Bringing computational thinking to K-12: What is involved and what is the role of the computer science education community? ACM Inroads, 2(1), 48–54. https://doi.org/10.1145/1929887.1929905.

Bebras Indonesia. (2017). Apa Itu Bebras. Bebras Indonesia. http://bebras.or.id/

Berland and U. Wilensky. (2015). Comparing Virtual and Physical Robotics Environments for Supporting Complex Systems and Computational Thinking. J. Sci. Educ. Technol., vol. 24, no. 5, pp. 628–647. doi: 10.1007/s10956-015-9552-x. [30]

Bocconi, S, dkk. (2016b). Developing Computational Thinking in Compulsory Education : Implications for policy and practice. (P. Kampylis & Y. Punie, Eds.), European Commission, Joint Research Centre. Seville, Spain: European Union. https://doi.org/10.2791/792158

CSTA, & ISTE. (2011b). Operational definition of computational thinking. Report.

CS Unplugged. (n.d.). Computational Thinking and CS Unplugged. Retrieved from CS Unplugged: https://csunplugged.org/en/computational-thinking/.

del Olmo-Muñoz, R. Cózar-Gutiérrez, dan JA González Calero. (2020). Pemikiran komputasional melalui kegiatan yang tidak dicolokkan di tahun-tahun awal Pendidikan Dasar. Comput. Pendidikan.

Dwi Septiyanti, N., Shih, J.-L., & Zakarijah, M. (2020). Fostering Computational Thinking Through Unplugged and Robotic Collaborative Game-Based Learning on Primary School Students. American Journal of Educational Research, 8(11), 866–872. https://doi.org/10.12691/education-8-11-6.

Fajri, M., Yurniawati, & Utomo, E. (2019). Computational Thinking , Mathematical Thinking Berorientasi Gaya Kognitif Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Dinamika Matematika Sekolah Dasar, 1(1), 1–18.

Gadanidis, R. Cendros, and L. Floyd. (2017). Computational Thinking in Mathematics Teacher Education. vol. 17, pp. 458–477.

Hafidhoh, N., Subhiyakto, E. R., & Astuti, Y. P. (2020). Pengenalan dan Pendampingan Berpikir Komputasi bagi Siswa SD Islam Al Azhar 25 Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 79. https://doi.org/10.33633/ja.v3i2.107.

Kalelioğlu, F. (2018). Characteristics of studies conducted on computational thinking: A content analysis. In Computational Thinking in the STEM Disciplines (pp. 11–29). Springer Nature. https://doi.org/10.1007/978-3-319-93566-9_2.

Kuswanto, H., Rodiyanti, N., Kholisho, Y. N., & Arianti, B. D. D. (2020). Pengaruh Kemampuan Matematika Terhadap Kemampuan Computational Thinking Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Educatio, 15(2), 78–84. https://doi.org/10.29408/edc.v15i2.2916

Latif, K. A., Hammad, R., & Muhid, A. (2021). Pengenalan Computational thinking pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Wathan Marcapada Lombok Barat. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(1), 33–40.

Liem,I . (2021). Computational Thinking dalam Kurikulum Prototipe 2022-2024 (Bagian 1) [online]. Diakses dari : https://www.indonesiana.id/read/151967/computational-thinking-dalam-kurikulum-prototipe-2022-2024-bagian-1.

Liem, I. (2018). Computational Thinking & Bebras Indonesia. In Software Architecture Conference 2018. http://www.mpjasin.gov.my/ms/jasin/profil/latar-belakang.

Ling, U. L., Saibin, T. C., Naharu, N., Labadin, J., & Aziz, N. A. (2018). An evaluation tool to measure computational thinking skills: pilot investigation. National Academy of Managerial Staff of Culture and Arts Herald, 1, 606-614.

Mulyanto, dkk. (2020). Pendidikan Computational Thinking Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Nurhopipah, A., Nugroho, I. A., & Suhaman, J. (2021). Pembelajaran Pemrograman Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Kemampuan Computational Thinking Anak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 6. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i1.21291

Octavia, L. P. (2019). Media Pembelajaran Dengan Gim Edukasi Berbasis Computational Thinking. (Skripsi). Univesitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Rachim, F. (2019). Sejarah : Computational Thinking Di Indonesia [online]. Diakses dari https://www.agtifindo.or.id/2019/05/sejarah-computational-thinking-di.html?m=1.

Sanjaya, W., & Dian Andayani. (2011). Komponen-komponen pengembangan kurikulum. Dalam Tim pengembangan MKDP Kurikulum dan pengembangan (hlm. 45-54). Depok: Rajawali Pess.

Sauberer, A. Riel, dan R. Messnarz. (2017). Keragaman dan PERMA nent kepemimpinan positif untuk mendapatkan manfaat dari industri 4.0 dan Kondratieff 6.0. Dalam Komunikasi dalam Ilmu Komputer dan Informasi.

Schleicher, A. (2019). PISA 2018 Insights and Interpretations.

Seow, P., Looi, C.-K., How, M.-L., Wadhwa, B., & Wu, L.-K. (2019). Educational Policy and Implementation of Computational Thinking and Programming: Case Study of Singapore. In S.-C. Kong & H. Abelson (Eds.), Computational Thinking Education (pp. 345–361). Singapore: Springer Singapore.

Sırakaya, D. Alsancak Sırakaya, and Ö. Korkmaz. (2020). The Impact of STEM Attitude and Thinking Style on Computational Thinking Determined via Structural Equation Modeling. J. Sci. Educ. Technol., vol. 29, no. 4, pp. 561–572. doi: 10.1007/s10956- 020-09836-6.

So, H.-J., Jong, M. S.-Y., & Liu, C.-C. (2020). Computational Thinking Education in the Asian Pacific Region. The Asia-Pacific Education Researcher, 29(1), 1–8.

Sukamto, T. S., dkk. (2019). Pengenalan Computational Thinking Sebagai Metode Problem Solving Kepada Guru dan Siswa Sekolah di Kota Semarang. Abdimasku, 2(2), 99–107.

Sukmadinata, N. Sy.(1997). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sun, dkk. (2021). STEM learning attitude predicts computational thinking skills among primary school students. J. Comput. Assist. Learn., vol. 37, no. 2, pp. 346–358. doi: https://doi.org/10.1111/jcal.12493.

Sung, J. Ahn, and J. Black. (2017). Introducing Computational Thinking to Young Learners : Practicing Introducing Computational Thinking to Young Learners : Practicing Computational Perspectives Through Embodiment in Mathematics Education. doi: 10.1007/s10758-017-9328-x.

Suryani, G. (2022). Apa Itu Computational Thinking? [online]. Diakses dari https://www.refoindonesia.com/apa-itu-computational-thinking/.

Suwahyo, B. (2020). “ Konteks Computational Thinking Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar: Sebuah Studi Literatur Sistematisâ€. Dalam Trimurtini & Galih Mahardika (Penyunting), Prosiding Web Seminar Nasional Dalam Rangka Hari Guru (hlm. 95-103). Semarang: PGSD FIP UNNES.

Tim Olimpiade Komputer Indonesia. (2018). Tantangan Bebras Indonesia 2018: Bahan Belajar Computational Thinking Tingkat SMP. Diakses dari bebras.or.id.

Tsarava, dkk. (2017). Melatih pemikiran komputasi: Aktivitas unplugged dan plugged-in berbasis game di sekolah dasar. dalam Prosiding Konferensi Eropa ke-11 tentang Pembelajaran Berbasis Game, ECGBL 2017.

Wardani, R., dkk. (2021). An Authentic Learning Approach to Assist the Computational Thinking in Mathematics Learning for Elementary School. ELIINVO (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 6(2), 139–148. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/elinvo.v6i1.47251.

WC Kuo dan TC Hsu. (2020). Belajar Berpikir Komputasi Tanpa Komputer: Bagaimana Partisipasi Komputasi Terjadi dalam Permainan Papan Berpikir Komputasi. Asia- Pacific Educ.Res.

Yuliana, I., dkk. (2021). Computational Thinking Lesson in Improving Digital Literacy for Rural Area Children via CS Unplugged. Journal of Physics: Conference Series, 1720(1), 012009. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1720/1/012009.

Zahid, M. Z. (2020). Telaah kerangka kerja PISA 2021 : Era Integrasi Computational Thinking dalam Bidang Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3(2020), 706–713.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles