Rancangan Media Pembelajaran Pop-Up Book “Jenis-Jenis Usaha Masyarakat Indonesia” untuk Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar

Ade Anas Utari(1*), Rosarina Giyartini(2), Sumardi Sumardi(3)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian yang dilakukan ini dilatar belakangi oleh pentingnya rancangan media pembelajaran  pop-up book “Jenis-Jenis Usaha Masyarakat Indonesia” untuk pembelajaran IPS Kelas V  Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dan bentuk rencana media pop-up book “Jenis-Jenis Usaha Masyarakat Indonesia” untuk pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Dalam pembelajaran jenis-jenis usaha  masyarakat Indonesia baik dari segi sumberdaya alam atau yang menghasilkan barang dan jasa, media pembelajaran yang digunakan berupa gambar dari buku tematik siswa ataupun internet. Gambar-gambar tersebut masih sederhana berupa gambar dua dimensi, tidak terdapat gambar tiga dimensi untuk menarik minat peserta didik sekolah dasar, tidak memiliki kejutan disetiap halamannya, kurangnya gambar untuk menunjang materi yang sedang dibahas dan tidak ada teks sebagai materi pendukung. Media pembelajaran pop-up book ini termasuk hal penting dalam proses pembelajaran, karena sebagai alat perantara dalam proses pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam proses pembelajaran antara guru terhadap peserta didik. Diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dengan pengembangan yang dilakukan terhadap salah satu media pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis data secara deskriptif dengan menggunakan data hasil FGD (Focus Group Discuss). Berdasarkan data FGD (Focus Group Discuss) yang di dapatkan, rancangan Media Pembelajaran pop-up book “jenis-jenis usaha masyarakat Indonesia” mendapatkan kelayakan dan memenuhi kriteria yang diinginkan untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan untuk pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.


Keywords


Media Pembelajaran, Pop-Up Book, jenis-jenis usaha masyarakat Indonesia, pembelajaran IPS.

References


Arsyad, A. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Ashyar, Rayandra. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Birmingham, D. (2006). Pop-Up A Manual Of Paper Mechanisms. United Kingdom: Tarquin Publications.

Bluemel, N. L. & Taylor, R. H. (2012). Pop-Up Books A Guide for Teachers and Librarians. Santa Barbara: ABC-CLIO. [Diakses secara online pada 25 Desember 2019]

Herdianti, R. (2019). Pengembangan Media Pop-up book Konsep Dasar Bilangan Bulat Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. (Skripsi). Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Tasikmalaya.

Hermawan, dkk. (2010). Metode penelitian pendidikan SD. Bandung: UPI Press.

Hernawan, A. H., Zaman, B., & Riyana, C. (2007). Media Pembelajaran SD. Bandung: UPI Press.

Jr, C.R., Le, S.N., Yu, J., & Low, K-L. (2014). Multi-style Paper Pop-Up Designs from 3D Models. EUROGRAPHICS, 33(2), 1-10.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Revisi. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (Sekolah Dasar/MI). Jakarta.

Kurniawan Machful Indra. (2015). Tri Pusat Pendidikan sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Journal Pedagogia, 4 (1), hlm. 41-49.

Latifa Umi. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Journal of Multidisciplinary Studies, 1 (2), hlm. 186-196.

Lidinillah, D. A. M. (2012). Educational Design Research: a Theoretical Framework for Action. Universitas Pendidikan Indonesia-Kampus Tasikmalaya.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.

Munir, (2013). Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Plomp. (2007). “Educational Design Research : An Introduction”, dalam An Introduction to Educational Research. Enschede, Netherland : National Institute for Curriculum Development

Rahmawati, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Materi Perubahan Wujud benda Untuk Siswa SDLB Tunarunggu Kelas IV. (Skripsi). Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Subekti Ari. (2016). Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sundayana, R. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/collase.v5i5.12169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats