Pengaruh Permainan Tradisional Hadang Rintang Berbasis Socratic Method Terhadap Peningkatan Kemampuan Character Strength Justice

Rinda Tri Juniarti(1*)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

Character Strength Justice is a social force that underlies positive social life. There are 3 indicators of success in Character Strength Justice, namely Citizenship (membership), Fairnes (fairness and equality), Leadership (leadership). The 3 success indicators are used as a reference to see the character strength justice possessed by students, through the socratic method-based obstacle course game. The purpose of this study was to identify the effect of the traditional game of Hadang Rintang based on the socratic method to see the improvement of the character strength justice abilities of elementary school students. This study uses the Pre-Experimental method with one group pretest-posttest design). The sample of this research was determined by non-probability sampling and using purposive sampling technique (purposed sample), namely class V SDN 1 Kalangsari as many as 25 students. The instrument of this research is a questionnaire to measure character strength justice. The results showed that there was an effect of traditional games based on the socratic method on increasing students' character strength justice abilities.

Key Word: Traditional game of obstacles, Socratic Method, Character Strength Justice.

Abstrak

Character Strength Justice merupakan kekuatan social yang melandasi kehidupan bermasyarakat secara positif. Terdapat 3 indikator keberhasilan dalam Character Strength Justice yakni Citizenship (keanggotaan), Fairnes (keadilan dan persamaan), Leadership (kepemimpinan). Didalam 3 indkiator keberhasilan tersebut dijadikan acuan untuk melihat Character Strength Justice yang dimiliki siswa, melalui permainan hadang rintang berbasis socratic method. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh permaianan tradisional hadang rintang berbasis socratic method untuk melihat peningkatan kemampuan Character Strength Justice siswa sekolahh dasar. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimental dengan desain one group pretest-posttest design). Sampel penelitian ini ditentukan secara nonprobability sampling dan menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan) yaitu kelas V SDN 1 Kalangsari sebanyak 25 siswa. Instrument penelitian ini berupa angket untuk mengukur Character Strength Justice. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh permainan tradisional berbasis socratic method terhadap peningkatan kemampuan Character Strength Justice siswa.

Kata Kunci: Permainan tradisional hadang rintang, Socratic Method, Character Strength Justice.


Keywords


Permainan tradisional hadang rintang, Socratic Method, Character Strength Justice.

References


Achrovoni,Keen. (2012). Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Jakarta:Javalitra

Andreas, Supriyono, Serunya Permainan Tradisional Anak zaman Dulu (Jakarta : Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2018), 19-20.

Anggita, G, M., Mukarromah, S, B. & Ali, M, A. (2018). Eksistensi Permaianan Tradisional Sebagai Warisan Budaya Bangsa. Journal of sport science and education (Jossae), 3(2), 56. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jossae/index

Dilanisa. 2011. Mengenal Permainan Tradisional. Bandung: Mawar Putra Perdana

Dwiani, R., Rusmaladewi. & Balimulia, S, O. (2021). Pengaruh Permainan Gobak Sodor Terhadap Kerjasama Anak Kelompok B TK Intan Sari Palangka Raya Tahun Ajaran 2019/2020, Jurnal Pendidikan dan Psikologi Pintar Harati, 17(1), 1. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPH/article/download/3322/2652

Prasteyono, D. S. (2008). Biarkan Anakmu Bermain. Yogyakarta : Diva Press.

Dharmamulya, Sukirman (2005) Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta: Kepel Press.

Fitriana, N. L. dkk. (2020). Eksistensi Permainan Tradisional Selodor Pada Era 4.0 di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 2(2), 60-64. Doi: https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/ALMAARIEF/article/view/1685

Hanief, N. Y. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Sporif, 1(1), 60-73. Doi: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/issue/download/18/Yulingga

Khoiriyah, I., Ismaya, E, A. & Setiawan, D. (2021). Pembentukan Karakter Peduli Sosial Pada Anak Melalui Permainan Gobak Sodor, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 942. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/8015/pdf

Kristanto, B, S., Nuharsono, T. & Suripto, W, A. (2012). Lompat Tinggi Halang Rintang Untuk Keberanian, Kesenangan Dan Percaya Diri Kelas V, Journal of Physical Education, Sport, Health, and Recreations, 1(5), 207.(Online), https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr/article/view/839/870

Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group.

Laksmitaningrum, Ade Ayu. 2017.Keterlaksanaan Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Penjasorkes Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukmadinata, N, S. (2009). Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyani, N. (2016). Supe asyik permainan tradisional anak Indonesia. Yogyakarta: Diva Press.

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Dengan Permainan Tradisional Enklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal pendidikan anak usia dini. 1(2), 87-89, doi: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/19/18

Nurjanah, A. (2014). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Socrates Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembe-lajaran Fisika pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pend-idikan Fisika. (Online), 3(2), doi: (http://jurnal.fkip.unesa.ac.id/index.p hp/FISIKA/article/view/17865/pdf),

Nurwahidah., Maryati, S., Nurlaela, W. & Cahyana. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 50. https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/6422,

Pahlavi. S. R. dkk. (2014). Pengaruh Metode Socrates Dalam Pembelajaran Bangun Datar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Satya Widya, 30(1), 28-33. Doi: https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/108/96

Peterson, C. & Seligman, M.E.P. (2004). Character strength and virtues: handbook and classification, New York: Oxford University Press, Inc

Rosmawati, A., & Arkom. (2019). Pengembangan Gobag Sodor dalam Pembelajaran Penjas. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 11(2), 155-166. Doi: https://core.ac.uk/download/pdf/287178135.pdf.

Rusmana, N. (2009). Permainan (game & play). Bandung: Rizqi Press

Rusmana, N. (2009). Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah (Metode, Teknik dan Aplikasi). Bandung : Rizqi Press

Saputra, E, N. & Ekawati, Y, N. (2017). Permainan Tradisional Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Dasar Anak. Jurnal Psikologi Jambi, 2(2), 51. https://online-journal.unja.ac.id/jpj/article/view/4796

Sudarto,S. (2018). Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Permainan Gobak Sodor. JJPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 85. https://journal.uny.ac.id/index.php/jppm

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sujiono, Y, N. & Sujiono, B. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch: Pada Assessment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata.

Suyitno, 2009. Landasan filosofis pendidikan. Tidak diterbitkan. Dept.PenNas.UPI.

Vanri, K.F. & Hasbiyalloh (2011). Games online dan katarsis virtual : studi kasus dengan analisis psikoanalisis freud pada kecenderungan permainan game interaktif point blank dan second life. 3 (2), 35-54. Doi: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/download/17702/10166

Wagino, J. (2014). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional.

Wijayanti, R. (2014). Permainan Tradisional Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Social Anak. Jurnal Cakrawala Dini 5(1), 51-56. Doi: https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10496/6483




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i5.12166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats